1 ) PLAGIAT
Dosen Universitas Gorontalo Dicopot
http://cetak.kompas.com/ 

03 Juni 2011
GORONTALO, KOMPAS – AR, dosen pada Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo di Provinsi Gorontalo, dicopot dari tiga jabatan karena menjiplak karya tulis. Ketiga jabatan itu adalah Sekretaris Jurusan Pendidikan Luar Sekolah, Sekretaris Senat Universitas Negeri Gorontalo, dan Ketua Ikatan Penulis Indonesia. Kasus ini yang kedua di kampus itu. Saat dikonfirmasi, Rektor Universitas Negeri Gorontalo Syamsu Qomar Badu membenarkan kasus itu. Pada Selasa (31/5), AR diminta mundur dari tiga jabatannya. Syamsu juga melarang AR menulis dalam bentuk apa pun untuk sementara. “Saya sangat prihatin. Di saat ramainya pendidikan karakter bangsa, justru ada kasus plagiat di kampus kami,” tutur Syamsu.Dari sumber Kompas yang memberi kliping dan sumber tulisan asli, AR dua kali menjiplak karya tulis. Jiplakan itu dikirim ke rubrik opini harian lokal menggunakan namanya. Hampir 100 persen isi tulisan sama, kecuali bagian judul. Tulisan asli yang dijiplak AR adalah karya Dion Eprijum Ginanto dan Muh Rizal Siregar dengan judul masing-masing Kepala Sekolah Bervisi Kualitas Berkelanjutan dan Pendidikan Untuk Siapa? Sebuah Analisis terhadap UU Nomor 23 Tahun 2003. Karya Dion yang dijiplak dikirim ke harian lokal tersebut dan dimuat menjadi tiga tulisan pada 5-7 Mei 2011. Karya Muh Rizal dikirim ke harian yang sama dalam lima tulisan, 23-25 Mei 2011.Syamsu menambahkan, pihak senat masih mengkaji dan mengumpulkan bukti terkait kasus plagiat yang dilakukan AR. Selama ini, AR dikenal aktif menulis di berbagai media dan menjadi contoh dosen lain.(APO)

…dst

2 ) Musibah Dunia Pendidikan Tinggi, Kita Kehilangan 4 Dosen
Sopir Tersangka, Korban Tewas Lima Orang
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/403226/

Friday, 03 June 2011
UNGARAN –Jumlah korban yang tewas dalam kecelakaan maut di Bawen,Kabupaten Semarang menjadi lima orang,setelah satu korban yang dirawat di RSUD Ambarawa mengembuskan napas terakhir Rabu (1/6) tengah malam. Sebelumnya korban yang dinyatakan tewas ada empat orang. Mereka seluruhnya dosen di Universitas Terbuka Unit Program Pembelajaran Jarak Jauh (UTUPPJJ) Semarang…cut…Sementara itu, Sunarto, 36, sopir truk kontainer maut bernopol B 9810 UEH, kemarin resmi ditetapkan sebagai tersangka. Warga Tegalrejo RT03/05 Kecamatan Wirosari Kabupaten Grobogan ini dinilai telah lalai sehingga menyebabkan jatuhnya korban jiwa dan luka-luka. “Mulai hari ini sudah dinaikkan menjadi tersangka. Surat perintah penyelidikan, penyidikan, penahanan dan penyitaan barang bukti sudah turun dari kasatlantas,” ungkap Kanit Laka Satlantas Polres Semarang Ipda Herman Sopian,kemarin. …cut…”Avanza parkir karena ada salah satu penumpangnya yang turun. Namun tiba-tiba dihantam dari belakang, hingga terseret dan menabrak pohon mahoni hingga tumbang,” beber Herman. Seluruh penumpang dan sopir Avanza tewas dengan kondisi mengenaskan. Para penumpang Avanza merupakan empat dosen UTUPPJJ Semarang. Identitas mereka adalah Bibit Sumanto,58; Marsil,56; Purwanto, 50, dan Siwi Adiyanti, 52.Avanza disopiri Siwi Adiyanti.

…dst

3 ) Unpad Susul Daftarkan Gugatan Soal Susu Formula
http://www.tempointeraktif.com/hg/kesra/2011/06/02/brk,20110602-338205,id.html

KAMIS, 02 JUNI 2011 | 09:44 WIB
TEMPO Interaktif, Jakarta – Tak mau ketinggalan dengan empat universitas sebelumnya yang telah mendaftarkan gugatannya, Universitas Padjajaran Bandung ikut mendaftarkan surat gugatannya ke Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. Mereka meminta penundaan eksekusi pengumuman nama susu formula hasil penelitian Institut Pertanian Bogor yang diduga mengandung bakteri Entrobacter Sakazaki. “Sudah didaftarkan siang tadi,” ujar Soedjono, pengacara Unpad yang juga mewakili empat universitas yang telah mendaftarkan gugatan sebelumnya, Rabu, 1 Juni 2011. Menurutnya, upaya ini sebagai bentuk dukungan meminta Mahkamah Agung menunda eksekusi pengumuman susu formula yang diduga mengandung bakteri berbahaya itu. “Itu hak kami untuk membela,” ujarnya. Langkah Unpad ini mengikuti empat universitas sebelumnya yang telah memasukan gugatan, yakni Universitas Sumetera Utara, Universitas Andalas, Universitas Hasanuddin, serta Universitas Indonesia. Mereka menyatakan pengumuman hasil penelitian ilmiah bisa mengancam independensi dan obyektivitas dari Universitas.

