1 ) MPR Gelar Peringatan Hari Lahir Pancasila
http://www.detiknews.com/ 

Rabu, 01/06/2011 06:07 WIB
Jakarta – MPR menggelar peringatan Hari Lahir Pancasila yang ditandai dengan pidato Presiden RI. Presiden SBY, Megawati, dan BJ Habibie akan berpidato dalam acara ini. “MPR mengundang semua Presiden RI untuk berpidato dalam peringatan Hari Lahir Pancasila hari ini. Pidato pertama dilakukan oleh Presiden Ketiga RI Pak BJ Habibie, dilanjutkan pidato Presiden Kelima RI Ibu Megawati dan pidato Presiden SBY,” kata Wakil Ketua MPR Lukman Hakim Saefuddin kepada detikcom, Rabu (1/6/2011). Presiden dan mantan Presiden yang diundang sudah mengkonfirmasi menghadiri acara ini. Acara peringatan Hari Lahir Pancasila ini digelar di Gedung Nusantara IV, Kompleks DPR/MPR, Senayan, Jakarta.”Semua sudah konfirmasi akan hadir dan bersedia menyampaikan pidato. Semua wakil presiden juga sudah memberikan konfirmasi untuk hadir,” tuturnya.

…dst

2 ) MPR Kembalikan Penanaman Ideologi Pancasila ke Sekolah
http://www.detiknews.com/

Kamis, 26/05/2011 12:52 WIB
Jakarta – MPR menggelar pertemuan dengan lembaga tinggi negara di gedung Mahkamah Konstitusi kemarin. Hasilnya, usul MPR untuk mengembalikan penanaman ideologi Pancasila disetujui. “Sudah disetujui. Sudah mau seluruh lembaga yang mendorong bukan MPR saja. Tapi jangan seperti P4, materinya dari dari MPR,” ujar Ketua MPR Taufiq Kiemas, kepada wartawan di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (26/5/2011). MPR pun akan segera menyiapkan ahli untuk membahas materi yang cocok. Selanjutnya tenaga pendidik akan menyampaikan sisipan Pancasila ke sekolah-sekolah. “MPR akan melakukan hearing dengan ahli pendidikan dan ahli tata negara selama tiga hari. Sekarang ini fokusnya kepancasilaan karena itu yang paling penting,” tutur Taufiq. Politikus senior PDI Perjuangan ini berharap kelak pemuda Indonesia lebih memahami makna Pancasila sehingga tak lagi ada aksi terorisme di tanah air. “Pancasila harus kembali lagi sebagai ideologi. Beda ama yang dulu,” tandasnya.

…dst

3 ) Survei: 80 Persen Responden Ingin Pancasila Masuk Kurikulum
http://www.tempointeraktif.com/

SELASA, 31 MEI 2011 | 19:59 WIB
TEMPO Interaktif, Jakarta – Badan Pusat Statistik (BPS) telah melakukan survei terkait respon masyarakat terhadap dasar negara Pancasila. Survei ini digelar dalam upaya revitalisasi nilai-nilai Pancasila yang mulai dilupakan sebagian masyarakat. Hasilnya, “Kira-kira 80 persen positif melihat Pancasila sebagai sesuatu yang dibutuhkan,” kata Kepala BPS Rusman Heriawan, usai menemui Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Istana Kepresidenan, Selasa 31 Mei 2011. Survei dilakukan selama 3 hari sejak 27 Mei 2011, dengan melibatkan 12 responden yang terdiri dari berbagai golongan di masyarakat. Seperti tentara, anggota dewan, elit politik hingga para petani. Survei dilakukan merata di wilayah Indonesia, dari Aceh hingga Papua.

…dst

4 ) Pancasila di Zaman Edan
http://cetak.kompas.com/read/2011/06/01/04245911/pancasila.di.zaman.edan

01 Juni 2011 Oleh Daoed Joesoef
Zaman edan ditandai dengan pemutarbalikan nilai-nilai Umwertung aller Werten. Maka, alih-alih melu edan (ikut menjadi gila) karena takut ora kumanan (tidak kebagian), kita seharusnya berusaha meluruskan kembali nilai-nilai yang telah dibengkokkan itu. Tulisan ini adalah upaya berbuat demikian melalui pembahasan Pancasila, mengingat ia juga telah dibelokkan ke arah pengasingan. Padahal, menurut perumusnya, Bung Karno, yang adalah salah seorang tokoh pendiri bangsa Indonesia, Pancasila sudah lama merupakan pandangan bangsa kita kendati bangsa kita sangat plural dan karena itu pantas dijadikan dasar filosofi negara yang NKRI.

…dst

5 ) Kekerasan di Negara Pancasila
http://cetak.kompas.com/read/2011/06/01/03494894/kekerasan.di.negara.pancasila

01 Juni 2011 Oleh Franz Magnis-Suseno SJ
Peringatan 66 tahun peristiwa Ir Soekarno untuk kali pertama mencetuskan Pancasila (yang mendapat bentuk akhir dan indah dalam Pembukaan UUD 1945, yang telah membuktikan diri sebagai acuan dasar reorientasi apabila bangsa lagi-lagi tenggelam dalam keributan) dibayangi oleh kekerasan yang semakin merajalela dalam masyarakat kita. Tawuran anak-anak sekolah dan geng-geng narkoba kampung, perlawanan rakyat terhadap penggusuran, pengeroyokan pencuri sebagai sesuatu yang “lazim”, kekerasan etnik dengan nada kepentingan politisi lokal rakus dalam kaitan dengan pilkada, kekerasan—betapa memalukan— atas nama agama. Pasti masih ada yang terlupa di sini. Yang betul-betul menggelisahkan adalah kedalaman rasa benci dan dendam yang kadang-kadang mencuat. Katanya ada khotbah dengan seruan, “Bunuh, bunuh, bunuh!” Astaga! Setan apa yang telah merasuki bangsa kita yang ramah, terbuka, berbaik hati?

…dst

6 ) Syafii Maarif: Pejabat Sudah “Alergi” Pancasila
http://www.antaranews.com/berita/261088/syafii-maarif-pejabat-sudah-alergi-pancasila

Selasa, 31 Mei 2011 23:47 WIB
Surabaya (ANTARA News) – Mantan Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof Syafii Maarif menilai pejabat sekarang sudah “alergi” Pancasila, padahal mereka seharusnya menjadi teladan tentang penghayatan dan pengamalan Pancasila yang benar. “Buktinya, pejabat sekarang jarang bicara Pancasila, karena mereka `alergi`. Itu karena Pancasila memang pernah ada selama 20 tahun, namun Pancasila dijadikan alat pembenar kekuasaan,” katanya di Surabaya, Selasa. Di sela-sela Kongres III Pancasila di Auditorium Garunda Mukti Kantor Manajemen Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, ia menyarankan pejabat sekarang untuk meniru Bung Hatta yang melakukan internalisasi Pancasila. “Artinya, jangan seperti dulu, Pancasila jangan berhenti pada kognitif, apalagi diperalat, sehingga Pancasila disalahgunakan dan akhirnya dijauhi. Pancasila harus ada dalam diri kita, lalu amalkan dan beri contoh, jangan justru memperalat Pancasila,” katanya.

