Subject: Bls: [DG] Penyetaraan Ijazah Luar Negeri : Apakah UNISEL Diakui Dikti ?
To: DiktiGroup@yahoogroups.com
From: ly…@yahoo.com
Date: Wed, 6 Apr 2011 21:09:44 +0800

Yth Bapak/ Ibu
Begini saya akan melanjutkan pendidikan PhD saya pada programm Phd In Manajemen di Universiti Industri Selangor pada akir mei ini. yang ingin saya tanyakan apakah program ini sudah diakui Dikti, mohon bantuan nya
terimakasih


From: fitrith@…
Subject: Penyetaraan Ijazah LN (UNSEL)
Date: Wed, 6 Apr 2011 21:37:54 +0700

Dear Bu Ly,
Kurang tepat pakai istilah DIAKUI lebih tepat sudah disetarakan Dikti. Karena bisa aja ada PT LN yang sangat bagus namun tak ada lulusan yang pernah datang ke gedung Dikti untuk setarakan ijazahnya, apakah kita mengatakan tidak diakui Dikti? kan bisa aja lulusannya buka usaha sendiri atau kerja di swasta jadi sama sekali tak perlu berurusan dengan Dikti.

Penyetaraan ijazah luar negeri adalah proses penilaian kesetaraan gelar hasil pendidikan luar negeri dengan gelar akademik atau sebutan profesional di Indonesia. Hasil penyetaraan berupa penerbitan SK penetapan hasil kesetaraan yang memberi jawaban gelar luar negeri tersebut dapat disetarakan dengan D3/D4/S1/S2/S3/SP-1 di Indonesia. SK penyetaraan ini ditanda tangani Direktur akademik Ditjen Dikti. Penyetaraan ijazah ini bukan dimaksudkan untuk menentukan diakui tidaknya ijazah dan gelar yang diperoleh seseorang dalam menempuh pendidikannya di luar negeri, akan tetapi lebih kepada menentukan gelar yang diperoleh tersebut setara dengan ijazah jenjang pendidikan yang berlaku di Indonesia.

Yang di bawah ini adalah daftar prodi yang lulusannya sudah pernah datang ke Dikti untuk penyetaraan, kemudian hasilnya dihimpun Dikti dalam satu daftar. Daftar ini terbit tgl 30 Juni 2009 dan seterusnya tak pernah update. Jadi seandainya ada prodi yang namanya tak ada di sini tak berarti tak diakui, hanya tak update atau belum ada lulusannya yang datang ke Dikti. Cuma biasanya yang sudah ada di dalam tabel ini, proses penyetaraan bisa jadi sangat cepat, tanpa melalui tim penilai pun bisa terbit sk penyetaraan. Sebenarnya dulu dibuat daftar ini tujuannya memudahkan lulusan yang gelar dan prodinya sudah terdapat di daftar kesetaraan ini, tak perlu lagi susah-susah datang ke Dikti hanya untuk penyetaraan ijazah, apalagi yang lokasinya jauh sangat repot harus dua kali datang (mengantar berkas dan mengambil sk). Namun ternyata para pengguna lulusan terutama panitia penerima CPNS tetap minta sk penyetaraan sebagai salah satu persyaratan lamaran, begitu juga oleh sebagian tim penilai angka kredit, dan studi lanjut dalam negeri, sehingga jadinya tetap harus datang ke Dikti cuman proses bisa lebih cepat dari prodi yang namanya belum ada di daftar ini. Karena yang belum ada namanya, harus diproses dan dinilai tim penilai sehingga lebih menyita waktu (itupun tak lama kali paling 3 minggu).

- Ini daftarnya, coba check apakah Universitas Industri Selangor (UNSEL) sudah ada lulusan yang datang menyetarakan ijazah belum.

Daftar Kesetaraan ini berisi nama negara, nama perguruan tinggi, nama program studi, gelar yang diperoleh, dan hasil penyetaraan yang telah dilakukan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.
1) Di klik akan tampil nama sejumlah negara
2) Klik Malaysia (baris ke 3 paling bawah) akan muncul nama PT, nama Prodi, gelar yang diperoleh dan hasil penyetaraan Dikti, update sampai tgl 30 Juni 2009
>>>
- Bisa juga lihat dari rekapitulasi lulusan luar negeri:
Masukkan Malaysia ke kotak yang disediakan lalu klik cari, akan keluar nama PT dan Prodi di Malaysia yang sudah pernah setarakan ijazah ke Dikti. Data di sini update sampai 31 Maret 2010. Biasanya tak semua prodi di suatu PT LN semua pernah disetarakan ke Dikti, bisa aja PT LN memiliki 30 prodi namun hanya ada 3 prodi yang lulusannya terdapat orang Indonesia dan ada setarakan ijazah ke Dikti.
>>>
Cuma kalo biaya sendiri lebih bagus pilih yang sudah ada di daftar (jelas hasil penyetaraan sehingga hemat waktu) atau pilih yang world rank or country ranknya jelas sehingga walaupun namanya tak ada di daftar tidak mendatangkan masalah. Lain kalo tugas belajar, tak perlu ragu lagi karena PT luar negeri ybs sudah terseleksi Dikti.
>>>
UNISEL kebetulan tak ada di dalam daftar kesetaraan Dikti, kita coba lihat ranknya dalam Malaysia.

Universiti Industri Selangor, commenced in 1999 is the first and currently the only State-owned private university in Malaysia. The University is enrolled with more than 12000 local and international students. The University operates out of two campuses – Shah Alam Campus and Bestari Jaya Campus. UNISEL Shah Alam campus houses the Faculty of Biotechnology & Life Sciences, Faculty of Biomedical and Health Sciences, Faculty of Industrial Art and Design Technologies and UNISEL Graduate School of Management (UGSM). Programmes are offered at diploma, foundation, undergraduate and postgraduate levels.

Ini Ranknya di Malaysia
http://www.4icu.org/my/
http://www.4icu.org/reviews/3220.htm
Tak masalah nampaknya, dari 32 top university di Malaysia, Universitas Industri Selangor (UNISEL) berada di rank 25. websitenya pun cukup bagus, begitu juga prodi managementnya juga lumayan terkenal. Website yang bagus dan lengkap bakal memudahkan kerja tim penilai penyetaraan.

Terakhir saya ucapkan :
Selamat melanjutkan studi, semoga berhasil baik dalam studi, karir maupun kehidupan rumah tangga, amin.
Wassalam, Fitri

Tags

 

Baca Juga Artikel Lainnya :

0 Comments

You can be the first one to leave a comment.

Leave a Comment

 

You must be logged in to post a comment.