1 ) Tiga Mahasiswa ITS Tewas Kecelakaan
http://www.antaranews.com/berita/252776/tiga-mahasiswa-its-tewas-kecelakaan

Senin, 4 April 2011 22:36 WIB
Surabaya (ANTARA News) – Tiga mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, dilaporkan tewas dan seorang lainnya mengalami luka-luka setelah mengalami kecelakaan di Jalan Wijaya Kusuma Surabaya, Senin. Informasi yang diperoleh wartawan menyebutkan ketiga korban tewas masing-masing Ahmad Fatik (21) asal Jawa Barat, Anggada Ramdani (21) dan Rizki Bachtiar (22) yang keduanya asal Jakarta dan ketiganya merupakan mahasiswa Jurusan Teknik Sipil angkatan 2008. Seorang mahasiswa ITS lainnya bernama Rendy Prasetyo (22) mengalami luka cukup serius dan saat menjalani perawatan intensif di RSUD Dr Soetomo Surabaya. “Peristiwa kecelakaan terjadi Senin sekitar pukul 03.30 WIB. Dua korban Anggada dan Rizki langsung tewas di lokasi kejadian, sedangkan Fatik yang juga sebagai pengemudi meninggal di RSUD Dr Soetomo,” kata Kanit Laka Lantas Polrestabes Surabaya AKP Arif Eko Prasetyo. Ia menjelaskan keempat mahasiswa itu mengendarai mobil pick up warna putih nomor polisi L 8069 BK dan diketahui baru pulang dari menghadiri acara “Civil Expo HMS ITS 2011” di Grand City Surabaya.

…dst

2 ) KERJASAMA PENDIDIKAN
Mendiknas: Ada Ribuan Beasiswa ke AS!
http://edukasi.kompas.com/read/2011/04/04/17092280/Mendiknas.Ada.Ribuan.Beasiswa.ke.AS

Senin, 4 April 2011 | 17:09 WIIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Pendidikan Nasional Mohammad Nuh mengatakan, untuk mencapai target 15.000 pelajar Indonesia di Amerika Serikat pada 2015, saat ini tersedia ribuan beasiswa bagi pelajar Indonesia yang ingin melanjutkan studinya ke perguruan tinggi di negara tersebut. “Peluang untuk pelajar mendapatkan beasiswa itu sangat besar, sampai ribuan,” ucap Nuh saat menghadiri Access America Higher Education Forum, Senin (4/4/2011) di Jakarta. Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) menambahkan, Kementerian Pendidikan Nasional mendukung setiap upaya yang dilakukan pihak swasta untuk memberikan bantuan pendidikan ke luar negeri, termasuk yang dilakukan Access Education Beyond. Access Education Beyond adalah sebuah program bantuan independen di bawah naungan Putera Sampoerna Foundation (PSF), bekerja sama dengan Departemen Perdagangan AS. “Mengapa saya ingin join dengan ini? karena Kemdiknas memberikan perhatian yang sangat khusus, baik dari masyarakat secara umum maupun dosen,” ungkap Nuh.

…dst

3 ) Indonesia-AS Genjot Pertukaran Mahasiswa
http://www.jpnn.com/read/2011/04/04/88662/Indonesia-AS-Genjot-Pertukaran-Mahasiswa-

Senin, 04 April 2011 , 19:09:00
JAKARTA — Indonesia dan Amerika Serikat sepakat untuk menggenjot kerjasama bidang pendidikan. Kedua negara setuju untuk meningkatkan jumlah mahasiswa atau pelajar asing di masing-masing negara pada tahun 2015 mendatang. “Dari sekitar 7 ribu mahasiswa Indonesia di tahun ajaran 2009/2010 yang belajar di menuntut ilmu di Amerika Serikat ditargetkan menjadi 15 ribu dalam kurun waktu empat tahun,” ungkap Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Scot A. Marciel di sela acara ACCESS America Higher Education Forum di Jakarta, Senin (4/4). Dalam acara yang mengusung tema “Advancing US–Indonesia Higher Education Exchanges dan Partnerships” tersebut, Marciel mengatakan, Pemerintah AS memberi kesempatan bagi pelajar Indonesia untuk mendapatkan pendidikan bertaraf internasional. Saat ini, lanjut Scot, hanya 18 persen pelajar dengan tingkat pendidikan setara sekolah menengah atas di Indonesia yang dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi. “Cukup rendah apabila dibandingkan dengan beberapa negara di Asia lainnya, yakni Filipina sekitar 28 persen dan Malaysia mencapai 33 persen,” tukas Scot.