…dst

7 ) Mendiknas Minta Jangan Takut Masuk PTN
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/11/05/31/lm1wmn-mendiknas-minta-jangan-takut-masuk-ptn

Selasa, 31 Mei 2011 15:23 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Mendiknas, Mohammad Nuh, meminta anak-anak muda Indonesia jangan takut untuk masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Sesuai Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 60 tahun 2010 tentang Pendidikan Tinggi, perguruan tinggi telah diminta komitmennya untuk menyediakan kuota 20 persen menampung calon mahasiswa tidak mampu. Sampai saat ini, kata Nuh, PTN tetap memiliki keberpihakan terhadap para mahasiswa dari keluarga yang kurang beruntung. Salah satunya adalah Universitas Indonesia (UI) yang tahun ini menyediakan dana sebesar 16 miliar rupiah untuk para mahasiswa dari golongan tidak mampu. Nuh berharap animo masyarakat untuk masuk ke PTN terus meningkat. “Apalagi jika RUU Sisdiknas disahkan nanti, kegiatan penelitian dan pengembangan masyarakat akan diintegrasikan. Jika bukan PTN yang melakukan hal tersebut, maka siapa lagi,” ujar Nuh saat melakukan inspeksi mendadak (sidak) di SMAN 82 Jakarta, Selasa (31/5).

…dst

8 ) Perguruan Tinggi Negeri Buka Jalur Alternatif
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/402608/

Wednesday, 01 June 2011
JAKARTA – Sejumlah perguruan tinggi negeri membuka jalur penerimaan mahasiswa baru untuk calon mahasiswa yang tidak lolos Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Rektor Universitas Indonesia (UI) Gumilar Rusliwa Somantri menyampaikan, pihaknya membuka Seleksi Masuk UI (SIMAK UI) yang terbuka bagi para peserta SNMPTN yang tidak lolos jalur ujian tertulis ataupun jalur undangan. SIMAK menerima pendaftaran bagi siswa yang berminat masuk program diploma,sarjana (S-1), pascasarjana (S-2), dan doktor (S-3). Gumilar mengungkapkan, kuota SIMAK tidak terlalu besar, antara 35–40% dari total daya tampung. Namun, UI tetap menawarkan alternatif tersebut bagi peserta yang tidak lolos pilihan pertama pada program studi yang diinginkan dan berkeinginan kuat untuk mencoba lagi di SIMAK UI. “Kami tetap andalkan SNMPTN dengan persentase 60% untuk undangan dan tulis,” katanya di Jakarta kemarin. Rektor termuda UI ini menambahkan, dibukanya SIMAK merupakan antisipasi bangku kosong dari siswa yang diterima SNMPTN namun tidak mendaftar ulang. Berdasarkan pengalaman tahun lalu,ada 10% siswa yang tidak registrasi ulang. Gumilar juga akan memastikan peserta yang tidak daftar ulang bukan karena masalah biaya.

…dst

9 ) 20.000 Mahasiswa tak Mampu Dapat Beasiswa
http://www.pikiran-rakyat.com/node/147057

SELASA, 31/05/2011 – 18:25
JAKARTA, (PRLM).- Pemerintah pada tahun ini mengalokasikan anggaran beasiswa untuk pendidikan 20.000 mahasiswa tidak mampu. Masing-masing penerima beasiswa akan mendapat Rp 10 juta setiap tahun hingga lulus. “Disamping itu ada juga program beasiswa unggulan bagi 2.000 mahasiswa berprestasi untuk melanjutkan jenjang pendidikan S1, S2 dan S3. Nilainya mencapai Rp 127 miliar,” kata Menteri Pendidikan Nasional Muhammad Nuh di Jakarta, Selasa (31/5). Hal itu dikatakan Mendiknas seusai menandatangi Nota Kesepahaman (MoU) dengan Dirut Bank Rakyat Indonesia (BRI) Sofyan Basir dalam pemberian beasiswa dan biaya hidup mahasiswa dari berbagai wilayah di kawasan Indonesia Timur. Menurut Nuh, pemerintah juga menerbitkan PP 66/2010 yang mewajibkan perguruan tinggi negeri memberi beasiswa kepada 20 persen dari total mahasiswanya. Upaya-upaya tersebut diharapkan bisa menaikkan Angka Partisipasi Kasar (APK) pendidikan tinggi hingga 30% pada 2014. Dikatakan, program beasiswa penuh yang rencananya akan dilaksanakan setiap tahun merupakan kerja sama Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas) dan Bank BRI dalam upaya mencari sumber daya manusia (SDM) yang handal dari kawasan timur.

…dst

10 ) Kemdiknas-BRI Siapkan Beasiswa Rp 8 Miliar
Khusus Putra Daerah di Wilayah Indonesia Timur
http://www.jpnn.com/read/2011/05/31/93684/Kemdiknas-BRI-Siapkan-Beasiswa-Rp-8-Miliar-

Selasa, 31 Mei 2011 , 17:11:00
JAKARTA- Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas) dan Bank Rakyat Indonesia (BRI) menjalin kerjasama untuk memberikan beasiswa kepada mahasiswa asal daerah terpencil di wilayah Indonesia Timur. Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) M Nuh mengatakan, di dalam kerjasama tersebut disediakan anggaran sebesar Rp 8 miliar. “Bentuk kerjasama yang dimaksud di sini adalah adanya alokasi anggaran dari Kemdiknas kepada para mahasiswa berupa biaya pendidikan dan bantuan biaya non pendidikan berupa biaya hidup, biaya transport, asuransi pendidikan dan bantuan pengadaan laptop dari Bank BRI. Total bantuan beasiswa ini bernilai sekitar Rp8 miliar,” ungkap Nuh ketika ditemui usai penandatangan MoU bersama Bank BRI di Gedung Kemdiknas, Jakarta, Selasa (31/5). Nuh juga menjelaskan calon penerima beasiswa merupakan penduduk asli yang berdomisili di provinsi Papua, Papua Barat, Maluku, Sulawesi Utara dan NTT serta yang sudah lulus ujian Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Nengeri (SNMPTN).

…dst

10 ) UI Siapkan Rp36 Miliar untuk Mahasiswa Kurang Mampu
http://www.jpnn.com/read/2011/05/31/93676/UI-Siapkan-Rp36-Miliar-untuk-Mahasiswa-Kurang-Mampu-#

Selasa, 31 Mei 2011 , 13:51:00
JAKARTA- Rektor Universitas Indonesia (UI) Gumilar Rusliwa Somantri menyampaikan saat ini UI mempersiapkan bantuan berupa beasiswa sebesar Rp36 miliar per tahun. Beasiswa ini di peroleh dari bantuan sejumlah perusahaan dan sebesar Rp16 miliar dan bantuan dari UI sendiri sebesar Rp20 miliar. Seluruh beasiswa diperuntukkan bagi para mahasiswa yang kurang mampu. “Jadi kalau lulus, jangan sampai tidak daftar ulang hanya karena tidak ada biaya. UI menyiapkan beasiswa sebesar Rp36 miliar bagi teman-teman yang kurang mampu,” kata Gumilar Rusliwa Somantri usai melakukan sidak SNMPTN bersama Mendiknas di SMAN 82, Jakarta, Selasa (31/5).Ditambahkan, biaya pendidikan di UI juga sangat transparan dan tidak ada pungutan lain selain yang ditetapkan oleh pihak universitas. “Besaran SPP-nya sama semua. Kami tentunya menerapkan sistem keadilan. Yakni bagi yang tidak mampu dapat membayar SPP mulai dari Rp100 ribu per semester hingga Rp400 ribu per semester. Sedangkan yang mampu, bisa mencapai Rp7 juta per semester,” sebut Gumilar.

