1 ) Innalillahi wainna ilaihi roojiuun
Mahasiswa UGM Tenggelam di Sungai Elo Magelang
http://www.detiknews.com/ 

Minggu, 22/05/2011 22:05 WIB
Yogyakarta – Fadhlih Akbar (20), mahasiswa Fakultas Peternakan Universitas Gadjah Mada tewas tenggelam di Sungai Elo, Magelang, Jawa Tengah. Korban tewas saat melakukan arum jeram di sungai tersebut. Fadhlih adalah mahasiswa semester empat, kelahiran Jakarta tahun 1992. Dia aktif di Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Mahasiswa Pecinta Alam Universitas Gadjah Mada (Mapagama). Sedangkan alamat rumah korban di Jalan Salemba Bluntas No 140 B, Jakarta Pusat. Rencananya, jenazah akan dibawa ke rumah duka dan dimakamkan di Jakarta. Saat ini jenazah di semayamkan di Gelanggang Mahasiswa UGM di Bulaksumur, Yogyakarta. Jenazah akan dibawa ke Jakarta menggunakan pesawat pada hari Senin (23/5/2011).

…dst

2 ) Penerima Bidik Misi Disurvei
http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2011/05/23/147423/Penerima-Bidik-Misi-Disurvei

23 Mei 2011
SEMARANG – Universitas Negeri Semarang (Unnes) akan menerjunkan 100 personel atau tenaga survei lapangan untuk melakukan verifikasi secara ketat kepada mahasiswa calon penerima beasiswa Bidik Misi. Langkah tersebut dipilih untuk memastikan beasiswa tersebut tepat sasaran. Pembantu Rektor I Bidang Akademik Unnes Agus Wahyudin mengatakan, tahun ini Unnes menerima 450 mahasiswa dari beasiswa Bidik Misi. Kuota tersebut terbagi melalui SNMPTN undangan sebanyak 400 mahasiswa, SNMPTN tulis sebanyak 30 mahasiswa, dan 20 mahasiswa lainnya dari seleksi mandiri Unnes. “Saat ini kami sudah mengantongi nama 400 mahasiswa calon penerima Bidik Misi dari pendaftar SNMPTN undangan yang beberapa waktu lalu sudah dinyatakan lulus. Calon penerima tersebut nantinya akan kami verifikasi dengan melakukan pengecekan atau menyurvei langsung ke alamat mereka,” ungkapnya saat ditemui di ruang kerjanya, belum lama ini. Beasiswa Bidik Misi yang dikucurkan Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas) bagi calon mahasiswa yang kurang mampu namun berprestasi ini harus tepat sasaran. Karena itu, Unnes akan mengerahkan 100 personel dari kalangan mahasiswa untuk melakukan survei dengan mendatangi langsung ke tempat tinggal mahasiswa calon penerima Bidik Misi agar dapat diketahui kondisi riil mereka.

…dst

3 ) Unair Kumandangkan Indonesia Raya di Puncak Elbrus
http://www.antaranews.com/berita/259643/unair-kumandangkan-indonesia-raya-di-puncak-elbrus

Sabtu, 21 Mei 2011 23:20 WIB |
Surabaya (ANTARA News) – Tim Mahasiswa Pecinta Alam (Wanala) Universitas Airlangga Surabaya yang tergabung dalam Airlangga-Semen Gresik Elbrus Expedition (ASGEE) 2011, Sabtu, berhasil mengumandangkan Indonesia Raya di Puncak Gunung Elbrus (5.642 mdpl). “Alhamdulillah, puji syukur, tim Wanala Universitas Airlangga (Unair) akhirnya sampai di puncak tertinggi di Benua Eropa itu dengan mengumandangkan Indonesia Raya dan menancapkan bendera Merah Putih di sana,” kata Kabid Humas dan Publikasi ASGEE 2011, Bagus Setiawan. Bahkan, katanya, ketiga pendaki dari Wanala Unair tersebut melangsungkan upacara Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas), kendati mereka tidak mampu merayakannya sesuai skenario pada 20 Mei atau selisih sehari dari rencana. “Tidak mudah menggapai puncak dengan ketinggian 5.642 meter dari permukaan laut (mdpl) itu, terbukti kawan-kawan pegiat alam bebas dari Unair harus menunggu hingga hari ini (21/5) untuk melakukan pendakian ke puncak gunung itu. Beberapa hari terakhir cuaca di Elbrus memang kurang bersahabat,” katanya.

