1 ) Pascasarjana UGM Lakukan Internasionalisasi Prodi
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/416038/

Thursday, 28 July 2011
YOGYAKARTA – Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta akan melakukan internasionalisasi program studi di Program Pascasarjana.”Salah satunya melalui penjaminan mutu proses akademik maupun peningkatan kerja sama dengan perguruan tinggi internasional yang berkualitas,” kata Wakil Rektor Senior UGM BidangPendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Prof Retno Sunarminingsih Sudibyo saat acara wisuda Program Pascasarjana, kemarin.Menurut istri mantan Mendiknas Bambang Sudibyo ini, kerja sama dilakukan dengan perguruan tinggi internasional yang dinilai memiliki kualitas baik.Program yang diselenggarakan di antaranya student exchange, staff exchange, dan joint degree programs, seperti: double/ dual degree programs, sandwich programs, students sharing programs, joint research, joint supervision, dan credit earnings.Peningkatan mutu juga dilakukan dengan pengembangan ilmu yakni pembukaan lima program studi baru.

…dst

2 ) UGM Akan Buka 5 Program Studi Baru
http://edukasi.kompas.com/read/2011/07/27/17164910/UGM.Akan.Buka.5.Program.Studi.Baru

Rabu, 27 Juli 2011 | 17:16 WIB
YOGYAKARTA, KOMPAS.com – Universitas Gadjah Mada Yogyakarta (UGM) akan membuka lima program studi baru. Hal itu dikatakan Wakil Rektor Senior Bidang Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat UGM, Retno Sunarminingsih, Rabu (27/7/2011), di Yogyakarta.”Kelima program studi adalah Program D3 Metrologi dan Instrumentasi, Magister Manajemen Bencana, Magister Manajemen Pendidikan Tinggi, Program S2 Keperawatan, dan Program S2 Kebidanan,” kata Retno, disela upacara wisuda pascasarjana UGM, hari ini.Menurut dia, tiga dari lima program studi tersebut akan dibuka tahun ini. Adapun, program S2 Keperawatan dan S2 Kebidanan dibuka tahun depan.”Kami berharap kehadiran program studi baru tersebut dapat memperkuat kinerja UGM, khususnya Program Pascasarjana,” ujar Retno.

…dst

3 ) Empat Perguruan Tinggi Swasta di Jawa Barat Diproyeksikan Jadi PTN
http://www.tempointeraktif.com/hg/pendidikan/2011/07/27/brk,20110727-348718,id.html

RABU, 27 JULI 2011 | 19:48 WIB
TEMPO Interaktif, Bandung – Empat perguruan tinggi swasta, di Jawa Barat yaitu Universitas Siliwangi Tasikmalaya, Universitas Sunan Gunung Jati di Cirebon, Universitas Singaperbangsa di Karawang dan Politeknik Kesehatan di Sukabumi akan berubah statusnya menjadi Perguruan Tinggi Negeri. “Sudah diproses semua, sudah di Mendiknas, sudah berangkat ke sana (usulannya), tinggal lahan,” kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Jawa Barat Deny Juanda Puradimaja kepada Tempo, Rabu 27 Juli 2011. Menurut dia, semua yayasan di masing-masing perguruan tinggi swasta itu sudah setuju soal perubahan status tersebut. Semua yayasan itu, kata Deny, sudah merelakan perguruan tinggi swasta itu berikut asetnya untuk diserahkan ke negara. “Mereka sudah tahu kalau (perubahan status) ke negeri itu, aset yayasan diserahkan (ke negara), Lillahita’ala,” kata Deny.

