1 ) Tiga PTN Data Alumni Terkait Teror
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/394681/

Sunday, 24 April 2011
TIGA perguruan tinggi negeri (PTN) ternama di Yogyakarta segera menginventarisasi data alumninya menyusul adanya dugaan salah satu dari 20 tersangka pelaku bom buku dan perencana bom Serpong, Tangerang,Banten alumni dari PTN tersebut. Staf Humas Universitas Gadjah Mada (UGM),Gusti mengaku belum mengetahui apakah alumni yang dimaksud dari universitasnya atau bukan. Pihaknya baruakanmelakukaninventarisasi data alumni, Senin (25/4) besok. “Nanti kita harus mengecek data-data alumni dari tiap fakultas,”katanya kemarin. Inventarisasi alumni ini diperkirakan memerlukan waktu yang lama,karena harus cermat agar tidak sampai terjadi kesalahan seperti pada kasuskasus sebelumnya. “Jangan sampai seperti kasus di Palestina atau mana kemarin yang ternyata tidak sesuai dengan yang diberitakan,”ujar Gusti. Humas Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Suryo Baskoro juga mengaku belum yakin bila salah satu tersangka teroris itu merupakan alumni kampusnya.”Kami belum bisa melakukan inventarisasi karena proses perkuliahan masih libur,” katanya. Hal sama diungkapkan Kabag Humas Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta, RMT Maharani. Dia belum bisa memastikan apakah salah satu teroris yang tertangkap itu alumni UIN atau dari universitas lain di Yogyakarta. muji barnugroho

…dst

2 ) Dewan Pendidikan Jatim : Doktrinisasi NII Cari Untung
http://www.antaranews.com/berita/255502/dewan-pendidikan-jatim–doktrinisasi-nii-cari-untung

Sabtu, 23 April 2011 23:03 WIB | 475 Views
Kediri (ANTARA News) – Ketua Dewan Pendidikan Jawa Timur Prof Zainuddin Maliki menilai praktik perekrutan dengan memberikan pengaruh berdasarkan fanatisme keagamaan atau doktrinisasi ala NII itu hanya mencari keuntungan dengan cara pemerasan. “Khawatirnya itu hanya mencari uang saja. Korban dimintai uang, bahkan ada yang hingga Rp80 juta,” katanya di sela-sela menghadiri acara dua tahun kepemimpinan Wali Kota Kediri Samsul Ashar di Kota Kediri, Sabtu. Ia mengaku prihatin dengan praktik-praktik yang mengatasnamakan agama untuk keuntungan pribadi. Tidak diajarkan dalam agama, menipu orang lain demi kepentingan sendiri. Di kampus yang saat ini dipimpinnya, Universitas Muhammadiyah Surabaya belum ada laporan kehilangan mahasiswa maupun mahasiswi, namun meminta seluruh dosen maupun mahasiswa yang merasa kehilangan, agar melapor ke kampus. Selain itu, berbagai diskusi tentang agama, pemberian pencerahan tentang Islam juga selalu diupayakan untuk diselipkan kepada mereka. Diharapkan, para mahasiswa tidak akan terperdaya dengan praktik-praktik penipuan yang mengatasnamakan agama.

…dst

3 ) Mendiknas: PTN tidak Boleh Tolak Mahasiswa Miskin
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/11/04/23/lk3wmb-mendiknas-ptn-tidak-boleh-tolak-mahasiswa-miskin

Sabtu, 23 April 2011 20:10 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN – Menteri Pendidikan Nasional M Nuh menegaskan, perguruan tinggi negeri tidak boleh menolak calon mahasiswa yang berasal dari keluarga ekonomi lemah atau miskin. “Istilah orang miskin tidak bisa kuliah sudah kita kubur dalam-dalam. Sekarang orang miskin bisa kuliah, apalagi sekarang pemerintah telah menyediakan beasiswa bidik misi bagi calon mahasiswa yang berasal dari keluarga miskin,” kata Mendiknas pada dialog dengan mahasiswa penerima beasiswa Bidik Misi dari Universitas Sumatera Utara (USU) di Medan, Sabtu (23/4). Ia mengatakan, perguruan tinggi harus lebih ramah secara sosial kepada masyarakat miskin. Artinya masyarakat miskin yang ingin kuliah harus mendapat perhatian khusus dari perguruan tinggi. Dengan kata lain, perguruan tinggi tidak boleh tertutup bagi calon mahasiswa miskin. Selain itu perguruan tinggi juga harus rajin turun ke pelosok mencari masyarakat miskin untuk mengajaknya kuliah.