…dst

11 ) SNMPTN 2011
Mendiknas: Kuliah itu Tangga Kesuksesan!
http://edukasi.kompas.com/read/2011/05/31/10164580/Mendiknas.Kuliah.itu.Tangga.Kesuksesan

Selasa, 31 Mei 2011 | 10:16 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) Mohammad Nuh melakukan inspeksi mendadak pelaksanaan seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) jalur ujian tertulis 2011 di SMAN 24 dan SMAN 82 Jakarta. Mendiknas memantau persiapan dan pelaksanaan SNMPTN tersebut secara langsung, didampingi Ketua Panitia SNMPTN 2011 Herry Suhardiyanto dan Rektor Universitas Indonesia (UI) Gumilar R Soemantri. Dalam inspeksinya, Nuh mewawancarai beberapa siswa, orangtua siswa, dan tim pengawas. Ia mencurahkan sedikit perhatian dan apresiasi dengan memberikan motivasi kepada beberapa peserta ujian.”Ada beberapa hal yang menarik dari kunjungan ini, yaitu banyak di antara adik-adik kita ini diantar orangtuanya. Itu artinya orangtua memberikan dukungan luar biasa kepada putra-putrinya. Kenapa, karena ini bagian dari anak tangga menuju kesuksesan. Masuk perguruan tinggi itu merupakan anak tangga menuju sukses,” kata Nuh, Selasa (31/5/2011) pagi di SMAN 82, Jakarta.

…dst

12 ) Nuh: Pembocor Soal SNMPTN Kena Sanksi Tegas
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/11/05/31/lm1jy5-nuh-pembocor-soal-snmptn-kena-sanksi-tegas

Selasa, 31 Mei 2011 10:49 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA – Mendiknas, Muhammad Nuh, menegaskan akan memberi sanksi kepada siapapun yang membocorkan soal Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Menurutnya, perilaku tersebut sangat tidak terpuji sehingga layak dihukum. “Kalau pelakunya dosen, maka yang bersangkutan akan dikeluarkan. Begitu juga mahasiswa, tidak ada toleransi lagi,out,” kata Nuh dalam keterangan persnya usai melakukan inspeksi mendadak (sidak) di SMAN 82 Jakarta pada Selasa (31/5). Rektor UI, Gumilar Rusliwa Soemantri, meminta masyarakat terutama warga kelas menengah bawah agar tidak takut memilih Perguruan Tinggi Negeri (PTN). “PTN sampai saat ini tetap memiliki keberpihakan terhadap para mahasiswa dari keluarga yang kurang beruntung,” ujar Gumilar.

…dst

13 ) Gagal SNMPTN, Nuh Anjurkan Daftar di Politeknik
http://www.jpnn.com/read/2011/05/31/93667/Gagal-SNMPTN,-Nuh-Anjurkan-Daftar-di-Politeknik-

Selasa, 31 Mei 2011 , 12:13:00
JAKARTA — Pelaksanaan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) jalur ujian tertulis diselenggarakan serentak mulai hari ini di seluruh Indonesia. Sebanyak 540.928 pendaftar akan memperebutkan 110.149 kursi di 60 perguruan tinggi negeri (PTN). Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) M Nuh yang memastikan pelaksanaan SNMPTN jalur ujian tertulis melakukan indpeksi mendadak (sidak). Ia mengunjungi sejumlah tempat digelarnya pelaksanaan SNMPTN, yakni SMAN 24 Jakarta dan SMAN 82 Jakarta, Selasa (31/5) pagi. Nuh menyampaikan, persiapan SNMPTN berjalan dengan baik. Pengawas, pelaksana, dan siswa yang akan ikut sudah siap. “Insya Allah bisa dilaksanakan dengan baik. Murid-murid ini diantar orang tuanya. Itu artinya, dukungan dari keluarga luar biasa karena ini bagian anak tangga menuju sukses masuk ke perguruan tinggi,” terang Nuh di SMAN 82.

…dst

14 ) SNMPTN 2011
Redam Perjokian, Lulusan “Lama” Dipisah
http://edukasi.kompas.com/read/2011/05/31/1633508/Redam.Perjokian.Lulusan.Lama.Dipisah

Selasa, 31 Mei 2011 | 16:33 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Sebagai upaya mengantisipasi praktik perjokian dalam seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) jalur ujian tertulis 2011, panitia pusat telah menyiapkan berbagai cara. Salah satunya adalah melokalisasi peserta ujian yang berasal dari tahun kelulusan 2011 dengan peserta yang lulus pada tahun sebelumnya, yaitu 2009 dan 2010. Ketua Pelaksana SNMPTN 2011 Herry Suhardiyanto, Minggu (29/5/2011) lalu, mengatakan, para pelaku perjokian tidak akan lolos. Antisipasi panitia yang diterapkan dalam ujian tertulis sangat ketat. “Termasuk memetakan lokasi-lokasi yang rawan praktik joki dan lokasi tersebut harus kami rahasiakan,” ujarnya. Sementara itu, Selasa (31/5/2011) pagi tadi, Herry kembali menegaskan, antisipasi praktik perjokian juga dilakukan dengan memberikan soal berbeda.

…dst

15 ) Unnes Verifikasi Peserta SNMPTN Undangan Lewat Foto
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/11/05/31/lm2ch4-unnes-verifikasi-peserta-snmptn-undangan-lewat-foto

Selasa, 31 Mei 2011 21:05 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG – Universitas Negeri Semarang melakukan verifikasi data calon mahasiswa dari Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) undangan melalui pencocokan foto pendaftar yang datang saat lapor diri. “Lapor diri bagi calon mahasiswa Unnes yang lolos melalui SNMPTN undangan dibagi dalam dua tahap sesuai fakultas pilihan mereka, yakni 31 Mei-1 Juni 2011,” kata Pembantu Rektor I Unnes, Agus Wahyudin, di Semarang, Selasa. Ia mengatakan pihaknya sudah menyiapkan 20 juru foto untuk memotret setiap calon mahasiswa yang lapor diri, nantinya foto terbaru mereka akan dicocokkan dengan foto di berkas yang dikumpulkan, kalau berbeda akan langsung dicoret. “Ini kami lakukan untuk mengantisipasi calon mahasiswa dari SNMPTN undangan yang diwakilkan kehadirannya saat lapor diri. Sebab, lapor diri ini bersifat wajib, tidak datang automatis dinyatakan gugur,” katanya.