…dst

4 ) Pungutan Liar, Kemdiknas Sudah Lapor Presiden
http://edukasi.kompas.com/read/2011/07/27/15364367/Pungutan.Liar.Kemdiknas.Sudah.Lapor.Presiden

Rabu, 27 Juli 2011 | 15:36 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Wakil Menteri Pendidikan Nasional Fasli Jalal mengatakan, pihaknya telah menyampaikan kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dalam beberapa kesempatan sidang kabinet terkait maraknya pungutan yang dilakukan sekolah di sejumlah daerah. Meski tidak memberikan laporan secara detail mengenai jumlah dan sekolah mana yang terbukti melakukan pungutan liar, pada dasarnya segala kebijakan yang ditempuh untuk mengatasi pungutan di sekolah selalu dilaporkan kepada Presiden. Fasli menjelaskan, kebijakan yang dilaporkan kepada Presiden Yudhoyono adalah tentang perintah yang diberikan kepada seluruh pemerintah daerah agar memanggil dan menindaklanjuti sekolah-sekolah yang diduga melakukan pungutan liar. Lebih jauh ia menjelaskan, seluruh pemda sudah diberikan perintah agar semua sekolah yang benar-benar terbukti memungut biaya supaya mengembalikan pungutan itu secara penuh, termasuk dengan sanksi yang harus diberikan jika sekolah tersebut tidak mengindahkan instruksi dari pemerintah pusat.

…dst

5 ) Selidiki Pungutan, Itjen Kemendiknas Gandeng Kemendagri
http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2011/07/28/154187/Selidiki-Pungutan-Itjen-Kemendiknas-Gandeng-Kemendagri

28 Juli 2011
JAKARTA – Menteri Pendidikan Nasional Mohammad Nuh menegaskan biaya pendidikan mahal tidak dilarang. Asalkan, hal tersebut tidak berimplikasi terhadap hak dasar seseorang. “Sebenarnya, pendidikan mahal, murah atau bahkan gratis itu tidak apa-apa. Namun bila pendidikan yang seharusnya gratis tapi siswa disuruh membayar, hal itu jelas berimplikasi pada hak dasar dan kesempatan seseorang untuk memperoleh pendidikan,” katanya di kantornya, baru-baru ini. Dia mencontohkan kewajiban membayar pada siswa yang mengikuti wajib belajar sembilan tahun. Jika siswa dikenakan biaya, berimplikasi pada hak dasar. “Karena itu, Kemendiknas bersama pemerintah daerah harus lebih serius menangani hak dasar tersebut.

…dst

6 ) Inilah Calon Mahasiswa Berprestasi Tingkat Nasional
http://kampus.okezone.com/read/2011/07/26/373/484484/inilah-calon-mahasiswa-berprestasi-tingkat-nasional

Selasa, 26 Juli 2011 15:53 wib
JAKARTA – Menyandang predikat mahasiswa berprestasi bukanlah hal yang mudah, terlebih jika ingin memperoleh gelar tersebut di tingkat nasional.Para mahasiswa berprestasi yang terpilih di tingkat universitas harus mampu bersaing dengan universitas lain di seluruh Nusantara dan melewati serangkaian seleksi yang dilakukan oleh Dinas Pendidikan Tinggi (Dikti) Kementerian Pendidikan Nasional.Beberapa waktu lalu, Dikti telah melakukan seleksi tahap awal dan menghasilkan 16 mahasiswa berprestasi program sarjana dari setiap kampus di Indonesia. Berikut nama-nama mahasiswa yang memiliki prestasi gemilang dalam bidang akademis.
1. Aas Mirah Mahaswari JM dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta
2. Agus Fadilla Sandi dari Universitas Islam Indonesia (UII)
3. Alfian Syafaruddin Putra dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya

…dst

7 ) Calon Mahasiswa Miskin Dapat Bantuan
http://edukasi.kompas.com/read/2011/07/27/09063982/Calon.Mahasiswa.Miskin.Dapat.Bantuan

Rabu, 27 Juli 2011 | 09:06 WIB
DEPOK, KOMPAS.com — Calon mahasiswa miskin yang lolos seleksi masuk perguruan tinggi negerimendapat simpati banyak pihak. Mereka yang sebelumnya kesulitan dana mendapat bantuan biaya pendaftaran. Mereka menyambut kabar ini dengan sukacita, impian kuliah di perguruan tinggi negeri di depan mata.”Saya sudah dihubungi Pak Arie Soesilo dari UI, kemudian dihubungkan dengan manajer Fakultas Ilmu Budaya. Beliau mengatakan bahwa saya bisa mendapat beasiswa Bidik Misi,” tutur Dodi Dores (19), calon mahasiswa Jurusan Sastra Rusia, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Indonesia, Selasa (26/7), di Depok, Jawa Barat.Arie Soesilo, Direktur Hubungan Alumni Universitas Indonesia, tergerak dengan persoalan ini. Seketika setelah membaca berita ini, jaringan alumni UI menggalang komunikasi. Selanjutnya mengupayakan bantuan kepada Dodi yang diterima di Jurusan Sastra Rusia.