…dst

4 ) Mendiknas: Tidak Ada Kebocoran Soal UN SMA
http://www.antaranews.com/berita/255490/mendiknas-tidak-ada-kebocoran-soal-un-sma

Sabtu, 23 April 2011 21:15 WIB
Medan (ANTARA News) – Menteri Pendidikan Nasional, M Nuh menegaskan tidak terjadi kebocoran soal dalam pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tingkat SMA/MA/SMK yang telah digelar 18-21 April 2011 lalu serentak seluruh Indonesia. “Sebelum dan saat pelaksanaan UN kami memang menerima beberapa laporan tentang adanya kabar-kabar yang mengatakan soal UN bocor, namun setelah kami cek ternyata isu itu tidak benar,” katanya di Medan, Sabtu, saat meninjau kesiapan pelaksanaan UN tingkat SMP sederajat di Medan, Sabtu. Ia mengataan, tahun ini pihaknya sedikitnya menerima 105 laporan keluhan dari masyarakat tentang UN tersebut, baik laporan berisi adanya kebocoran soal maupun laporan sekedar meminta informasi tentang UN lebih lanjut. “Laporan tersebut diterima melalui SMS sebanyak 67 laporan, telepon 16, e-mail 18 dan melalui call center 177 sebanyak 4 laporan. Jika melihat dari jumlahnya, laporan itu menurun dibandingkan tahun sebelumnya yakni melalui SMS 808, telepon 31 dan e-mail 6,” katanya.

…dst

5 ) IAI : Kurikulum Program Studi Akuntansi Perlu Direvisi
http://www.antaranews.com/berita/255483/iai–kurikulum-program-studi-akuntansi-perlu-direvisi

Sabtu, 23 April 2011 19:43 WIB
Yogyakarta (ANTARA News) – Kurikulum program studi akuntansi perlu direvisi dengan memasukkan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik dalam perkuliahan, kata Ketua Ikatan Akuntansi Indonesia Efraim Ferdinand Giri. “Salah satu alasan penting dimasukkannya Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (SAKETAP) dalam perkuliahan adalah pemberlakuan standar itu membuka lapangan kerja bagi lulusan program studi akuntansi,” katanya di Yogyakarta, Sabtu. Menurut dia pada “Pengaruh Diwajibkannya SAKETAP terhadap Pelaporan Keuangan”, saat ini jumlah usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia mencapai 52 juta dibandingkan dengan perusahaan besar yang hanya sekitar 350.000. “Permasalahannya, tidak ada laporan yang jelas dari setiap UMKM, termasuk rendahnya kemampuan teknis pembukuan karena masih menggunakan SAK umum. Padahal, UMKM merupakan salah satu faktor penguat ekonomi di Indonesia,” katanya.

…dst

5 ) Unpad Gelar Seminar Nasional Aljabar
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/394606/

Sunday, 24 April 2011
BANDUNG – Universitas Padjadjaran Bandung akan menggelar seminar nasional aljabar di kampus Fakultas MIPA Jatinangor, Kabupaten Sumedang, pada 30 April 2011. “Seminar nasional aljabar itu dimaksudkan untuk mendesiminasikan hasil penelitian bidang ilmu ini, sekaligus hasil penelitian pengajarannya,”kata Koordinator Humas Unpad Weny Widyowati di Bandung,kemarin. Seminar yang termasuk langka tersebut akan membahas tema “Pengajaran Aljabar serta Penelitian Bidang Aljabar Murni dan Terapannya”. Menurut dia, melalui Seminar Nasional Aljabar 2011 diharapkan terjadi komunikasi yang baik dari peminat aljabar maupun matematikawan yang mengaplikasikan aljabar yang bersifat timbal balik. “Saling berbagi dalam proses penyampaian materi perkuliahan, penelitian, dan terapannya sehingga terjalin kebersamaan yang baik,”katanya.

…dst

6 ) World Book Day 2011
World Book Day 2011 Dibuka
|http://edukasi.kompas.com/read/2011/04/23/13062182/World.Book.Day.2011.Dibuka

Sabtu, 23 April 2011 | 13:06 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Perayaan World Book Day (WBD) Indonesia kembali dibuka di Museum Bank Mandiri, Jakarta Kota, Sabtu (23/4/2011). Festival yang didasarkan pada program kerja Forum Indonesia Membaca (FIM) tersebut pada tahun ini mengambil tema “The Imaginative World: Creativity in Literacy”. “Kami berharap banyaknya inspirasi dan ide kreatif muncul dari perjalanan ke dunia imajinasi melalui membaca dan menulis,” ujar Dessy Sekar Chamdi, Festival Director WBD 2011, saat pembukaan WBD tahun ini, Sabtu di Jakarta Kota. Sekar menyatakan, penyelenggaraan WBD 2011, sebagai sebuah perayaan atas buku, bertujuan membuka partisipasi masyarakat seluas-luasnya pada dunia literasi, baik sebagai narasumber, fasilitator, pengisi acara, maupun pengunjung festival ini.