…dst

16 ) Peserta Tes SNMPTN di Papua Barat Turun
http://edukasi.kompas.com/read/2011/05/31/15264215/Peserta.Tes.SNMPTN.di.Papua.Barat.Turun

Selasa, 31 Mei 2011 | 15:26 WIB
MANOKWARI, KOMPAS.com – Sebanyak 521 siswa lulusan SMA dan sederajat mengikuti tes seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri di wilayah Papua Barat. Sayangnya, jumlah peserta tahun ini turun sampai 300 peserta. Diakui Pjs Rektor Universitas Negeri Papua (Unipa) Marlyn N Lekitoo, Selasa (31/5/2011) jumlah peserta tes SNMPTN tahun ini lebih sedikit dibandingkan tahun 2010 yang mencapai 800 orang. Diperkirakan siswa lebih memilih ikut tes di perguruan tinggi negeri di luar Papua. “Tidak tahu apa alasannya, tapi jumlah peserta tahun ini lebih sedikit,” ujarnya.

…dst

17 ) Foto Berbeda, Peserta SNMPTN Nangis
http://kampus.okezone.com/read/2011/05/31/373/463105/foto-berbeda-peserta-snmptn-nangis

Selasa, 31 Mei 2011 16:31 wib
SURABAYA- Gara-gara foto yang dipasang di daftar hadir tidak sama dengan miliknya, seorang peserta Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) menangis. Novi Susiati, peserta SNMPTN mendatangi sekretariat SNMPTN di Universitas Airlangga (Unair) Kampus B, Jalan Airlangga, Surabaya. Gadis asal Mojokerto ini menangis di hadapan panitia. Dia takut ujian tulis SNMPTN-nya gagal. Novi mengaku kaget foto yang terpampang di daftar hadir tidak sama dengan kartu tanda peserta. “Saya kaget saat tanda tangan daftar hadir ternyata foto saya tidak sama,” ungkap alumnus SMAN I Mojosari, Mojokerto, ini di hadapan panitia, Selasa (31/5/2011). Novi yang sedang mengikuti tes SNMPTN di Kampus Ubhara Surabaya juga sempat diinterogasi pengawas. Akhirnya, pengawas pun memberikan solusi agar melapor ke sekretariat dan diberi kesempatan untuk merampungkan tesnya pada hari ini.

…dst

18 ) Dapat Nomor Ganda SNMPTN, Laporkan!
http://kampus.okezone.com/read/2011/05/31/373/463135/dapat-nomor-ganda-snmptn-laporkan

Selasa, 31 Mei 2011 17:15 wib
JAKARTA – Para peserta Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tidak perlu merasa panik jika mendapatkan nomor ganda ujian. Para siswa yang mendapatkan nomor ganda ujian SNMPTN diminta perlu melapor pada pihak panitia dan pengawas di lokasi ujian. “Kemudian akan dicetakkan kartu baru yang nomornya sesuai dengan data yang ada,” ujar salah satu panitia lokal (Panlok) Jakarta, Mukhsin, saat berbincang denganokezone, di Jakarta, Selasa (31/5/2011). Seperti diberitakan sebelumnya, siswa peserta SNMPTN dihadapkan pada permasalahan nomor ganda. Persoalan ini tidak hanya terjadi di Jakarta, namun juga di daerah luar Jakarta. Namun jumlah nomor ganda di Jakarta lebih sedikit, tidak seperti di Jawa Tengah, sebanyak 46 kasus.

…dst

19 ) Ditemukan 46 Nomor Peserta Ganda
SNMPTN Hari Pertama
http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2011/06/01/148414/Ditemukan-46-Nomor-Peserta-Ganda

01 Juni 2011
SOLO – Pelaksanaan hari pertama Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Korwil II di Jateng dan DIY diwarnai dengan nomor ganda peserta seleksi. Panitia menemukan 46 nomor ganda. Korwil II meliputi Jateng dan DIY yang terbagi dalam beberapa kota, yaitu Semarang, Purwokerto, Yogyakarta, dan Solo. Tahun ini jumlah peserta SNMPTN di wilayah tersebut mencapai 79.284 peserta. Koordinator Panlok Korwil II, Ravik Karsidi mengatakan, panitia menemukan 46 peserta dengan nomor sama pada ujian hari pertama. Di Purwokerto ditemukan empat orang, Semarang (20), Yogyakarta (14), dan Solo (8). Menurut Ravik, kesalahan itu terjadi karena kekeliruan pembatalan pembayaran oleh pihak bank. Kesalahan terjadi pada saat peserta yang bersangkutan melakukan pembayaran formulir pendaftaran di bank. “Setelah kami cek di sistem identitas SNMPTN, ternyata itu karena kesalahan sistem pada bank. Jadi bukan karena adanya praktik perjokian. Jadi tidak ada masalah mengkhawatirkan,” ujar Ravik kepada wartawan di Solo, Selasa (31/5).

…dst

20 ) Soal Ujian Matematika Dikeluhkan Peserta SNMPTN
http://www.antaranews.com/berita/261079/soal-ujian-matematika-dikeluhkan-peserta-snmptn

Selasa, 31 Mei 2011 23:19 WIB
Makassar (ANTARA News) – Soal ujian tulis mata pelajaran matematika memasuki hari pertama pelaksanaan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri banyak dikeluhkan peserta ujian di Makassar, Selasa. Hal ini seperti dikeluhkan Albertin Samule, (18), Jurusan IPA untuk fakultas kedokteran mengeluhkan, kesulitan menjawab soal ujian matematika yang nyaris tidak terjawab. “Hampir semua soal yang diujikan tidak pernah saya dapat di sekolah. Susah sekali soalnya,” kata Albertin. Alumni asal Sekolah Perawat Kesehatan (SPK) Rantepao, Kabupaten Toraja Utara ini mengaku, dari 70 soal ujian yang diujikan hanya sebagian saja yang mampu terjawab. “Memang ada beberapa soal yang diajarkan di bimbel (bimbingan belajar) yang sempat muncul. Tetapi itu hanya beberapa nomor saja,” keluh dia. Hal sama juga dikeluhkan, Irawati alumni SMA Negeri 16 Makassar yang juga sulit menyelesaikan soal matematika yang diujikan dalam ujian SNMPTN tahun ini.

…dst

21 ) Seluruh PTN Registrasi Jalur Undangan Bareng SNMPTN Tertulis
http://www.mediaindonesia.com/read/2011/05/31/230459/293/14/Seluruh-PTN-Registrasi-Jalur-Undangan-Bareng-SNMPTN-Tertulis-

Selasa, 31 Mei 2011 22:10 WIB
BOGOR–MICOM:Wakil Rektor IPB bidang Akademik dan Kemahasiswaan Yoni Kusmaryono mengatakan seluruh PTN lakukan registrasi mahasiswa baru jalur undangan. Pertimbangannya, agar mereka yang diterima apa pun pilihannya tidak lagi mengikuti SNMPTN ujian tertulis. Registrasi itu bertepatan dengan SNMPTN jalur tertulis yang berlangsung juga serentak hari ini dan besok. Targetnya, agar mahasiswa yang sudah diterima di jalur undangan ini jangan melepaskan apa yang sudah didapatnya. Sekaligus, untuk memberikan kesempatan kepada siswa lainnya. “Boleh saja ikut ujian tulis, namun kalau tidak datang registrasi hari ini dan besok dicoret. Apa pun alasannya,” ujarnya dalam acara pertemuan orang tua mahasiswa IPB di Kampus Darmaga, Bogor, Jawa Barat, Selasa (31/5). Pada hari kedua Rabu (1/6) registrasi mahasiswa jalur undangan ini ada acara studium general dengan menghadirkan Wakil Menteri Pertanian Bayu Krisna Murti.