…dst

8 ) SNMPTN 2011 Dievaluasi di Bali
http://www.antaranews.com/berita/269137/snmptn-2011-dievaluasi-di-bali

Rabu, 27 Juli 2011 23:32 WIB |
Makassar (ANTARA News) – Sejumlah panitia lokal (Panlok) Seleksi Nasional Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2011 berkumpul di Kuta Bali, 27-29 Juli 2011 membahas pelaksanaan kegiatan yang baru saja usai Juni silam.Pembahasan mencakup pelaksanaan bidang Kehumasan, Information and Technology (IT), dan Keuangan SNMPTN 2011 dari seluruh Panlok di Indonesia, kata Kepala Humas Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar, Dahlan Abubakar melalui telepon selular Bali-Makassar, Rabu.Khusus di Bidang Kehumasan, dibagi ke dalam tiga kelompok yakni Koordinator Wilayah I, II, dan II digabung dengan IV, Di kelompok Bidang Kehumasan berkembang rekomendasi ke Panitia Pusat SNMPTN agar pelaksanaan sosialisasi SNMPTN disampaikan lebih awal, sehingga tidak berdekatan dengan pelaksanaan SNMPTN. Usul lain adalah kendala IT yang dihadapi beberapa daerah, terutama di wilayah Indonesia Bagian Timur, seperti Maluku, dan Papua serta Kalimantan.

…dst

9 ) Minat Kuliah Para Calon Mahasiswa Masih Rendah
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/11/07/26/loxunz-minat-kuliah-para-calon-mahasiswa-masih-rendah

Selasa, 26 Juli 2011 18:31 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas) mengakui angka partisipasi kasar (APK) pendidikan tinggi (PT) masih rendah. Hal itu terungkap dalam rapat dengar pendapat Komisi X DPR dengan Mendiknas M Nuh pekan lalu. Mendiknas menyatakan, penduduk usia 19-23 tahun sekitar 19,84 juta. Secara nasional pada 2010, APK mencapai 26,3 persen. Pada tahun ini ditargetkan ada percepatan peningkatan APK PT menjadi 29,7 persen.Dibandingkan APK negara tetangga, kata Mendiknas, Indonesia jauh tertinggi. Pada 2008, APK PT di Korea Selatan mencapai 92,6 persen, Jepang 57,3 persen, Singapura 55,9 persen, Thailand 45,9 persen, dan Malaysia 28,6 persen. “APK PT Indonesia memang perlu ditingkatkan dengan cepat,” M Nuh.Menurut Mendiknas, PT mempunyai peran strategis dalam menyumbang daya saing bangsa melalui penyediaan sumber daya manusia unggul. Hasil karya pembangunan riset dan teknologi yang relevan dan berdaya saing, kata dia, hanya terwujud jika APK PT tinggi.

…dst

10 ) ITS Ciptakan Kapal Merdeka III
http://kampus.okezone.com/read/2011/07/26/373/484327/its-ciptakan-kapal-merdeka-iii

Selasa, 26 Juli 2011 11:43 wib
JAKARTA – Kreativitas mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya seakan tidak pernah habis. Kali ini mereka menciptakan sebuah kapal kayu yang diberi nama Merdeka III.Proyek Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Maritime Challenge ITS ini merupakan karya kedua mereka setelah membangun kapal Merdeka II Garuda Nusantara pada 2009. Kapal kayu tersebut direncanakan akan rampung November mendatang dan diikutsertakan dalam Atlantic Challenge 2012 di Irlandia.Bertempat di bengkel Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (PPNS) ITS, dilakukan pemasangan gading pertama (keel laying) Merdeka III. Dalam kegiatan yang bertajuk Wooden Sailing Boat Project IItersebut hadir sejumlah tokoh penting Kota Surabaya dan petinggi ITS, yakni Walikota Surabaya, Ir Tri Rismaharini MT, Rektor ITS, Prof Dr Ir Triyogi Yuwono DEA, serta Pembina UKM Maritime Challenge, Prof. Daniel M Rosyid PhD.