…dst

7 ) Mahasiswi Yogya Jadi Incaran NII
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/394682/

Sunday, 24 April 2011
SLEMAN– Jaringan Negara Islam Indonesia (NII) mulai menyasar Yogyakarta. Para perekrut telah mengincar sejumlah mahasiswi dari sejumlah perguruan tinggi negeri maupun swasta di kota ini. Indikasi ini dikuatkan dengan penangkapan Fenti dan Reta mahasiswi perguruan tinggi swasta di Yogyakarta yang diduga kuat mencoba merekrut Yeti,mahasiswi semester II perguruan tinggi negeri (PTN) di Yogyakarta. Dari data Polda DIY, jaringan ini setidaknya mengincar empat kampus di Yogyakarta. Sementara di Semarang, Rektor Undip Prof Sudharto P Hadi juga sudah mencium jaringan perekrut sudah masuk di kampus tersebut. Pekrekrutan di Yogya berhasil dibongkar setelah Yeti melihat kejanggalan-kejanggalan yang dilakukan Fenti dan Reta. Yeti yang merasa menjadi sasaran NII lantas melaporkan hal tersebut ke ketua RT di tempat kosnya kawasan Caturtunggal, Depok,Sleman.Jumat (22/4) malam, mereka telah diperiksa dan ditahan di Polres Sleman.

…dst

8 ) Berawal dari Facebook, Tiba-tiba di Yogya
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/394683/

Sunday, 24 April 2011
Rista Yudi Astuti,22, mahasiswi semester 8 jurusan Sastra Inggris Universitas Islam Sultan Agung (Unnisula) Semarang yang pernah dilaporkan hilang akhirnya pulang.Diduga, Rista menjadi korban pencucian otak jaringan NII. Mahasiswi yang diketahui sedang magang di sebuah kantor surat kabar di Kota Semarang sebagai penerjemah ini hilang sejak Kamis (7/4) dan baru kembali pada Sabtu (16/4) lalu.Dia dilaporkan ke polisi Kamis (14/4). Ketika tiba di rumahnya di Jalan Gedongsongo Dalam RT 05/RW 01 No 5 Manyaran, Rista seperti orang linglung.Kondisi ini persis yang dialami Laila Febriani,CPNS Kementerian Perhubungan yang ditemukan di Masjid At-Taawwun,Puncak, Bogor Jawa Barat,9 April lalu. Saat ditemui di rumahnya kemarin,kondisi Rista sudah berangsur membaik,dan sudah mulai bisa mengingat segala sesuatu yang pernah dialaminya selama menghilang.

…dst

9 ) Dua Perancang Bom Serpong Satu Kampus
http://www.tempointeraktif.com/hg/hukum/2011/04/23/brk,20110423-329524,id.html

SABTU, 23 APRIL 2011 | 14:53 WIB
TEMPO Interaktif, Jakarta – Jumat kemarin, polisi telah mengungkap 20 inisial pelaku bom buku dan bom Serpong. Polisi pun mulai mengungkap kaitan satu dengan lainnya. Salah satunya kaitan antara P, yang disebut-sebut Pepi, dengan J. Menurut Kepala Bagian Penerangan Umum Polri, Komisaris Besar Boy Rafli Amar, kedua orang itu berasal dari satu kampus, yaitu Fakultas Tarbiyah Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. “Tapi, mereka beda angkatan,” kata Boy, Sabtu (23/4). Pepi masuk UIN pada 1997 dan lulus 2001. Namun, Boy belum mengetahui J angkatan berapa. Pepi dan J ditangkap di Aceh pada Kamis lalu bersama seorang lainnya. Pepi dan J ini diduga menjadi otak perancang dan penyusun rencana peledakan bom Serpong. Menurut Boy, keduanya sudah kenal lama. Ia menduga kemungkinan rencana peledakan dirancang di sekitar kampus.

…dst

10 ) Jejak Dalang Bom Terendus dari Istri
http://www.jpnn.com/read/2011/04/24/90241/Jejak-Dalang-Bom-Terendus-dari-Istri-

Minggu, 24 April 2011 , 06:30:00
JAKARTA-Kelompok pengebom buku dan perencana serangan ke Gereja Christ Cathedral adalah teroris amatir. Mereka juga tidak pernah terhubung secara langsung dengan jaringan kombatan senior seperti lulusan Afghanistan, Moro, atau Poso. Aksi mereka semata-mata terinspirasi oleh ceramah serta film jihad dan buku dari internet. Otak serangan, Pepi Fernando, adalah alumni Univesitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. Pepi bahkan kaget ketika bom buku ciptaannya mampu meremukkan tangan Kasatreskrim Polresta Jakarta Timur Kompol Dodi Rachmawan.