…dst

4 ) Universitas Indonesia Jaring Mahasiswa Malaysia, Pameran di Kuala Lumpur
http://www.republika.co.id/

Senin, 23 Mei 2011 00:30 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, KUALA LUMPUR–“Mahasiswa dari Malaysia tetap jadi pasar potensial untuk perguruan tinggi di Indonesia,” kata Kepala Sub-Direktorat Kerja Sama Antar-Lembaga Ditjen Dikti Kementerian Pendidikan Nasional Purwanto Subroto saat dijumpai di Indonesia Education Expo 2011 di Putra World Trade Centre (PWTC) Kuala Lumpur, Ahad. Ia mengatakan, melalui kegiatan pameran ini diharapkan semakin besar minat para pelajar Malaysia yang ingin meneruskan jenjang pendidikan perguruan tingginya di Indonesia. “Tahun ini, kami targetkan jumlahnya naik sekitar 10 hingga 20 persen dibanding tahun lalu menjadi sekitar 7.200 mahasiswa,” ungkapnya. Dari sejumlah peserta pameran, beberapa di antaranya telah mendapatkan aplikasi dari pelajar Malaysia yang ingin berkuliah di Indonesia terutama untuk bidang studi kedokteran, farmasi, ilmu agama Islam termasuk untuk fakultas tehnik. “Selama tiga hari pameran, sejumlah pelajar yang ditemani oleh orang tuanya berminat untuk kuliah di Indonesia,” ungkapnya.

…dst
5 ) ITS Buka Jurusan Transportasi Laut
http://www.mediaindonesia.com/

Sabtu, 21 Mei 2011 17:43 WIB
SURABAYA–MICOM: Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya membuka jurusan baru yakni jurusan transportasi laut mulai tahun ajaran baru. “Sebelumnya hanya bidang studi, tapi mulai tahun ini kita buka sebagai jurusan baru melalui SNMPTN 2011,” kata Rektor ITS Prof Triyogi Yuwono di Surabaya, Sabtu (21/5). Di sela-sela kunjungan kerja Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Hadi Poernomo di kampus setempat, ia menjelaskan jurusan baru itu dibuka karena Indonesia sudah waktunya menata transportasi laut. “Mayoritas wilayah kita adalah laut, tapi kita selama ini hanya memikirkan transportasi darat, bahkan transportasi laut pun kita kelola dengan pemikiran darat yakni membangun jembatan,” katanya. Padahal, katanya, masih banyak wilayah Indonesia yang tidak mudah dijangkau dengan pemikiran itu, sehingga banyak wilayah kepulauan yang tertinggal. “Karena itu, kita harus menyadari negara kita adalah negara kepulauan yang terhubung dengan laut, karena itu kita harus memikirkan transportasi laut untuk kemajuan bersama,” katanya.

…dst

6 ) IPB Ingin Menjadi Pusat Unggulan Riset
http://www.republika.co.id/

Sabtu, 21 Mei 2011 16:47 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,BOGOR–Institut Pertanian Bogor ingin menjadi pusat unggulan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni melalui riset-riset berkualitas. Dia menambahkan, komitmen IPB untuk menjadi perguruan tinggi berbasis riset dapat dilihat dari prestasi IPB yang terus meningkat setiap tahunnya. “Sebagai gambaran, capaian karya ilmiah hasil-hasil penelitian IPB baik nasional maupun internasional selama tahun 2008 hingga 2010 berjumlah 5.666 judul,” katanya. Jumlah tersebut meliputi paten sebanyak 211 judul, publikasi ilmiah nasional terakreditasi 254 judul, publikasi ilmiah nasional 1.252 judul, publikasi internasional 372 judul, teknologi tepat guna 236 judul, buku berjumlah 533 judul, model pembelajaran 311 judul, pertemuan ilmiah berjumlah 315 kegiatan dan lain sebagainya.IPB, lanjut dia telah dan terus berkomitmen untuk berkontribusi yang terbaik dalam pengembangan inovasi nasional. Dia juga menambahkan, IPB berkomitmen untuk terus menghadirkan karya inovatif terbaik dari hasil-hasil riset dan pengembangan teknologi.