…dst

4 ) Universitas Minta Otonomi
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/403273/

Friday, 03 June 2011
JAKARTA– Asosiasi perguruan tinggi meminta otonomi penuh dalam pengelolaan dan subsidi pada penyelenggaraan pendidikan tinggi.Otonomi itu meliputi kemandirian untuk membuka program studi dan pengelolaan keuangan yang lebih fleksibel dan tidak dibatasi. Ketua Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri (MRPTN) Musliar Kasim mengatakan, permintaan para pengelola perguruan tinggi negeri (PTN) ini akan diusulkan dalam draf Rancangan Undang-Undang Perguruan Tinggi (RUU PT) yang sedang dibahas di Komisi X DPR. Dia menjelaskan, independensi terkait pengelolaan keuangan ini harus dibedakan karena karakter PTN berbeda dengan sistem pengelolaan instansi pemerintah yang lain. Meski demikian, Musliar belum menjelaskan secara detail apa saja yang harus dibatasi dalam pengelolaan kampus. “Yang jelas, semangat yang akan diusung dalam RUU PT tersebutadalahbagaimanaagar otonomi perguruan tinggi dapat diprioritaskan untuk kemajuan perguruan tinggi,” tegas Musliar di Jakarta kemarin. Adapun Ketua Forum Rektor Indonesia (FRI) Badiah Perizade meminta agar dalam RUU PT nantinya mengatur klasifikasi perguruan tinggi swasta (PTS).Menurut dia, sudah saatnya Kemendiknas mengklasifikasikan PTS seperti halnya PTN. Klasifikasi yang dimaksud adalah PT berbadan hukum milik negara,badan layanan umum, atau sepenuhnya milik pemerintah.”Jadi, tidak hanya menyamaratakan mutu dengan PTN, tetapi juga pembinaan yang dilakukan Kemendiknas harus disetarakan,” tegasnya.

…dst

5 ) 90 Mahasiswa Tampilkan ASEAN Rainbow
http://ugm.ac.id/index.php?page=rilis&artikel=3811

YOGYAKARTA – Pementasan ASEAN Rainbow atau Pelangi Asean berhasil memukau penonton yang hadir di Pusat Kebudayaan Koesnadi Hardjasoemantri (PKKH), Jumat (27/5) malam. Pertunjukan tarian hasil garapan tiga mahasiswa dan alumni Program Doktor Prodi Seni Pertunjukan dan Seni Rupa Sekolah Pascasarjana UGM ini sekaligus menutup kegiatan Asean Youth Cultural Forum. Tarian ini cukup unik karena dibawakan oleh 90 orang yang semuanya adalah peserta delegasi dari 15 perguruan tinggi di Asia Tenggara. Namun, tidak semua tampil menjadi penari, ada juga yang menabuh gamelan, memainkan siter, menyanyi, dan memainkan alat musik lainnya. Sesuai dengan namanya, tarian tersebut memadukan unsur gerak, musik, dan kostum yang mewakili masing-masing negara. Cerita yang dibawakan dalam ASEAN Rainbow mengambil lakon Rama Tambak dari kisah cerita Ramayana.

…dst

6 ) Kontes Robot Nasional 2011
http://ugm.ac.id/index.php?page=infougm&artikel=390

01 Jun 2011
Tahun 2011 ini Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Ditjen Pendidikan Tinggi (DP2M DIKTI) bekerjasama dengan Universitas Gadja Mada mengadakan perhelatan robotika paling bergengsi di tanah air, Kontes Robot Nasional 2011. Kontes ini meliputi Kontes Robot Indonesia 2011 (KRI), Kontes Robot Cerdas Indonesia 2011 (KRCI), dan Kontes Robot Seni Indonesia 2011 (KRSI). Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkembangkan kreativitas mahasiswa, mengaplikasikan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam dunia nyata serta meningkatkan kepekaan dalam pengembangan robotika di Indonesia. Kontes Robot Nasional 2011 juga merupakan ajang pemilihan duta Indonesia dalam ajang kontes robot tingkat Internasional ABU Robocon di Thailand dan RoboCup di Mexico tahun 2012. Universitas Gadjah Mada sebagai salah satu universitas terbaik di Indonesia menyatakan siap bekerjasama dengan DP2M DIKTI untuk menyelenggarakan kontes robot tingkat nasonal dengan sebaik – baiknya. SDM terbaik telah dikerahkan demi terciptanya sebuah kontes robot paling bergengsi di negeri ini agar berjalan dengan baik. Terimalah persembahan terbaik dari insan robotika Indonesia! Waktu Pelaksanaan : Kegiatan Kontes Robot Indonesia Nasional 2011 ini akan diselenggarakan pada Hari Sabtu dan Minggu tanggal 11-12 Juni 2011 di Grha Sabha Pramana Universitas Gadjah Mada.