…dst

4 ) Alumni ITB Didorong Jadi PNS
http://kampus.okezone.com/read/2011/04/04/373/442137/alumni-itb-didorong-jadi-pns

Senin, 04 April 2011 13:25 wib
BANDUNG- Rektor Institut Teknologi Bandung (ITB) Akhmaloka mengakui sulit menemukan alumni ITB yang kerja di pemerintahan atau pegawai negeri sipil (PNS). Maka saat ini ITB tengah mendorong supaya alumninya mau bekerja sebagai PNS atau di sektor pemerintahan. “Saat ini ITB seluruhnya sulit cari alumni yang mau jadi pegawai negeri,” kata Akhmaloka kepada okezone baru-baru ini. Dia menyebutkan, 70 persen alumni ITB bekerja di sektor swasta, atau di luar instansi pemerintah. Sedang 30 persen sisanya menjadi wiraswasta atau melanjutkan kuliah. “Dan sedikit sekali yang kerja di pemerintahan,” imbuhnya. Penyebabnya, sebut Akhmaloka banyak mahasiswa yang diberi beasiswa oleh perusahaan asing dan swasta kemudian dikontrak kerja setelah lulus. Ini terjadi hampir di semua fakultas di ITB, terutama di Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan (FTTM), Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI), dan Fakultas Teknologi Industri (FTI). “Memang banyak sekali perusahaan yang meminati mereka sebelum lulus. Makanya kita sedang menggalakkan supaya alumni ada juga yang menjadi pegawai negeri,” ujarnya.

…dst

5 ) Mendiknas Resmikan Graha Widyatama UNSOED
http://www.dikti.go.id/index.php?option=com_content&view=article&id=2037:layanan-informasi&catid=143:berita-harianWritten by Layanan Informasi

Monday, 04 April 2011 14:01
Purwokerto, 1 April 2011–Menteri Pendidikan Nasional Muhammad Nuh meresmikan Gedung Auditorium Graha Widyatama UNSOED. Acara peresmian ini dihadiri Rektor UNSOED Edi Yuwono, Staff khusus Mendiknas Sukemi, Sesditjen Dikti, para Direktur di lingkungan Kementerian Pendidikan Nasional, para rektor dan pimpinan perguruan tinggi se-Jawa Tengah, Bupati serta anggota Muspida Banyumas. Rektor UNSOED mengucapkan terima kasih kepada Mendiknas dan pihak-pihak yang telah berjasa dalam pembangunan gedung auditorium. Gedung ini diharapkan menjadi ruang utama dinamika proses ritual akademik yang melahirkan insan-insan berilmu utama (widyatama), oleh karena itu auditorium ini dinamakan GRAHA WIDYATAMA Universitas Jenderal Soedirman…cut… Usai meresmikan Graha Widyatama, Nuh melanjutkan agenda kunjungannya dengan mengadakan dialog interaktif dengan 320 mahasiswa penerima beasiswa Bidik Misi tahun 2010 di UNSOED. Mahasiswa tersebut tersebar di berbagai fakultas, seperti Kedokteran, Ekonomi, Pertanian dan yang lainnya. Rata-rata Indek Prestasi (IP) dari 320 orang mahasiswa tersebut adalah 2,9. Hal ini menunjukkan bahwa mereka adalah mahasiswa yang memiliki potensi. Dalam kesempatan ini Nuh menegaskan agar kampus tidak boleh melakukandrop out terhadap mahasiswa hanya karena urusan finansial, drop out hanya di izinkan dengan alasan akademik.