…dst

7 ) Ilmuwan Indonesia Temukan Cara Atasi Erosi
http://id.berita.yahoo.com/ilmuwan-indonesia-temukan-cara-atasi-erosi-074806762.html

Antara – Jum, 20 Mei 2011
Jakarta, (ANTARA) – Ilmuwan dan peneliti asal Indonesia Dr. Herry Sutjahjo Utomo sedang mengembangkan teknik reboisasi pantai dengan menggunakan pesawat terbang guna memerangi erosi pantai yang sedang terjadi di negara bagian Louisiana, Amerika Serikat (AS). Uji-coba penyebaran bibit unggul `Cordgrass` hasil temuan Dr. Utomo, profesor dan dosen tetap di Louisiana State University, telah dilakukan baru-baru ini di Marsh Island di teluk Vermilion, 150 km barat daya kota New Orleans, Konsul Jenderal (Konjen) RI di Houstan Al Busyra Basnur mengatakan dalam pernyataan pers, Jumat. Dr. Utomo berharap suatu saat nanti teknologi yang dikembangkannya itu dapat pula diterapkan di tanah air untuk membantu penghijauan kembali hutan tropis di berbagai pulau di nusantara.

…dst

8 ) Rektor IPB Pimpin ICMI Orwil Bogor
http://www.antaranews.com/berita/259707/rektor-ipb-pimpin-icmi-orwil-bogor

Minggu, 22 Mei 2011 18:41 WIB
Bogor (ANTARA News) – Rektor IPB Prof Dr Ir Herry Suhardiyanto terpilih sebagai Ketua Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia Organisasi Wilayah Bogor, Jawa Barat, masa bakti 2011-2016. Herry terpilih dalam Musyawarah Wilayah ICMI Orwil Bogor yang digelar di Balai Kota, Sabtu, menggantikan Ketua lama Prof Dr. Ir. H.MH Bintoro, demikian siaran pers Humas Pemerintah Kota Bogor, Minggu. Sebagai ketua ICMI terpilih, Herry mengharapkan ICMI mampu menjadi bagian penting merajut potensi umat Islam. “Umat Islam saat ini ibarat bangunan yang sudah banyak kolomnya, terdiri dari berbagai kelompok organisasi pendidikan umat, dan gerakan-gerakan dakwah. ICMI harus bisa menjadi bagian untuk merajut potensi Umat Islam yang berkelompok ini,” kata Herry Suhardiyanto seperti dikutip Humas Pemkot.

…dst
9 ) Seriusi Masalah Pemuda, UGM Luncurkan YouSure
http://www.jpnn.com

Senin, 23 Mei 2011 , 00:01:00
YOGYAKARTA – Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta meluncurkan Pusat Kajian Kepemudaan atau Youth Studies Centre (YouSure). Keberadaan YouSure yang diresmikan Sabtu (21/5) lalu olrh Menpora Andi Mallarangeng itu nantinya tidak hanya menggeluti masalah kepemudaan, namun juga menyebar ide-ide dan membangun jaringan antarpemuda. Saat meresmikan YouSure di Kampus Fisipol UGM, Sabtu (21/5) lalu, Menpora Andi Mallarangeng mengatakan, sampai saat ini Indonesia tidak memiliki ahli pemuda ataupun kajian mendasar tentang pemuda. “Sehingga tidak ada pemetaan yang jelas terkait permasalahan dan potensi pemuda,” kata Menpora. Menurut menteri yang juga alumnus Fisipol UGM itu, Indonesia juga tidak memiliki literatur komprehensif yang membahas tuntas isu-isu kepemudaan. Karenanya, kata Menpora, jangan heran jika tiba-tiba pemuda dihadapkan pada persoalan terorisme ataupun radikalisme.