…dst

22 ) Kemampuan Guru Setengah-Setengah, MIPA Jadi Membosankan
http://www.mediaindonesia.com/read/2011/05/31/230460/293/14/Kemampuan-Guru-Setengah-Setengah-MIPA-Jadi-Membosankan-

Selasa, 31 Mei 2011 22:18 WIB
BOGOR–MICOM: Ketua persatuan Dekan Fakultas Matematika dan IPA seluruh Indonesia Hasyim mengusulkan kepada Mendiknas, agar alumni Matematika dan IPA murni yg menjadi guru di Indonesia ini. “Tinggal belajar satu tahun lagi (pedagogik), mereka menjadi pengganti guru yang belum mengerti ilmu MIPA dgn baik,” ujar Hasyim saat pertemuan dengan orang tua mahasiswa SNMPTN jalur undangan di Kampus Darmaga, Bogor, Jawa Barat, Selasa (31/5). Dia mengatakan negara ini amat mengharapkan ahli-ahli ilmu murni ini, seperti alumni IPB bisa menjadi guru, dosen, dan peneliti. Negara sudah mewajibkan belajar MIPA sejak dari SD hingga SMA, akan tetapi bencinya bukan kepalang kepada mata pelajaran MIPA ini. “Apa pernyebabnya, karena gurunya tidak begitu mengerti dengan MIPA,” ujar Hasyim yang juga Dekan Fakultas MIPA IPB itu.

…dst

23 ) Inilah Jurusan Favorit Empat Kampus Negeri di Bandung
http://www.tempointeraktif.com/hg/pendidikan/2011/05/31/brk,20110531-337800,id.html

SELASA, 31 MEI 2011 | 07:46 WIB
TEMPO Interaktif, Bandung – Setiap kampus negeri di Bandung punya jurusan favorit berbeda. Begitu juga daya saingnya. Namun, dari tahun ke tahun, jurusan favorit itu relatif tidak berubah. Berikut urutan jurusan atau fakultas yang paling diminati calon mahasiswa dari jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) di Bandung, Jawa Barat. Menurut Rektor Institut Teknologi Bandung (ITB), Akhmaloka, ada tiga sekolah dan fakultas yang tahun ini paling banyak dipilih calon mahasiswa baru. Urutan teratas ditempati Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI), lalu Fakultas Teknik Industri di peringkat kedua, dan Fakultas Teknik Perminyakan dan Pertambangan (FTTM) di posisi ketiga. “FTTM tahun ini masuk tiga besar,” katanya saat jumpa pers bersama empat rektor di kantor Sekretariat Panitia Lokal SNMPTN Bandung di ITB, Selasa 31 Mei 2011. Menurut Akhmaloka, daya saing masuk ketiga fakultas itu cukup ketat. Peluangnya 1:10 atau 1:15, atau satu kursi diperebutkan 10-15 peserta.

…dst

24 ) Wacana Usakti jadi Negeri Dinilai Pengalihan Isu
http://www.jpnn.com/read/2011/05/31/93697/Wacana-Usakti-jadi-Negeri-Dinilai-Pengalihan-Isu-

Selasa, 31 Mei 2011 , 20:31:00
JAKARTA — Pakar Hukum Tata Negara, Albert Hasibuan menilai, wacana mengubah Universitas Trisakti (Usakti) menjadi Universitas Negeri dianggap sebagai salah satu upaya menghambat eksekusi atas sembilan personal di rektorat Usakti. Menurutnya, tidak mungkin Usakti berubah menjadi Universitas Negeri. “Bagaimanapun juga tidak bisa dijadikan negeri. Ini harus dibedakan antara universitas swasta dan negeri. Dari sisi anggaran dasarnya saja juga sudah jelas dan pada saat rektorat berupaya membentuk Wali Amanat terbukti tidak bisa dilakukan karena Usakti memang universitas swasta,” terang Albert di Jakarta, Selasa (31/5). Mengenai keberadaan Yayasan yang dituding hadir belakangan setelah munculnya Universitas Trisakti, dia menilai, Yayasan Trisakti tetap sebagai pihak yang sah secara hukum untuk mengelola dan menyelenggarakan pendidikan di Usakti. Hal itu sudah dibuktikan saat persidangan di tingkat pengadilan negeri (PN), Mahkamah Agung (MA), bahkan keputusannya sudah sampai tingkat PK (Peninjauan Kembali). “Hampir semua kelahiran lembaga pendidikan seperti itu. Karenanya jadi lucu kalo Yayasan dipersoalkan keberadaannya. Lha yang menjadikan Thobby Mutis sebagai Rektor Trisakti dulu siapa?,” katanya.

…dst

25 ) Privatisasi Pendidikan Ditolak
http://nasional.kompas.com/read/2011/05/31/20495163/Privatisasi.Pendidikan.Ditolak

Selasa, 31 Mei 2011 | 20:49 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Pemenuhan hak pendidikan rakyat Indonesia, terutama kelompok marjinal, terancam. Kebijakan pendidikan nasional yang dijalankan saat ini semakin mengarah pada privatisasi, yang menuntut keterlibatan masyarakat untuk juga ikut menanggung biaya pendidikan, Penolakan pengalihan tanggung jawab negara kepada masyarakat dan pasar soal penyelenggaraan pendidikan itu digalang Education Network for Justice Indonesia selama 10 hari. Pada acara dialog publik “Mengembalikan Kedaulatan Pendidikan Nasional Indonesia” di Jakarta, Selasa (31/5/2011), Education Network for Justice Indonesia yang diwakili Koordinator Nasional Eny Setyaningish menyerahkan petisi penolakan privatisasi pendidikan bertajuk kembalikan tanggung jawab penyelenggaraan pendidikan kepada pemerintah (Petisi-2015) kepada Wakil Menteri Pendidikan Nasional Fasli Jalal dan anggota Komisi X DPR, Hetifah Sjaifudian.

…dst

26 ) Takut Miskin, 50 Calon Mahasiswa Unpad Batalkan Beasiswa Gratis
http://bandung.detik.com/read/2011/05/31/122519/1650801/486/takut-miskin-50-calon-mahasiswa-unpad-batalkan-beasiswa-gratis?g991103485

Selasa, 31/05/2011 12:25 WIB
Bandung – Sekitar 50 orang calon mahasiswa Unpad yang sebelumnya mengajukan diri untuk mendapatkan beasiswa bidik misi yang diperuntukkan bagi mahasiswa tak mampu, mengurungkan niatnya. Mereka memilih masuk melalui jalur undangan dan membayar uang kuliah. Ternyata mereka takut didoakan miskin. Hal itu diungkapkan Rektor Unpad Ganjar Kurnia dalam jumpa pers di Sekretariat SNMPTN di Kampus ITB Jalan Ganeca, Selasa (31/5/2011). Ganjar mengungkapkan itu saat menjelaskan salah satu cara efektif agar peserta bidik misi tepat sasaran. “Kalau di Unpad, kami pakai cara mendoakan. Kami bilang, kalau ada peserta bidik misi yang pura-pura miskin, kami doakan miskin beneran,” ujar Ganjar. Terbukti, cara tersebut membuat 50 calon mahasiswa Unpad yang sebelumnya mengajukan diri di jalur bidik misi kembali lagi ke jalur undangan. “Setelah didoakan begitu, ada sekitar 50-60 orang yang merasa tidak layak di bidik misi dan pindah lagi ke jalur undangan yang membayar,” kata Ganjar.