…dst

7 ) Tim Robotik Unissula Maju ke Tingkat Nasional
http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2011/06/03/148507/Tim-Robotik-Unissula-Maju-ke-Tingkat-Nasional

03 Juni 2011
SEMARANG-Tim robotik Fakultas Teknologi Industri (FTI) Unissula kembali meraih prestasi gemilang di Kontes Robot Indonesia (KRI) yang diselenggarakan di Universitas Negeri Yokyakarta, baru-baru ini. Robot ìSA-Ngkokî karya mahasiswa FTI Unissula tersebut merebut juara III, setelah berhasil mengalahkan kontestan lain dari perguruan tinggi negeri dan swasta se-Jateng dan Daerah Istimewa Yokyakarta. ìSA-Ngkokî merupakan robot yang terdiri atas satu robot otomatis dan dua robot manual yang dapat menyusun permainan Krathong. Untuk kategori ini juara I diraih tim robotik Universitas Gadjah Mada dan juara II Universitas Negeri Yokyakarta. Menurut Bustanul Arifin ST MT, wakil dekan bidang Kemahasiswaan FTI, sejak awal babak penentuan klasemen, tim robotik Unissula sudah unggul bersama dengan tim dari Universitas Gadjah Mada dan Universitas Negeri Yokyakarta. Meskipun juara III, kata Bustanul, untuk kategori perguruan tinggi swasta merupakan yang terbaik se-Jateng dan DIY dalam kategori KRI tersebut.

…dst

8 ) Ratusan Peserta SNMPTN tidak Miliki PIN
http://www.mediaindonesia.com/read/2011/06/03/230913/293/14/Ratusan-Peserta-SNMPTN-tidak-Miliki-PIN

Jumat, 03 Juni 2011 02:14 WIB
MAKASSAR–MICOM: Ratusan peserta Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) di Makassar yang mengikuti ujian tulis tanpa menggunakan PIN (personal identification number). PIN yang dibeli di perbankan untuk pendaftaran peserta itu mencapai 726 PIN yang tidak digunakan pada pelaksanaan ujian SNMPTN di dua panitia lokal (panlok) 82 Universitas Hasanuddin (Unhas) dan panlok 80 Universitas Negeri Makassar (UNM)-UIN Alauddin. Menurut Rektor UNM Prof Arismunandar di Makassar, Kamis, PIN senilai Rp150 ribu dan Rp175 ribu per orangnya itu tidak bisa digunakan akibat peserta tidak sempat login (terdaftar) sebagai peserta SNMPTN, meskipun mereka sudah membayar di bank penerbit PIN tersebut.

…dst

9 ) Ribuan Peserta Absen (Bandung)
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/403221/

Friday, 03 June 2011
BANDUNG – Sebanyak 1.116 peserta memilih tidak datang ke ruang ujian tertulis hari pertama Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Panitia Lokal Bandung yang dilaksanakan pada Selasa(31/5). Padahal mereka sudah membeli nomor PIN dan terdaftar secara onlinesebagai peserta. Ujian hari pertama adalah tes potensi akademik.Adapun peserta yang tak hadir: 490 peserta dari kelompok IPA, 413 peserta dari IPS,dan 213 peserta dari IPC. Mereka tidak datang dengan alasan tidak jelas. Bisa jadi mereka berubah pikiran dan lebih memilih jalur mandiri, meski harus keluar biaya puluhan juta rupiah. Sementara, 142 peserta memilih mundur di tengah ujian. Ada yang datang pada hari pertama, tapi tidak datang di hari kedua.Ada juga yang menjawab soal pada jam pertama, tapi memilihpulangpadajamkedua. Pada hari pertama, tercatat sembilan peserta mundur,mereka tidak kembali ke ruang ujian pada jam kedua. Perinciannya, 4 peserta dari kelompok IPA dan 5 peserta dari kelompok IPC.

…dst

10 ) 852 Peserta SNMPTN Semarang Tak Lolos
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/403163/

Friday, 03 June 2011
SEMARANG– Panitia lokal 42 Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Semarang memastikan 852 peserta yang tidak hadir pada hari pertama (31/5) dan hari kedua (1/6) tidak lolos ujian. Data tersebut dinyatakan sebagai data akhir setelah hasil rekap peserta yang absen selesai dilakukan, kemarin. “Untuk rekap hari pertama ujian awalnya sebanyak 844 peserta yang tidak hadir. Namun, pada hari kedua, peserta yang tidak hadir bertambah sehingga menjadi 852 peserta yang absen,”ujar Ketua Panlok 42 Semarang Agus Wahyudin. Dia menyebutkan,indikator sebagai penilaian ketidaklolosan peserta SNMPTN tulis, di antaranya tidak mengikuti satu materi ujian atau lebih.Dengan demikian,satu materi ujian saja peserta tidak mengikutinya, yang bersangkutan tidak akan mendapatkan nilai atau nol pada materi ujian tersebut.