…dst

10 ) DPR Sepakati Pancasila Kembali Diajarkan di Sekolah
http://www.republika.co.id/

Minggu, 22 Mei 2011 07:19 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,PAMEKASAN – Komisi VIII dan komisi X DPR RI menyepakati Pancasila kembali diajarkan di berbagai tingkatan pendidikan di Indonesia mulai tahun pelajaran 2011/2012 ini. “Sesuai keputusan komisi VIII dan X, maka pada tahun ajaran ini akan ada pelajaran wajib Pancasila,” kata anggota Komisi VIII DPR RI asal Madura, MH Said Abdullah. Menurut Said, pelajaran Pancasila adalah pelajaran wajib di semua jenjang tingkat pendidikan. Tidak hanya dari tingkat SD, namun tingkat pendidikan paling rendah sekalipun, yakni pendidikan anak usia dini (PAUD) juga harus menerima pelajaran Pancasila. “Termasuk jenjang pendidikan perguruan tinggi,” katanya menambahkan.

…dst

11 ) Unpar Siapkan Rusunawa untuk Mahasiswa Kurang Mampu
http://www.jpnn.com/

Minggu, 22 Mei 2011 , 13:03:00
PALANGKA RAYA– Universitas Palangka Raya (Unpar) tampaknya sanat serius membantu lulusan SMU/MA miskin yang ingin melanjutkan pendidikan ke univeritas. Caranya, perguruan tinggi negeri di Palanka Raya itu menyediakan rumah susun sewa (Rusunawa) bagi mahasiswa di lingkungan kampus. Kepala Bagian Hubungan Masyarakat (Humas) Rektorat Universitas Palangka Raya (Unpar), Bodol menjelaskan, gedung Rusunawa tersebut rencanannya diperuntukan bagi mahasiswa kurang mampu yang mempunyai kemauan bersekolah di perguruan tinggi negeri. “Mahasiswa yang bakal masuk Rusunawa akan kita seleksi, terutama kita akan melihat kemampuan ekonomi keluarganya. Misalnya kurang mampu yang mempunyai kemauan sekolah, dan kedua mahasiswa itu mau kita bimbing,” kata Bodol. Menurutnya, dari bimbingan itu nantinya dapat menghasikan mahasiswa yang benar-benar berkualitas, terlebih lagi dapat meringankan beban orang tua mahasiswa, ketika menempuh pendidikan di perguruan tinggi.

…dst

12 ) Unmul Naikkan SPP untuk Mahasiswa Baru
http://www.jpnn.com/

Sabtu, 21 Mei 2011 , 16:22:00
SAMARINDA- Pembantu Rektor (Purek) II Universitas Mulawarman (Unmul), Masjaya memastikan akan ada kenaikan biaya pendidikan (SPP) di tahun akademik 2011 ini. Kenaikan itu disebabkan karena kebutuhan sarana perkuliahan yang mendesak dan diutamakan pada fakultas-fakultas eksakta. Masjaya menjelaskan kebijakan menaikkan SPP telah sesuai prosedur. Kebijakan ini juga dipengaruhi meningkatnya inflasi. Keputusan ini disebutnya juga merupakan usulan fakultas, dan saat ini telah dibicarakan di Senat Universitas. Di sisi lain menurut Masjaya, Unmul sudah beberapa tahun tidak menaikkan SPP. Sehingga menurutnya menjadi wajar ketika SPP di tahun ini naik. Masjaya juga menjelaskan, kenaikan biaya SPP hanya dibebankan ke mahasiswa baru, yaitu angkatan 2011. Ia juga menolak menyebut kebijakan ini sebagai kenaikan, tapi lebih pantas disebut penyesuaian. Sebagian besar biaya kenaikan SPP akan digunakan untuk kebutuhan laboratoium di fakultas masing-masing. Karena alasan itulah, mengapa fakultas eksak yang lebih banyak menaikan biaya SPP.