…dst

27 ) IPB Gelar Seleksi Jalur Talenta Mandiri
Untuk Menjaring Mahasiswa Pemilik Talenta Leadership dan Wirausaha
http://www.jpnn.com/read/2011/05/31/93689/IPB-Gelar-Seleksi-Jalur-Talenta-Mandiri-

Selasa, 31 Mei 2011 , 19:49:00
JAKARTA — Institut Pertanian Bogor (IPB) tak hanya menggelar Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dalam rangka menjaring calon mahasiswa. Rektor IPB Herry Suhardiyanto menyatakan, pihaknya juga menggelar ujian talenta mandiri sebagai upaya untuk menggali potensi calon mahasiswa yang mempunyai talenta kepemimpinan dan kewirausahaan. Menurut Herry, kuota penerimaan mahasiswa dari jalur talenta mandiri itu mencapai 629 kursi atau 17 persen dari 3.700 daya tampung mahasiswa baru. “Jalur ini bukan jalur untuk menggali dana karena biaya pendidikan yang dibayarkan sama dengan yang diterima melalui jalur SNMPTN,” ujar Herry ketika ditemui usai inspeksi mendadak (sidak) ujian SNMPTN 2011 bersama Mendiknas di SMAN 82, Jakarta, Selasa (31/5). Herry yang juga Ketua Panitia SNMPTN 2011 ini mengungkapkan, ada beberapa kekhasan perguruan tinggi negeri (PTN) untuk membuka jalur non-SNMPTN. Menurutnya, jalur ujian talenta mandiri ini mampu lebih menggali potensi-potensi calon mahasiswa yang memiliki talenta kepemimpinan dan kewirausahaan.

…dst

28 ) Ke IPB, Calon Mahasiswa Minati Teknologi Pangan dan Ilmu Gizi
http://www.tempointeraktif.com/hg/pendidikan/2011/05/31/brk,20110531-337817,id.html

SELASA, 31 MEI 2011 | 09:51 WIB
TEMPO Interaktif, Bogor -Setidaknya ada empat jurusan yang menduduki peringkat tertinggi yang diminati calon mahasiswa di Institut Pertanian Bogor. Empat jurusan itu adalah Teknologi Pangan, Ilmu Gizi, Statistika serta Ekonomi Syariah. “Peminat tertinggi masih di empat jurusan itu” kata Rektor IPB Herry Suhardiyanto di Bogor, Selasa 31 Mei 2011. Hari ini, para setidaknya 22.631 calon mahasiswa IPB berebut kursi dalam Seleksi Nasional Masuk Perguaruan Tinggi Negeri (SNMPTN). IPB sendiri hanya memiliki daya tampung 582 orang mahasiswa. Menurut Ketua Panitia Lokal Bogor, Yonny Kusmaryono, dari jumlah itu, di Sub Panitia Lokal Bogor tercatat berjumlah 7.270 peserta, Bekasi 8.696, Cianjur 1.896, Cirebon 3.740, dan Pangkal Pinang 1.029 orang. “Jumlah total lulusan tahun 2009-2010 ada 20.128, sedangkan tahun 2011 mencapai 20.503 orang,” kata Yonny.

…dst

29 ) BEASISWA DALAM NEGERI
Beasiswa S-1 Bagi Siswa Indonesia Timur
http://edukasi.kompas.com/read/2011/05/31/15074245/Beasiswa.S-1.Bagi.Siswa.Indonesia.Timur

Selasa, 31 Mei 2011 | 15:07 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk menandatangani kesepakatan bersama dan perjanjian kerjasama dengan Kementrian Pendidikan Nasional (Kemdiknas). Kerjasama tersebut berupa pemberian beasiswa kepada mahasiswa dari daerah terpencil di wilayah Indonesia Timur. “Adapun bentuk kerjasama yang dimaksud adalah adanya alokasi anggaran dari Kemdiknas kepada para mahasiswa berupa biaya pendidikan dan bantuan biaya nonpendidikan,” ungkap Sekretaris Perusahaan Muhammad Ali, Selasa (31/5/2011). Bantuan biaya nonpendidikan tersebut meliputi biaya hidup, transportasi, asuransi kesehatan, dan bantuan pengadaan laptop dari BRI. Total bantuan beasiswa yang diberikan senilai Rp 8 miliar. Adapun syaratnya, penerima beasiswa adalah penduduk asli yang berdomisili di Provinsi Papua, Papua Barat, Maluku, Sulawesi Utara, serta Nusa Tenggara Timur (NTT). Penerima beasiswa juga disyaratkan telah lulus SNMPTN.

…dst

30 ) Program KKN UGM Diarahkan ke Kawasan Indonesia Timur
http://www.pikiran-rakyat.com/node/147035

SELASA, 31/05/2011 – 16:23
YOGYAKARTA,(PRLM).- Pelaksanaan kuliah kerja nyata (KKN) Universitas Gadjah Mada (UGM) diarahkan ke kawasan Indonesia Timur, dengan program utama pembinaan usaha mikro kecil menengah (NMKM) dan pengembangan prasarana wilayah. Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UGM Prof Danang Parikesit menyatakan lokasi KKN 2011 antara lain di ke Provinsi Papua, Papua Barat, Halmahera, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tenggara, NTT, NTB, Bali, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, Bangka, Riau. Daerah lokasi yang dekat di antaranya Lampung dan sekitarnya. “Lokasi KKN diusahakan merata di seluruh tanah air,” kata dia saat pembekalan 4.215 mahasiswa dan 174 dosen pembimbing KKN UGM di Yogyakarta, Selasa (31/5). Adapun program KKN ditentukan mencakup pembinaan UMKM dan potensi daerah, pengembangan sarana dan prasarana lingkungan, kesiapsiagaan bencana, pengentasan kemiskinan, pengelolaan lingkungan, pertanian terintegrasi, ketahanan nasional dan pemanfaatan, pengembangan energi alternatif.