…dst

11 ) 121 Calon Mahasiswa Undangan di Unej Mengundurkan Diri
http://www.mediaindonesia.com/read/2011/06/06/230841/293/14/121-Calon-Mahasiswa-Undangan-di-Unej-Mengundurkan-Diri

Kamis, 02 Juni 2011 20:34 WIB
JEMBER–MICOM: Sebanyak 121 calon peserta Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) jalur undangan di Universitas Jember (Unej) Jawa Timur, dinyatakan mengundurkan diri, karena hingga hari Rabu (1/6) mereka belum mendaftar. “Hingga pukul 15.00 WIB dari seluruh calon mahasiswa jalur undangan sebanyak 942 orang, hanya 821 orang yang mendaftar ulang,” kata Kepala Hubungan Masyarakat (Humas) Unej Rochani. Menurutnya, pada tahun ini Unej menerima 942 calon mahasiswa baru dari jalur undangan. Dari seluruh calon mahasiswa baru jalur itu, 300 di antaranya merupakan calon mahasiswa melalui jalur bidik misi.

…dst

12 ) Rektor: Calon Mahasiswa Hati-Hati Memilih PTS
http://www.antaranews.com/berita/261350/rektor-calon-mahasiswa-hati-hati-memilih-pts

Kamis, 2 Juni 2011 22:39 WIB
Padang (ANTARA News) – Rektor Universita Bung Hatta Padang Prof Dr Hafrijal Syandri MS mengingatkan calon mahasiswa yang gagal dalam seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri berhati-hati dalam memilih perguruan tinggi swasta. “Kalau calon mahasiswa salah memilih PTS akan berakibat fatal, karena bisa saja ijazah yang diraih bertahun-tahun tidak diakui pemerintah,” katanya di Padang, Kamis. Ia berharap calon mahasiswa memilih PTS yang program studinya telah diakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional (BAN) Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Nasional RI. “Calon mahasiswa agar lebih selektif dan berhati-hati memilih PTS, karena saat ini banyak PTS yang program studinya belum terakreditasi, tetap tetap promosi mencari calon mahasiswa baru,” katanya. Ia menambahkan, calon mahasiswa juga harus memilih program studinya yang sudah terakreditasi di PTS yang dipilih jika ingin melanjutkan pendidikan tinggi.

…dst

13 ) Biaya Kuliah
Ingin Kuliah? Siapkan Saja Rp 4.112.500
http://edukasi.kompas.com/read/2011/06/03/02071188/Ingin.Kuliah.Siapkan.Saja.Rp.4.112.500

Jumat, 3 Juni 2011 | 02:07 WIB
PADANG, KOMPAS.com — Universitas Bung Hatta (UBH), Padang, Sumatera Barat, pada tahun akademik 2011/2012 menawarkan biaya perkuliahan murah bagi para calon mahasiswa baru perguruan tinggi swasta terbesar di Kopertis Wilayah XI meliputi Sumatera bagian tengah. Wakil Rektor II UBH Eni Kamal di Padang, Kamis (2/6/2011), menyebutkan, ditawarkan biaya perkuliahan paling tinggi Rp 4.112.500 bagi calon mahasiswa baru UBH tahun akademik 2011/2012. Biaya itu sudah termasuk uang pembangunan bagi calon mahasiswa baru sebesar Rp 2 juta per orang yang dapat dicicil selama tiga semester, yakni Rp 750.000 pada semester I dan II, serta dilunasi Rp 500.000 lagi pada sementer III.

…dst

14 ) Jadi Wirausaha Yuk!
http://kampus.okezone.com/read/2011/06/02/373/463925/jadi-wirausaha-yuk

Kamis, 02 Juni 2011 18:15 wib
JAKARTA –Program Diploma Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (UGM) menyelenggarakan Pameran/Expo Wirausaha Mahasiswa dan UMKM 2011. Acara tersebut digelar dalam rangka mendukung Gerakan Nasional Kewirausahaan, serta mendorong kreativitas dan munculnya inovasi produk dan usaha bagi mahasiswa dan pengusaha mikro dan kecil. Peserta Expo terdiri atas, kelompok usaha mahasiswa Program Diploma maupun S-1 Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM dan beberapa usaha mikro, kecil yang merupakan binaan /mitra Program Diploma Ekonomika dan Bisnis UGM. Kegiatan ini akan dilaksanakan pada Minggu (5/6/2011) pukul 06.00 WIB – selesai. Bertempat di pelataran parkir Program Diploma Ekonomika dan Bisnis Sekolah Vokasi UGM Jl. Prof Dr. Mr. Notonegoro, Bulaksumur , Yogyakarta kegiatan expo ini mengusung konsep Konggres PSSI : Pasar Senggol Super Inovasi.