…dst

13 ) Yayasan Ngudi Waluyo Bantah Teledor
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/400646/

Monday, 23 May 2011
UNGARAN –Yayasan Ngudi Waluyo membantah pihaknya telah lalai dalam mengelola uang sumbangan pengembangan pembangunan (SPP) mahasiswanya. Penegasan itu disampaikan menyusul mencuatnya kasus penipuan dan penggelapan uang kuliah ratusan mahasiswa. Selama ini yayasan yang menaungi Stikes, Akbid dan Akper tersebut telah melakukan pengawasan terhadap pembayaran kuliah dari mahasiswa. “Kita sudah lakukan pengecekan rekening, baik di Stikes, Akbid maupun Akper. Pengecekan sudah kita lakukan dua bulan sekali,” ungkap Ketua Yayasan Ngudi Waluyo Lila Kusuma Rahayu,kemarin. Sejak kasus penipuan itu terbongkar, pihak yayasan makin memperketat pengawasan keuangan. Jika sebelumnya hanya dua bulan sekali, kini makin dipercepat.” Kini tiap dua minggu sekali kita pantau,”ucap Lila. Menurut dia, karena bukan penyelenggara pendidikan negeri, pengelolaan keuangan ini menjadi kewenangan dari pihak yayasan. Sehingga tidak perlu dilakukan audit.

…dst

14 ) MA: Putusan Hakim Tidak Bisa Digugat
http://www.antaranews.com/berita/1305878163/putusan-hakim-tidak-bisa-digugat

Jumat, 20 Mei 2011 14:56 WIB |
Jakarta (ANTARA News) – Ketua Mahkamah Agung (MA) Harifin A Tumpa menegaskan bahwa keputusan hakim hakim tidak bisa digugat kembali ke pengadilan. “Putusan hakim tidak bisa digugat,” kata Harifin, usai Salat Jumat di Jakarta. Hal ini diungkapkan ketua MA ini menanggapi empat gugatan bantahan empat universitas negeri terhadap putusan Kasasi Mahkamah Agung (MA) yang meminta agar merek susu formula yang berbakteri diumumkan ke publik. “Ya biarin mereka menggugat. Putusan hakim tak bisa digugat, tapi kalau PK (Peninjauan Kembali) ya bolehlah,” katanya. Harifin juga mengatakan bahwa putusan hakim harus dilaksanakan, tetapi belum dilaksanakan eksekusi hingga saat ini karena persoalan di lapangan. Harifin juga mengatakan bahwa gugatan susu formula berbakteri ini karena hasil penelitiannya diumumkan ke masyarakat.”Kalau mengumumkan jangan setengah-tengah, sehingga membuat resah masyarakat,” katanya.

…dst

15 ) Menabung Pintar ala ITS
http://kampus.okezone.com/read/2011/05/21/373/459532/menabung-pintar-ala-its

Minggu, 22 Mei 2011 11:15 wib
JAKARTA- Menabung merupakan salah satu kebiasaan baik yang hendaknya diajarkan sejak dini. Namun pada kenyataannya, kebiasaan ini mulai ditinggalkan. Hal ini lantas menggugah hati sekelompok mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) jurusan Teknik Kimia. Tim yang terdiri dari empat orang ini membuat sebuah Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) untuk menarik perhatian anak-anak agar kembali menabung. Penemuan Jaharani, Juan Firmansyah, Vanda Piranty Viscarini dan Fariz Hidayat ini kemudian diberi nama Celengan Komunikatif (Cel-Tif). Berbentuk layaknya celengan konservatif yang umum dikenal masyarakat, celengan ini memiliki keunikan tersendiri.

