Enam PTS Ilegal Beroperasi, Kopertis Merasa tak Memiliki Wewenang Menutup

Sabtu, 18 Juni 2011 18:58 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,MEDAN–Kepala Kopertis Wilayah I Sumatera Utara-Aceh Prof Nawawiy Lubis mengatakan, pihaknya tidak berwenang menutup perguruan tinggi swasta yang tidak memiliki izin atau izinnya kadaluarsa. “Kita hanya dapat memperingatkan kepada PTS (perguruan tinggi swasta) yang tidak memiliki izin agar tidak lagi menerima mahasiswa baru atau melakukan proses perkuliahan, sementara soal menutupnya bukan wewenang kita tetapi pihak kepolisian,” katanya di Medan, Sabtu.

Ia mengatakan, saat ini sedikitnya ada tiga PTS di Sumut dan tiga lainnya di Aceh tercatat ilegal, yakni AJW Medan, UGMM di kawasan Padang Bulan dan FKIP Tapanuli Selatan. Kemudian, PN Aceh, USM Aceh dan P di Jalan Zainul Arifin Medan. “Kelas jauh juga tidak dibenarkan lagi. Kepada masyarakat agar melaporkan keberadaan lembaga pendidikan tinggi swasta yang dicurigai melakukan proses pembelajaran secara ilegal,” katanya.

Ia mengatakan, meski tidak memiliki kewenangan menutup PTS yang belum terdaftar, namun dalam amanat UU dinyatakan bagi PTS yang tidak melakukan prosedur pembelajaran dengan benar dapat ditindak dan itu melalui jalur hukum. Ia juga berharap calon mahasiswa lebih berhati-hati memilih perguruan tinggi. Calon mahasiswa dianjurkan memilih PTS yang memiliki izin. “Untuk menghindari praktik penipuan, masyarakat diharapkan memilih PTS yang punya izin atau bisa juga menghubungi Kopertis I Sumut-NAD untuk mendapatkan informasi atau bisa juga dilihat melalui website resmi Kopertis I Sumut-NAD,” katanya.

Dalam kesempatan itu ia juga berharap pengelola PTS agar melaporkan statusnya atau membuat laporan Evaluasi Program Studi Berbasis Evaluasi Diri (EPSBED) setiap semester ke Kopertis.”Jika hal tersebut tak dilakukan, kami akan melaporkan PTS tersebut ke Dirjen Dikti Kemendiknas untuk meninjau status program studi atau fakultasnya. Tindakan atau sanksi yakni izin program studinya akan dicabut,” katanya.

Sumber :

http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/11/06/18/lmzerd-enam-pts-ilegal-beroperasi-kopertis-merasa-tak-memiliki-wewenang-menutup

Tags

 

Baca Juga Artikel Lainnya :

1 Comment

  1. Machmud says:

    Salut buat Koordinator Kopertis Wilayah I, lalu gimana dengan sikap dari Koordinator Kopertis Wilayah XII ?????????
    1. Apakah PTS di wilayah Bapak semuanya telah memiliki Izin Pendirian perguruan tinggi ????
    2. Menurut info yg sy dapat dari teman2 di Kabupaten Fakfak Propinsi Papua Barat, ada 1 PTS namanya STKIP Nuuwar hingga saat saya menulis komentar ini PTS ybs belum juga memiliki izin pendirian/operasional NAMUN telah menerima mahasiswa baru serta proses perkuliahan telah berjalan sejak tahun 2008. Gimana nih Pak Koordinator Kopertis 12 ????? JANGAN MAIN TEBANG PILIH dong !!!!!!!! menurut info pengelolanya ada main kucing2an dengan salah satu staf di kopertis dgn inizial AS !!!!
    3. Kepada Mendiknas melalui Dirjen Dikti, tolong info ini diperhatikan SECARA BAIK dan DI AMBIL TINDAKAN !!!!
    4. Buatlah UU dan Peraturan agar Kopertis juga memiliki kewenangan untuk menutup setiap PTS yg melanggar aturan tanpa harus ada laporan masyarakat !!!
    TERIMA KASIH !!!! Wassalam !

Leave a Comment

 

You must be logged in to post a comment.