…dst

11 ) Minta Tebusan Rp 20 Juta
PNS Cantik (Mahasiswi STISIP Rappang) Hilang Diculik 2 Pemuda
http://regional.kompas.com/read/2011/04/20/12161387/PNS.Cantik.Hilang.Diculik.2.Pemuda

Rabu, 20 April 2011 | 12:16 WIB
SIDRAP, KOMPAS.com – Staf Dinas Kehutanan dan Pertambangan Energi (Dishuttambeng) Kabupaten Sidrap, Sulawesi Selatan, Hariyanti (20) menjadi korban penculikan. PNS yang masih tercatat sebagai Mahasiswa STISIP Rappang semester IV tersebut diculik Selasa pagi kemarin sekira pukul 05.40 Wita. Dua rekan korban saksi drama penculikan tersebut, Anita dan Husni mengatakan, mereka sempat melihat sebuah mobil hitam Toyota Avanza ditumpangi dua laki-laki, menghadang motor Suzuki Smash DD 4643 CM yang dikendarai korban. Satu di antaranya yang menarik paksa Haryati naik ke mobil, dan lelaki lainnya langsung menancap gas. Husni, teman korban kepada Kompas.com menuturkan, malam sebelum penculikan dirinya menginap di rumah korban.

…dst

12 ) Wah, Ada 8,32 Juta Orang Menganggur
http://www.antaranews.com/berita/255450/wah-ada-832-juta-orang-menganggur

Sabtu, 23 April 2011 13:01 WIB |
Yogyakarta (ANTARA News) – Jumlah penganggur terbuka di Indonesia hingga kini mencapai 8,32 juta orang atau 7,14 persen dari 116,53 juta orang angkatan kerja, kata Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar.”Kondisi itu secara langsung maupun tidak langsung dipengaruhi jumlah penduduk yang cukup besar, terbatasnya peluang kesempatan kerja di sektor formal, dan potensi sumber daya alam yang belum dimanfaatkan secara optimal,” katanya di Yogyakarta, Sabtu.
Muhaimin mengemukakan hal itu saat upacara wisuda lulusan program doktor, magister, sarjana, dan diploma periode IV Universitas Islam Indonesia (UII). “Besarnya jumlah penganggur dan penduduk miskin tentu menjadi beban bangsa yang harus dicarikan solusinya, dengan berbagai terobosan dan tindakan nyata dalam rangka menciptakan peluang kesempatan kerja untuk menghasilkan ekonomi nilai tambah masyarakat,” katanya.

…dst

13 ) Sekilas dalam Negeri
Bantahan
Adik Nasruddin Tak Diculik
Istana Bantah Rumor SBY Stroke
Demo hakim
Tindakan Mahkamah Agung Terhadap Hakim Andy Dinilai Arogan
Teror Bom
JK: Pemerintah Harus Menyadarkan Tokoh NII
Dua Perancang Bom Serpong Satu Kampus
Jejak Dalang Bom Terendus dari Istri
Terduga Pelaku Bom Buku Mayoritas Sarjana
Pepi Mulai Buka Suara
Mantan Produser Otista: Pepi Orang yang Kalem dan Tidak Neko-neko
Global TV Pastikan IF Tak Meliput Terorisme
Karyawan Terlibat Kasus Bom, Global TV Terpukul
Kisah Sahabat Tentang Imam Firdaus
Imam Tak Punya Catatan Kriminal di Kepolisian
Rencana Penyiaran Ledakan Bom Untuk Tarik Dukungan Internasional
CAFTA
Indonesia Dinilai Salah Strategi Hadapi CAFTA
Bahas CAFTA, Cina Undang Indonesia
ACFTA, Perdagangan Indonesia Terus Defisit
Lain-Lain
Mengapa Briptu Norman Ambruk?
Jepang hari ini
Radius Pengusian Diperluas Menjadi 30 Km
Rekontruksi, Jepang Siapkan Tambahan USD50 Miliar
Jepang Setujui Anggaran Rekonstruksi Pasca Bencana Rp 436 Triliun
Libya hari ini
10 Tewas Dalam Bentrokan Sengit di Misrata, Libya
Menlu Libya Obeidi Telah Melintasi Perbatasan Tunisia
Beberapa Orang Tewas Dalam Serangan NATO di Libya
AS Lakukan Serangan Pesawat Pengintai Pertamanya di Libya
NATO Serang Tripoli Saat Libya Berikrar Mundur
Libya Bebaskan Satu Kapal Italia

Tags

 

Baca Juga Artikel Lainnya :

0 Comments

You can be the first one to leave a comment.

Leave a Comment

 

You must be logged in to post a comment.