…dst

16 ) Mulai Agustus, Pemilik KTP Ganda Didenda Rp25 Juta
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/400638/

Monday, 23 May 2011
YOGYAKARTA – Terhitung Agustus mendatang, pemilik kartu tanda penduduk (KTP) ganda akan didenda Rp25 juta atau kurungan penjara maksimal dua tahun. Sanksi itu diberikan jika elektronik KTP (e- KTP) sudah diberlakukan bagi 2,1 juta dari total 3,7 juta warga DIY. Kepala Biro Tata Pemerintahan Pemprov DIY Hendar Susilowati menerangkan, penerapan e-KTP ini mengacu pada Undang-Undang (UU) No 23 Tahun 2006. Sesuai UU itu, setiap penduduk yang dengan sengaja mendaftarkan diri sebagai kepala keluarga (KK) atau anggota keluarga lebih dari satu KK, atau memiliki KTP lebih dari satu dapat dipidana paling lama dua tahun atau denda Rp25 juta. “Jika e-KTP sudah diterapkan, pemilik KTP ganda akan disanksi sesuai aturan berlaku,” tandasnya kemarin.

…dst

17 ) Sekilas dalam Negeri
Pendidikan Menengah
Lulusan Terbaik Ijazahnya Ditahan Sekolah
SMA Gratis
DPR Perjuangkan SMA Gratis
DPR Usulkan Dana BOS bagi SMA
Formasi CPNS 2011
Formasi CPNS 2011, 10 Persen Jatah Lulusan SMA
Denda KTP Ganda
Mulai Agustus, Pemilik KTP Ganda Didenda Rp25 Juta
Perompak Somalia
Menlu: Pembajak “MT Gemini” Belum Sampaikan Tuntutan
Akhirnya, Presiden Beberkan Operasi Rahasia “Sinar Kudus”
Presiden Apresiasi Satgas
Ekonomi, hukum dan Politik
Ekonomi Didominasi Asing
Empat Ribu Perda di Indonesia Dibatalkan
Tawaran Kerjasama Pertahanan dengan Malaysia Sesuai Kebutuhan
RI Jualan Senapan Pindad ke Laos dan Kamboja
21 Negara di Bali Bahas Dampak IFRS
Amal
Semua Hasil Penjualan Buku Ainun Habibie untuk Penderita Katarak
Koin Sastra untuk HB Jassin Baru Terkumpul Rp200 juta
Kliping Sastra Massal untuk HB Jassin
Kasus Nazaruddin
Mahfud MD Pukul Balik PD
KPK Minta Mahfud MD & Janedjri Beri Informasi Soal Uang
Nazaruddin: Mahfud MD Pembohong Besar!
Mahfud MD: Ruhut Itu seperti Pelawak
Mahfud MD: SBY yang Menyuruh Saya Bicara ke Pers
Alasan Mahfud MD Minta Janedjri Kembalikan Duit Nazaruddin
Kalau Perlu, KPK Panggil Nazaruddin 3 Hari Sekali
Akil Mochtar Mengaku Tidak Kenal Nazaruddin
Kasus Suap Wisma Atlet SEA Games, PPATK Temukan 5 Transaksi Mencurigakan
Dugaan Suap DGS BI
Kubu Agus Condro Sebut Ketua MK Siap Bersaksi di Pengadilan Tipikor
Kisruh PSSI
FIFA Kecam Kongres PSSI
Pemerintah Pikirkan Opsi Lanjutkan Kongres PSSI
George: Serahkan Kepada Komite Normalisasi
Sanksi FIFA Ancam Regenerasi Pemain
Libya Hari Ini
Menlu Rusia akan Bertemu Wakil Oposisi Libya
Pemberontak Libya Bebaskan 4 Kontraktor
Serangan NATO Musnahkan Kapal Perang Libia
Suriah
Kerusuhan Suriah Kembali Memanas, 44 Tewas
Jumat Berdarah Berbuah Jenazah
Penyabot Bersenjata Bakar Harta Negara dan Masyarakat di Suriah
Amerika-Israel
Amerika-Israel Pecah?
Obama Bertitah, Israel Membantah
Sikap Obama Soal Wilayah Palestina, Apakah Tulus?
Obama Khianati Teman AS, Obama Dorong Israel Tergilas Bus
Tokoh Yahudi Amerika Pertimbangan Dukungan Buat Obama
Lain-Lain
Gunung Teraktif Meletus, Langit Eropa Terancam