…dst

15 ) Perguruan Tinggi Pegang Kendali Tumbuhkan Kewirausahaan
http://www.mediaindonesia.com/read/2011/06/06/230926/293/14/Perguruan-Tinggi-Pegang-Kendali-Tumbuhkan-Kewirausahaan

Jumat, 03 Juni 2011 02:36 WIB
JAKARTA–MICOM: Gerakan kewirausahaan semestinya dimotori dunia pendidikan, khususnya kalangan Perguruan Tinggi (PT) sebagai lembaga yang menghasilkan sumber daya manusia (SDM) yang dibutuhkan dalam pembangunan nasional. “Perguruan tinggi diharapkn mampu menjadikan dirinya sebagai unggulan yang melahirkan entrepreuneur dan intelektual. Saya mengajak para wisudawan mampu berperan mengembangkan kewirausahaan,” kata Deputi SDM Kementerian Koperasi dan UKM Agus Muharam mewakili Menteri Koperasi dan UKM, saat menyampaikan sambutan pada wisuda sarjana Universitas Krisnadwipayana (Unkris) di Jakarta Convention Center (JCC), Kamis (2/6). Menurut dia, lembaga pendidikan mesti melakukan pengembangan intensif dan ekstensif kurikulum berbasis wirausaha di semua strata pendidikan hingga perguruan tinggi. Dijelaskan pemerintah telah mencanangkan tahun 2011 sebagai Tahun Kewirausahaan. “Momentum wisuda ini mesti dimanfaatkan civitas akademika Unkris berperan aktif sebagai center of exellence bidang pengembangan wirausaha di lingkungan perguruan tinggi,” cetusnya.

…dst

16 ) Mahasiswa Pertanian UGM Sulap Bekatul Jadi Es Krim
http://www.pikiran-rakyat.com/node/147226

03 Juni 2011
YOGYAKARTA,(PRLM).- Bekatul (brain) atau bagian terluar dari bagian bulir yang terbungkus oleh sekam biasanya dijadikan pakan ternak, bahkan, kadang dibuang. Para mahasiswa pertanian menyulap bekatul tersebut menjadi es krim yang dilabeli Beckham. Es krim bekatul tersebut dikreasi oleh Akhir Yuliana, Dyah Tri Wilujeng, Elok Pawening Maharani, Raehana Saria Gahari, dan Sari Yuslia, semuanya mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Gadjah Mada (UGM). Rekayasa bekatul menjadi makanan tersebut di Indonesia sangat jarang dilakukan. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) 2010 terdapat 6,59 juta ton bekatul hanya sebagian kecil saja dimanfaatkan secara terbatas seperti pakan ternak. Sebaliknya petani di luar negeri telah memproduksi bekatul sebagai bahan makanan yang dikenal sebagai rice bran oil. RBO merupakan bekatul awet disarikan dari bekatul sebanyak 15-25 persen. Jika di tanah air terdapat 6,59 juta ton dapat dihasilkan 0,98-1,65 juta ton RBO. Kreasi es krim bekatul proses produksinya sederhana layaknya membuat es dari bahan lain. Komposisinya bekatul (40 gram), susu kedelai (800 ml liter), gula pasir (150 gram), dan aroma rasa. Rasa es krimnya bisa beragam, sesuai selesai produsen maupun konsumen Hasilnya bisa dikemas menjadi 18 – 20 gelas (cup) ukuran 90 ml. Setiap gelas dipatok harga Rp 3.000.

…dst

17 ) Siapa Mau Jadi Duta Batik?
http://kampus.okezone.com/read/2011/06/02/373/463867/siapa-mau-jadi-duta-batik

Kamis, 02 Juni 2011 15:15 wib
JAKARTA – Batik merupakan ciri khas busana bangsa Indonesia. Setiap daerah bahkan memiliki motif batik yang berbeda dengan daerah lain. Sebut saja batik Pekalongan, batik Solo, batik Cirebon, dan sebagainya. Persepsi bahwa batik identik dikenakan orang tua serta model baju batik yang kaku membuat generasi muda terkadang enggan mengenakannya. Maka inovasi pun dilakukan dengan mengeluarkan berbagai produk berbahan dasar batik yang sesuai dengan keinginan anak muda, seperti jaket, tas, maupun busana dengan model yang lebih trendi. Kelas A Jurusan Ilmu Humas Angkatan 2008 Universitas Padjajaran (Unpad), Bandung memiliki cara sendiri untuk melestarikan batik di kalangan kaum muda dengan menggelar acara pemilihan Duta Batik Jawa Barat 2011 bertema Indahnya Kemilau Batik Jawa Barat.