…dst

11 ) Mahasiswa UGM Ciptakan Sepatu Penderita Diabetes
http://www.mediaindonesia.com/read/2011/07/27/245632/293/14/-Mahasiswa-UGM-Ciptakan-Sepatu-Penderita-Diabetes

Rabu, 27 Juli 2011 18:41 WIB
YOGYAKARTA–MICOM: Para penderita diabetes mellitus ini memiliki risiko tinggi terkena ulkus diaberitika. Ulkus diabetika adalah komplikasi yang berupa luka berbau pada permukaan kulit yang biasa dialami penderita diabetes mellitus. Hal ini terjadi salah satunya karena penggunaan alas kaki yang tidak tepat yang menyumbangan 99,9% terjadinya ulkus diabetika.Adanya kenayataan itu, ternyata mendorong empat mahasiswa Universitas Gadjah Mada untuk menciptakan sepatu khusus bagi penderita diabetes mellitus.Sepatu tersebut, terutama pada bagian alas kaki yang mengutamakan keamanan, kenyamanan, serta kemudahan beraktivitas bagi penderita diabetes. Salah satu peneliti itu, Arini Giska Safitri menuturkan, Selasa (26/7) penderita diabetes tidak menyadari jika terjadi luka pada kaki mereka dikarenakan penderita mengalami neuropati, yaitu saraf tidak bisa merasakan terjadi sakit di bagian tersebut.

…dst

12 ) Sertifikat Palsu Meresahkan
http://cetak.kompas.com/read/2011/07/28/03145868/sertifikat.palsu.meresahkan

28 Juli 2011
Jakarta, Kompas – Peredaran sertifikat kompetensi kerja yang didapat dengan melanggar prosedur sangat meresahkan. Semua pemangku kepentingan harus menuntaskan masalah ini agar tidak merusak kualitas kompetensi tenaga kerja.Demikian disampaikan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar saat membuka diskusi Harmonisasi Lembaga Sertifikasi Profesi di Jakarta, Rabu (27/7). Diskusi diselenggarakan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). “Semua pemangku kepentingan pelatihan dan koordinasi pengawasan bersama-sama tidak memberi ruang terhadap pelanggaran. Kalau kita terus-menerus terjebak dalam wilayah-wilayah formal dengan sertifikat asli tetapi palsu, pekerja kita akan terus ketinggalan,” ujarnya.Sertifikat asli tetapi palsu (aspal) merupakan salah satu faktor kegagalan calon tenaga kerja Indonesia (TKI). Setiap calon TKI semestinya mengikuti pelatihan minimal 200 jam sebelum menjalani tes uji kompetensi. Pengusaha jasa penempatan TKI yang nakal kerap memakai jalan pintas dengan membeli sertifikat aspal di pasar gelap tanpa melatih calon TKI. Hal ini membuat calon TKI kerap menghadapi masalah saat bekerja.
Ketua BNSP Adjat Daradjat mengatakan, pihaknya telah melapor ke kepolisian mengenai perdagangan sertifikat kompetensi kerja aspal.
Menurut Adjat, saat ini ada empat lembaga sertifikasi profesi yang menerbitkan 860.000 sertifikat kompetensi kerja bagi calon TKI per tahun. (HAM)

…dst

13 ) Situs Download Gratis Diblokir
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/416180/38/