…dst

31 ) Dosen dan Mahasiswa Tuntut Ketua STAIN Kediri Mundur
http://www.tempointeraktif.com/hg/pendidikan/2011/05/31/brk,20110531-337827,id.html

SELASA, 31 MEI 2011 | 10:36 WIB
TEMPO Interaktif, Kediri – Puluhan mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Kediri menyegel kantor akademik dan ruang kuliah, Selasa, 31 Mei 2011. Para dosen juga mengajak seluruh mahasiswa memboikot perkuliahan hingga Ketua STAIN, Ahmad Subakir, mundur dari jabatannya. Aksi itu bergulir setelah Ahmad Subakir diduga mengeluarkan ijazah palsu.Penyegelan ruang akademik dilakukan mahasiswa dengan memasang kayu dengan posisi silang di pintu masuk. Ruang Jurusan Tarbiyah menjadi sasaran pertama penyegelan karena memiliki banyak mahasiswa. Petugas keamanan kampus tak bisa berbuat apa-apa dan membiarkan mahasiswa memblokir pintu kantor dengan kayu.Aksi yang dikomando Muhammad Yasin, staf pengajar mata kuliah Media, juga menyegel kantor akademik yang bersebelahan dengan ruang Rektorat. Disusul kemudian dengan ruang Jurusan Syariah dan Ushuludin. “Semuanya keluar, kami mau menutup kampus ini,” teriak para mahasiswa kepada sejumlah staf yang berada di dalam ruangan.

…dst

32 ) WHO: Radiasi Ponsel Sebabkan Kanker Otak
http://www.detiknews.com/read/2011/06/01/021807/1651337/10/who-radiasi-ponsel-sebabkan-kanker-otak?n991103605

Rabu, 01/06/2011 02:18 WIB
Jakarta – Hasil penelitian terbaru mengungkapkan radiasi ponsel dapat menyebabkan kanker otak. Radiasi ponsel dikategorikan sama dengan zat karsinogenik berbahaya seperti timbal, asap knalpot, dan kloroform. Hal tersebut diumumkan oleh organisasi kesehatan dunia, World Health Organization (WHO), seperti dikutip detikcom dari CNN, Rabu (1/6/2011). Penelitian dilakukan oleh tim yang terdiri dari 31 ilmuwan dari 14 negara, termasuk Amerika Serikat. Keputusan dibuat setelah dilakukan peninjauan lebih mendalam tentang keamanan menggunakan ponsel. Tim menemukan cukup bukti untuk mengkategorikan radiasi ponsel sebagai sejenis zat berbahaya bagi manusia. Tim menemukan bukti peningkatan glioma dan peningkatan resiko kanker otak akustik neuroma bagi pengguna ponsel. Namun belum dapat menarik kesimpulan untuk jenis kanker lainnya. Saat ini Badan Lingkungan Eropa telah mendorong untuk studi lebih lanjut. Badan independen ini mengungkap ponsel bisa menimbulkan resiko yang sama besarnya dengan merokok, asbes dan bensin bertimbal. Kepala sebuah lembaga penelitian kanker terkemuka di University of Pittsburgh mengirim memo kepada seluruh karyawan mendesak mereka untuk membatasi penggunaan telepon seluler karena kemungkinan resiko kanker.

…dst

33 ) AS Siap Permudah Visa Pelajar Indonesia
http://kampus.okezone.com/read/2011/05/31/373/463162/as-siap-permudah-visa-pelajar-indonesia

Selasa, 31 Mei 2011 17:57 wib
JAKARTA – Akses pelajar Indonesia ke Amerika Serikat (AS) akan ditingkatkan. AS pun siap mempermudah visa bagi pelajar Indonesia. “Jumlah warga Indonesia yang belajar ke AS masih sedikit dibandingkan total jumlah penduduk Indonesia. Inilah bentuk pendidikan yang kita saksikan,” ungkap Wakil Menteri Pendidikan Nasional Fasli Jalal, dalam seminar yang bertajuk Indonesia–US Bilateral Relations: Post Comprehensive Partnership Agreement, di Kementerian Luar Negeri, Selasa (31/5/2011). Menurut Fasli Jalal, pendidikan adalah hal yang paling krusial dalam segala hal. Upaya-upaya meningkatkan jumlah pelajar negeri ini ke AS masih terus dikerahkan. “Dengan adanya Comprehensive Partnership, akses pelajar Indonesia ke AS akan ditingkatkan. Kedutaan Besar AS juga akan mempermudah visa bagi pelajar Indonesia,” lanjutnya.

…dst

34 ) UU Mata Uang Tanpa Interupsi
http://cetak.kompas.com/read/2011/06/01/05010278/uu.mata.uang.tanpa.interupsi

01 Juni 2011
Jakarta, Kompas – Dewan Perwakilan Rakyat akhirnya mengesahkan Rancangan Undang-Undang Mata Uang untuk selanjutnya diberlakukan sebagai undang-undang. UU Mata Uang ini sendiri mengatur enam hal pokok meliputi koordinasi Bank Indonesia dengan pemerintah, tanda tangan, pencetakan, penggunaan, pemberantasan uang palsu, dan ketentuan pidana. Pengambilan keputusan dan pengesahan UU Mata Uang dalam sidang paripurna ke-29, Selasa (31/5) di gedung DPR, Jakarta, berlangsung cepat, tanpa adanya interupsi dari anggota DPR. Dalam sambutannya, Menteri Keuangan Agus Dermawan Wintarto Martowardojo menyatakan dukungan atas pengesahan UU Mata Uang ini. Peraturan tersebut bisa dijadikan landasan hukum yang lebih kokoh dalam pengelolaan dan pengendalian rupiah. Salah satu substansi penting dalam UU Mata Uang tersebut adalah soal keikutsertaan pemerintah dalam penandatanganan rupiah yang mulai diberlakukan pada 17 Agustus 2014. Adapun untuk perubahan harga rupiah atau redenominasi perlu diatur dalam UU tersendiri. UU Mata Uang ini juga secara tegas menyatakan, semua transaksi yang dilakukan di wilayah Indonesia harus menggunakan mata uang rupiah. Ketentuan ini tidak berlaku dalam transaksi tertentu, seperti transaksi dalam pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), penerimaan atau pemberian hibah dari atau ke luar negeri dan transaksi perdagangan internasional serta simpanan di bank dalam bentuk valuta asing serta transaksi pembiayaan internasional.

…dst

35 ) Indonesia di Peringkat Ketiga Dunia
http://cetak.kompas.com/read/2011/06/01/04520817/indonesia.di.peringkat.ketiga.dunia

01 Juni 2011
Jakarta, Kompas – Pada kuartal I-2011 tingkat keyakinan konsumen Indonesia menduduki peringkat ketiga di dunia setelah India dan Afrika Selatan. Kepercayaan konsumen tersebut salah satunya dampak dari kebijakan pemerintah untuk melanjutkan subsidi bahan bakar. Subsidi tersebut menjadi pelindung konsumen dari tekanan inflasi. Hal tersebut dikemukakan Catherine Eddy, Managing Director Nielsen di Indonesia, Selasa (31/5) di Jakarta. Berdasarkan survei Nielsen, tingkat keyakinan konsumen di Indonesia berada di level 116 sementara India 131 dan Afrika Selatan 118. “Konsumen Indonesia secara konsisten tetap yakin dengan kondisi perekonomian karena pemerintah masih menyubsidi BBM. Mereka tetap yakin karena inflasi bisa terkendali,” ujarnya. Menurut dia, tingkat keyakinan konsumen Indonesia pernah jatuh pada tahun 2009. Waktu itu levelnya hanya 104 poin. “Mulai tahun 2010, keyakinan konsumen terus tumbuh hingga sekarang. Pada kuartal I, negara yang tingkat keyakinan konsumennya rendah adalah Korea Selatan 51 poin dan Taiwan 91 poin,” katanya. Survei Nielsen dilakukan terhadap 28.000 konsumen daring (dalam jaringan/online) di 51 negara, sekitar 500 orang di antaranya dari Indonesia