…dst

18 ) Drama Tari Kolosal ala UNY
http://kampus.okezone.com/read/2011/06/02/373/463850/drama-tari-kolosal-ala-uny

Kamis, 02 Juni 2011 14:00 wib
JAKARTA – Bagi para pecinta drama tari kolosal, Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menggelar pementasan drama tari kolosal bertajuk Sang Ksatria pada 8 Juni mendatang.
Tidak hanya instrument band, tetapi juga marching band, gamelan, dan paduan suara mahasiswa UNY akan mengiringi pementasan yang akan digelar di GOR UNY pukul 19.30-22.00 WIB. Hanya dengan merogoh kocek seharga Rp10 ribu, kamu sudah dapat menikmati acara yang sarat dengan nilai budaya, moral, dan melihat teladan yang baik. Pentas kolaborasi yang disutradarai Iwan Mustofa ini didukung oleh 150 pemain yang akan tampil maksimal di hadapan 3.000 tamu undangan yang berasal dari jajaran pemerintah daerah, rektorat, universitas-universitas undangan, mahasiswa UNY, serta masyarakat umum.

…dst

19 ) Kemlu Serahkan Proses Pengembalian Mahasiswa di Mesir ke Kemendiknas
http://www.tempointeraktif.com/hg/pendidikan/2011/06/02/brk,20110602-338232,id.html

KAMIS, 02 JUNI 2011 | 13:08 WIB
TEMPO Interaktif, Jakarta – Juru bicara Kementerian Luar Negeri Michael Tene menegaskan kepulangan mahasiswa Indonesia yang hendak kembali ke Mesir pasca evakuasi akibat memburuknya situasi politik di negara itu menjadi tanggung jawab Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas). “Waktu mereka dievakuasi memang ditangani Kemlu, untuk pemulangan kembali ke Mesir ya Diknas yang mengkoordinir,” ujarnya kepada Tempo, Kamis, 2 Juni 2011. Menurut Tene, pendaftaran kembali pemulangan sejumlah warga negara Indonesia yang sebagian besar mahasiswa ke Mesir sudah ditangani Kemendiknas. Kementeriannya, usai menyelesaikan tugas terkait masalah evakuasi WNI bulan Februari lalu, tidak lagi menangani kelanjutannya.”Semuanya ditangani Diknas, kami tidak tahu lagi perkembangannya. Kemlu bertanggung jawab evakuasi, kalau mereka ingin kembali ke mesir, diserahkan ke Diknas,” kata Michael menegaskan.

…dst

20 ) Mutu Pendidikan Keperawatan Belum Penuhi Standar
http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2011/06/03/148508/Mutu-Pendidikan-Keperawatan-Belum-Penuhi-Standar

03 Juni 2011
SEMARANG-Mutu pendidikan keperawatan di Indonesia ternyata hingga kini belum memenuhi standar global. Akibatnya, sebagian besar perawat dari Indonesia kalah bersaing dan kurang diminati negara-negara maju yang sebetulnya membutuhkan banyak perawat. “Konsekuensi dari kondisi ini yakni seluruh lembaga pendidikan keperawatan harus meningkatkan mutu pendidikannya. Di samping memiliki ilmu pengetahuan yang mumpuni, para lulusan keperawatan harus paham betul kode etik profesi agar dalam berpraktik profesi menggunakan metodologi yang dibenarkan,” kata Dewi Irawaty MA PhD, Ketua Umum Persatuan Perawat Nasional Indonesia. Dia memaparkan hal tersebut dalam seminar nasional bertema “Selamatkan Profesi Perawat dan Praktik Mandiri Keperawatan dengan Undang Undang”, yang diadakan Himpunan Mahasiswa Jurusan D3 Keperawatan Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang di aula lantai 3 Fakultas Kedokteran Jl Raya Kaligawe Km 4, Semarang, baru-baru ini.

…dst

21 ) Wabah Ketimun Eropa
Bakteri Ekoli Eropa Jenis Baru
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/403252/

Friday, 03 June 2011
MOSKOW– Badan Kesehatan Dunia (WHO) kemarin menyatakan bakteri Ekoli yang menyebar hampir di seluruh kawasan Eropa adalah keturunan generasi baru bakteri tersebut.
Urutan genetis awal memperlihatkan keturunan baru ini adalah bentuk mutasi dua bakteri Ekoli yang berbeda dengan gen mematikan yang bisa menyebabkan wabah itu tampak begitu besar dan berbahaya. “Bakteri keturunan baru ini belum pernah terlihat dalam situasi wabah yang terjadi sebelumnya,” ujarAphaluck Bhatiasevi, juru bicara WHO, yang dikutip BBC. Para ilmuwan di Beijing Genomics Institute di China juga memaparkan,bakteri Ekoli dalam produk sayur itu adalah jenis baru. “Ekoli ini jenis keturunan baru bakteri yang sangat menular dan beracun,” ungkap mereka. Bukti awal menunjukkan bakteri itu punya dua gen dari kelompok Ekoli yang berbeda, yaitu Enteroaggregative E.coli (EAEC) dan Enterohemorrhagic E.coli (EHEC). Badan Perlindungan Kesehatan Inggris kepada BBC memaparkan mereka mulai mempelajari kurva bakteri itu untuk memahami apa artinya. Sementara Rusia kemarin mulai melarang impor sayuran segar dari seluruh negara anggota Uni Eropa (UE) karena wabah Ekoli yang belum diketahui solusinya.