Thursday, 28 July 2011
JAKARTA– Kementerian Komunikasi dan Informatika akan memblokir situssitus download musik atau film gratis untuk melindungi dan mengapresiasi karya cipta seni di dunia maya.Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Tifatul Sembiring mengatakan, maraknya download konten tidak resmi untuk musik digital di internet menimbulkan kerugian yang cukup besar. Akibat konten ini, negara dirugikan sekitar Rp12 triliun per tahun.”Membiarkan kreasi anak bangsa telantar adalah dosa pemerintah. Saya diberi amanah, saya tidak ingin berdosa, karena itu perlu ada pemblokiran terhadap situs download ilegal ini,” tegas Tifatul dalam acara “Apresiasi Karya Cipta Seni Musik Indonesia di Dunia Maya” di Kantor Kemenkominfo Jakarta,kemarin.Menurut dia, adanya penjualan musik digital dari internet tanpa persetujuan dari pemegang hak cipta dikhawatirkan dapat mematikan industri kaset,CD, dan DVD. “Mereka ini juga berharap agar Kemenkominfo memfasilitasi perlindungan karya atau hak cipta dalam dunia maya,”jelasnya.

…dst

14 ) 39 Negara di Indonesia Channel 2011
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/416178/38/

Thursday, 28 July 2011
BANDUNG– Pementasan Indonesia Channel 2011 yang digelar Kementerian Luar Negeri (Kemlu) di The Venue Eldorado, Bandung, Jawa Barat pada 29 Juli bakal semarak dengan keterlibatan 59 artis peserta Beasiswa Seni Budaya Indonesia (BSBI) dari 39 negara.Kemlu juga berencana menggelar pameran di Museum Konferensi Asia Afrika, 22 Agustus sampai 16 September 2011. Devdy Risa dari Direktorat Informasi dan Diplomasi Publik Kemlu mengatakan, sebanyak 50 peserta yang berasal dari lima benua tergabung dalam program BSBI reguler.Mereka akan mementaskan tari dan musik daerah Jawa Barat, Jawa Tengah, Bali, dan Jawa Timur. “Untuk tahun ini, peserta reguler akan menunjukkan kemahirannya menari setelah mereka mengikuti pelatihan selama tiga bulan,” ungkap Devdy di Bandung kemarin.Sementara lainnya merupakan peserta yang mengikuti program BSBI kekhususan. Peserta ini dipilih dari negara-negara ASEAN dengan materi pembuatan batik. Program khusus ini disinergikan dengan kekuatan Indonesia di ASEAN.

…dst

15 ) Sekilas dalam Negeri
Pendidikan
99% Peserta Sertifikasi Portofolio Gagal (Guru)
Beasiswa Pelajar Miskin Rp 360 Ribu per TahunUntuk Murid Sekolah Dasar
Anti Teror
Indonesia Paparkan Strategi Anti-terorisme ke Eropa
Kontingen Pramuka Indonesia di Swedia Diminta Tetap di Perkemahan
Sekilas ekonomi dan politik
Ketahanan Pangan RI Rendah
Kemenkeu Berikan Insentif BM-DTP untuk 16 Sektor
Muhammadiyah Bantah Dukung SBY
SBY Bisa Selamat Hingga 2014
Kasus Nazaruddin
Nazaruddin Masih Diburu di Argentina   
Adnan Buyung: Pemeriksaan Anas di Blitar Memalukan
Chandra Serang Balik Nazar
Komisi Etik Akan Periksa Seluruh Tokoh Yang Disebut Nazar
Kasasi, Hukuman Gayus Diperberat Jadi 12 Tahun Penjara
Lain-Lain
Sultan: Kunci Kemajuan Bangsa Terletak Pada Iptek
Google Hadapi Hambatan Berinvestasi di Indonesia
Teror Norwegia
Jagal Norwegia Mengaku Gila
Pakar PBB Kritik Media Tentang Serangan Norwegia
Libya
NATO: Pasukan Pro-Gaddafi Banyak Gunakan Fasilitas Sipil
Inggris Akui Dewan Pemberontak, Usir Seluruh Staf Gaddafi
Prancis, Inggris Ingin Tinggalkan Libya
Lain-Lain
Mobil Terbang jadi Kenyataan