…dst

36 ) Empat Anggota DPR Diberhentikan
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/402613/

Wednesday, 01 June 2011
JAKARTA – Badan Kehormatan (BK) DPR akhirnya menjatuhkan sanksi kepada empat anggota DPR yang terbukti melakukan pelanggaran etika dan moral. Dari empat orang tersebut, satu di antaranya lebih dulu mengundurkan diri. Empat orang tersebut yakni anggota Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Muhammad Misbakhun, anggota Fraksi Partai Demokrat (PD) As’ad Syam, anggota Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Izzul Islam, dan anggota Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Dhudie Makmun Murod. Putusan Banding Pengadilan Tinggi DKI Jakarta menambah hukuman Misbakhun menjadi dua tahun terkait kasus kepemilikan LC fiktif Bank Century, anggota Fraksi PD As’ad Syam merupakan terpidana empat tahun kasus korupsi proyek pembangunan pembangkit listrik tenaga diesel (PLTD) di Muarojambi. Sementara anggota Fraksi PPP Izzul Islam terlibat dalam kasus pemalsuan ijazah, sedangkan dan anggota Fraksi PDIP Dhudie tersangkut kasus travel cek pemilihan Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia Miranda S Gultom.

…dst

37 ) Krisis Mentimun Makin Meluas
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/402670/

Wednesday, 01 June 2011
BERLIN – Jerman kemarin berusaha menghentikan penyebaran bakteri pembunuh yang terdapat pada mentimun impor yang telah menelan korban jiwa di negara itu. Jumlah korban telah mencapai 15 orang.Diperkirakan,korban tewas bakal terus bertambah. Beberapa negara pun telah melarang impor produk sayur-mayur asal Spanyol yang diduga sebagai tempat muasal bakteri Ekoli pada mentimun. Mentimun yang diyakini diimpor dari Spanyol tersebut tercemar jenis bakteri Ekoli yang memicu hemolytic-uremic syndrome (HUS). Dalam beberapa pekan, krisis mentimun bakal semakin parah; bukan hanya di Jerman, melainkan juga di negara Eropa lainnya. “Kita berharap jumlah kasus semakin menurun.Namun, kita khawatir kalau krisis itu bakal semakin memburuk,”kata Oliver Grieve, juru bicara Universitas Pusat Medis Schleswig- Holstein di Jerman utara, tempat para korban dirawat.

…dst

38 ) Sekilas dalam Negeri
43 Juta Anak Indonesia Terpapar Asap Rokok Setiap Hari
NII
Struktur Kabinet NII! Panji Gumilang Sebagai Pimpinan
Hendro Bantah Al-Zaytun Sarang NII
Teror Bom
Aksi Teror Bom Naik hingga 100%
Kasus Nazaruddin
Elite Demokrat Terus Bujuk Nazaruddin Agar Kembali
Nazaruddin Ancam Lawan-lawannya Lewat Nazaruddin78.blogspot.com
Dari Singapura Nazar Bicara, Apa Katanya?
Soal SMS Fitnah, Indra Piliang Diperiksa Mabes
Tanggapan SBY Soal SMS Fitnah Banyak Mudharatnya
Menkominfo: Penyebar SMS Gelap Langgar UU ITE
Menpora Merasa Bersih dari Dana Talangan
Mahfud
Mahfud Sebut 4 Orang Bantu Andi Nurpati
Mantan Hakim MK Bakal Ungkap Kelakuan Andi Nurpati
Mahfud: Saya Berhenti Bicara Nazaruddin
Kasus anggota DPR
Empat Anggota DPR Diberhentikan
PKS: Misbakhun Lebih Baik Mengundurkan Diri
Dugaan korupsi
Tujuh Politikus Terseret Kasus Pengadaan Alat Kesehatan
PSSI
Kesempatan Terakhir Bagi PSSI
Kali Ini FIFA Serius Ultimatum Sanksi Indonesia
Kongres PSSI Ulangan Bisa Tetap Ricuh
PSM Tetap Dukung George-Arifin di Kongres
Pemilik Suara Mayoritas Tetap Usung GT-AP
Calon Pimpinan KPK
DPR Buka Peluang Busyro Kembali Pimpin KPK
Kasus Nunun
Nunun Dikabarkan Ditangkap KPK
Beginilah Cara KPK Memburu Nunun Nurbaetie
Memburu Nunun dan Nyonya ‘N’ di Negeri Singa, di Negara Gajah
Adang: Hak Saya untuk Tak Memberitahukan Keberadaan Nunun
Kasus Malinda/Tersangka Pembobol Citibank
Radang Payudara, Malinda Dee Diperiksa Dokter Bedah Plastik
Polisi Tanggung Biaya Pengobatan Radang Payudara Malinda
Bencana Gunung Dieng
Gas Beracun Naik 10 Kali Lipat
Tim SAR Belum Dikerahkan ke Dieng
Ekonomi
Subsidi Listrik Rp 58,72 Triliun
Indonesia Negara Paling Optimistis
Menteri ESDM Resmikan Proyek Biodiesel
RUU Fakir Miskin Masih Bahas di DPR
Lain-Lain
NU Ajak Pemerintah Arahkan Ormas Jadi Pancasilais
Habibie, Amien Rais Pembicara Kunci Forum PBB di Kairo
Imparsial Desak Pengurangan Militer di Papua
Boediono Minta Para Raja dan Sultan Tak Berpolitik
TKI Dilarang ke Malaysia Jika Gaji di Bawah Upah Minimum
Indonesia Rawan Pencurian Data
Libya hari ini
Makanan, Obat-obatan Menipis di Kawasan Kekuasaan Gaddafi
Qaddafi Siap Berunding, Baku Tembak Hebat …
Zuma: Moamar Qadafi Menolak Mundur
Khadafy Inginkan Perdamaian
Khadafy Muncul Lagi di Televisi
Mesir hari ini
Revolusi Mesir Menyisakan Masalah Klasik, Pengangguran!
Jepang hari ini
Pensiunan Jepang Bentuk Tim Sukarelawan (utk mengatasi krisis nuklir di PLTN)
Industri Manufaktur Jepang Mulai Pulih
Yaman
Uni Eropa Desak Presiden Yaman Mundur
Internasional Diminta Bantu Hentikan Pembantaian Demonstran di Yaman
Osama Bin Laden
Pakistan Selidiki Serangan Penyergapan Osama bin Laden
Penjahat perang Bosnia
Mladic Tiba di Penjara PBB Scheveningen
Penjahat Perang Ratko Mladic Batal Disidang karena Tak Bisa Bicara
Penjahat Perang Bosnia, Ratko Mladic Ditangkap di Serbia
Jerman
Korban Mentimun Maut di Eropa Bertambah