…dst

22 ) Kemenpan Prioritaskan Guru dan Penyuluh
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/403271/

Friday, 03 June 2011
JAKARTA– Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan dan RB) akan memprioritaskan pengangkatan tenaga honorer yang mendukung perekonomian seperti tenaga penyuluh, instruktur tenaga kerja, tenaga kesehatan, dan tenaga pendidik. Deputi Sumber Daya Manusia (SDM) dan Aparatur Kemenpan dan RB Ramli Naibaho mengatakan, pihaknya tetap berkomitmen mempercepat pengangkatan bagi tenaga kerja honorer. Namun, pengangkatan ini tidak bisa dilakukan sekaligus, melainkan secara bertahap. Berdasarkan kesepakatan dengan DPR, jelasnya, tenaga honorer yang diangkat harus sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) 48 Tahun 2005 jo PP43 Tahun 2007 tentang Pengangkatan Tenaga Kerja Honorer Menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Ramli mengaku, Kemenpan dan RB telah menurunkan tim ke lapangan untuk melakukan verifikasi dan validasi data mengingat banyaknya data tenaga honorer yang tercecer dan terselip.

…dst

23 ) PENYELUNDUPAN MANUSIA
500 ABK RI Terancam, Australia Tidak Adil

http://cetak.kompas.com/read/2011/06/03/04453933/500.abk.ri.terancam.australia.tidak.adil
Oleh Sonya Helen Sinombor 

Sydney, Kompas – Sebanyak 500 anak buah kapal Indonesia saat ini menghadapi masalah hukum di Australia karena dituduh menyelundupkan manusia (people smuggling). Sebagian besar dari mereka ditangkap di perairan Australia karena membawa pencari suaka dari Afganistan, Iran, dan Irak. Mereka kini diproses hukum karena membawa lima orang atau lebih pencari suaka secara ilegal dengan menggunakan kapal yang tidak layak berlayar untuk jarak jauh. Para anak buah kapal (ABK) kini menghadapi ancaman pidana maksimal 20 tahun penjara dan minimal 5 tahun penjara jika terbukti melanggar Undang-Undang Anti-penyelundupan Manusia (Immigration Act 1958). Kondisi ini disampaikan Konsulat Jenderal RI di Sydney Gary RM Jusuf, Rabu (1/6) di Konsulat Jenderal RI di Sydney. “Kami memberikan perhatian besar pada kasus ini karena sebagian besar ABK yang ditangkap dan dituduh sebagai penyelundup manusia dengan motivasi ekonomi,” ujarnya. Menurut Gary, dalam kasus hukum yang dihadapi para ABK, yang sebagian besar berasal dari Nusa Tenggara Timur, Cilacap (Jawa Tengah), Probolinggo (Jawa Timur), dan Jakarta, ada ketidakadilan yang terjadi. Para ABK dianggap bertanggung jawab membawa orang secara ilegal karena itu mereka menjadi tertuduh. Namun, para pencari suaka yang memasuki Australia bersama dengan para ABK justru tidak diproses hukum. Mereka malah diperlakukan sebagai pencari suaka untuk mendapatkan kehidupan yang lebih layak di Australia.

…dst

24 ) Sekilas Dalam Negeri
Menyambut Hari Libur Panjang
Wisatawan Kembali Serbu Bandung
Yogyakarta Dibanjiri Wisatawan
Hari ini 3 In 1 Ditiadakan (Jakarta)
Pancasila
Agenda Strategis Jangka Panjang Membumikan Pancasila di Pendidikan
Peserta Kongres III Surabaya Nyatakan “Gawat Pancasila”
Guru honor
Kemenpan Prioritaskan Guru dan Penyuluh
Antisipasi Gempa di Jakarta
Gempa 8,7 SR, Gedung 8 Lantai ke Atas Dinyatakan Aman
Demokrat
Penyebar SMS Fitnah Terendus
Kasus Nazaruddin
Blog Nazaruddin Telah Dihapus
KPK Tak Ikut Cawe-cawe Minta Nazaruddin Pulang
KPK Telah Minta Keterangan Mahfud MD dan Sekjen MK Soal Nazaruddin
Mahfud: Kasus Nazaruddin Hanya Kasus Kecil
Menpora Tidak Merasa Tertekan Kasus Dugaan Suap
Kasus Nunun
Pengamat: Nunun Lebih Mudah Diekstradisi dari Thailand
Polri: Soal Penjemputan Nunun Tanya ke KPK
KPK Sudah Penuhi Syarat Ekstradisi Nunun
Kasus Hakim Syarifudin
KPK Ralat Uang Sitaan Hakim Syarifudin
Dia yang Pernah Memvonis Bebas 9 Kasus
Wajah Tegang Hakim Suap Saat Keluar KPK
Rekam Jejak Syarifuddin di Makassar Buruk
Kasus Andi Nurpati
Mahfud: Terungkapnya Nurpati Satu Kecelakaan
Mahfud MD Tagih Polisi Soal Penanganan Kasus Andi Nurpati
Mahfud berkomentar
Mahfud: Keluarlah dari Partai yang Mengingkari Nurani
Harta Janedjri Rp 5 Miliar, Ini Kata Mahfud
Musibah Kapal TKI
Berikut Nama-nama TKI yang Selamat dari Kapal Tenggelam
Kapal Karam, 7 TKI Hilang di Laut
Basarnas Lanjutkan Pencarian Korban
Kapal TKI Pecah, Lima Jam Terombang-ambing di Laut
Musibah Gas Beracun Dieng
Warga Tolak Mengungsi
Sekilas Ekonomi
Indonesia Siap Jadi Tuan Rumah ICOLD ke-82
Kepemilikan Asing di Perbankan Harus Untungkan Perekonomian
RUU Industri Strategis Pertahanan : BUMN Bisa Gandeng Negara Lain
Asing Bersedia Renegosiasi Kontrak
RS Indonesia di Gaza
Ingin Membantu? RS Indonesia di Gaza Masih Butuh Rp30 Juta Lagi
RS Indonesia di Gaza Butuh Rp 30 Miliar
MER-C Surati Presiden Soal Rumah Sakit Indonesia di Gaza
PSSI
Ada Peluang Komposisi KN Digant
Pembobol Citibank
Silikon di Payudara Malinda Harus Segera Diangkati
Silikon Bocor Bisa Jadi Penyebab Radang Payudara Malinda
Lain-Lain
Australia: Stop Ekspor ke Indonesia! (siksa ternak ?)
11 Makanan yang Cepat Menurunkan Berat Badan Anda
Mengenang Osama Bin Laden
Osama di Mata Si Cantik Amal 1
Osama Dimata Si Cantik Amal 2
Osama di Mata Si Cantik Amal 3
Libya Hari Ini
Sekjen NATO: Masyarakat Dunia, Bersiaplah untuk Era Pasca-Qaddafi!
Kepergian Gaddafi Cuma Masalah Waktu
PBB Bidik Pemerintah dan Pemberontak
Ledakan Keras Guncang Ibu Kota Libya
Libya Katakan Pemboman NATO Tewaskan 718 Warga Sipil
Ratusan Pengungsi Libia Hilang di Laut Tunisia
Juru Bicara: Kepergian Gaddafi “Skenario Terburuk”
Mantan Pasukan Inggris di Libya Pasok Informasi ke NATO
Libya Kecam Kunjungan Menlu Italia ke Benghazi
Lima Lagi Perwira Libya Membelot dari Pasukan Gaddafi
100 Lebih Anggota Militer Libya Membelot
Wabah Ketimun Eropa
Wabah di Eropa disebabkan oleh E.Coli baru
Bakteri Ekoli Eropa Jenis Baru
15 Penduduk Jepang Juga Terinfeksi Bakteri E. Coli
Bakteri Hebohkan UE
Korban Mentimun Maut, 100 Lagi Masuk RS
Suriah hari ini
Masya Allah…Ditahan Saat Demo, Bocah 13 tahun Dimutilasi Tentara Suriah
Suriah Bebaskan Ratusan Tahanan Politik
Presiden Suriah Perintahkan Pembentukan Lembaga Dialog
Jepang hari ini
PM Kan Selamat dari Mosi Tak Percaya
Mesir hari ini
Mubarak Diadili 3 Agustus
Bekas pemimpin militer Serbia Bosnia
Mladic Tiba di Belanda Untuk Hadapi Tuduhan Kejahatan Perang
Mladic Ajukan Banding
Amerika
Lima Kendaraan Tempur Amerika Termahal
Pria Tembaki Gedung Pengadilan dan Sekolah di AS, 5 Tewas
Pakistan hari ini
Pos Diserang, 28 Polisi dan 6 Warga Tewas
Jurnalis Pakistan Tewas Dibunuh Setelah Tulis Artikel Tentang Al Qaeda
Serangan Taliban Pasca-Osama Tewaskan Lebih 170 Orang di Pakistan
Pakistan Kembalikan Heli Pembunuh Osama
Yaman hari ini
AS Tekan Presiden Yaman Segera Mundur
Sekilas di Negeri China
Tukang Sapu di China Jadi ‘Artis’ Dadakan
Jual Ginjal Buat Beli iPad2
Google Tuding China Bobol GMail
Tengkorak Mona Lisa Ditemukan
Tengkorak Mona Lisa Kemungkinan Telah Ditemukan Di Firenze

 

Tags

 

Baca Juga Artikel Lainnya :

0 Comments

You can be the first one to leave a comment.

Leave a Comment

 

You must be logged in to post a comment.