…dst

6 ) Perlu, Kemitraan Erat Kampus-Industri
http://edukasi.kompas.com/read/2011/04/04/20303250/Perlu.Kemitraan.Erat.Kampus-Industri.

Senin, 4 April 2011 | 20:30 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Peluang magang bagi mahasiswa sesuai latar belakang pendidikannya perlu diperbanyak untuk memperkecil jarak antara kualitas perguruan tinggi dengan kebutuhan tenaga kerja. Kampus perlu mengembangkan magang yang terintegrasi dengan kurikulum yang didukung dunia industri.Demikian disampaikan Ketua Sekolah Tinggi Teknik (STT) PLN Supriadi Legino di Jakarta, Senin (4/4/2011), usai penandatangan nota kesepahaman dengan 18 mitra yang berasal dari lingkungan PLN. Mahasiswa STT PLN selama satu semester akan magang di perusahaan-perusahaan yang siap membantu mahasiswa belajar secara langsung di dunia kerja.

…dst

7 ) Tidak Ada Korban Runtuhnya Asrama Kebidanan Medan
http://www.antaranews.com/berita/252737/tidak-ada-korban-runtuhnya-asrama-kebidanan-medan

Senin, 4 April 2011 17:20 WIB
Medan (ANTARA News) – Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa runtuhnya asrama puteri Akademi Kebidanan Senior di Jalan Bahagia Gang Pelita Padang Bulan Kota Medan, Minggu malam sekitar pukul 21.00 WIB, namun polisi masih melakukan evakuasi dan pencarian kemungkinan ditemukan korban. Kapolsek Medan Baru Kompol Doni A mengatakan, hingga Senin sore belum diketemukan adanya korban jiwa dalam insiden tersebut, sementara keluarga mahasiswi juga belum ada yang melaporkan kehilangan keluarganya kepada pihak kepolisian. Penyebab bangunan runtuh belum diketahui dan pihak kepolisian bersama aparat terkait sedang melakukan penyelidikan dilokasi kejadian. Pihak kepolisian masih terus melakukan pencarian dan evakuasi terhadap kemungkinan adanya korban dalam insiden tersebut. Namun petugas yang melakukan evakuasi dibatasi karena keadaan bangunan yang masih riskan.

…dst

8 ) Sultan Harapkan Pengobatan Tradisional Kanker Mendunia
http://www.antaranews.com/berita/252711/sultan-harapkan-pengobatan-tradisional-kanker-mendunia

Senin, 4 April 2011 15:10 WIB
Yogyakarta (ANTARA News) – Pengobatan kanker secara tradisional terutama yang menggunakan obat-obatan herbal cukup prospektif dan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X mengharapkan pola pengobatan seperti itu bisa mendunia. “Para ahli pengobatan tradisional diharapkan bisa menularkan ilmu bagaimana menangani kanker dengan teknologi dan ilmu yang baru, termasuk bagaimana bisa membantu penelitian tentang herbal. Siapa tahu obat tradisional bisa mengglobal,” katanya usai menerima kunjungan ahli kanker dan gastronomi dari China di Yogyakarta, Senin. Sultan juga berharap masyarakat tidak hanya berorientasi pada gaya pengobatan barat. “Saat ini justru banyak orang luar yang menghindari pengobatan modern dan beralih ke herbal. Konsolidasi potensi antarnegara mengenai hal itu diharapkan bisa memberikan transfer ilmu,” katanya. Ia mengatakan, masyarakat maupun ahli kedokteran di Indonesia juga diharapkan bisa melakukan transfer ilmu dan teknologi dari negara lain. Jadi, tidak hanya orang asing yang mengetahui potensi temulawak atau jahe, misalnya, sedangkan kita tidak tahu.

…dst

9 ) Harapan Sang Pengayuh Becak pun Kembali Bersinar
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/391044/

Tuesday, 05 April 2011
Beban berat harus dipikul Kuswanto,54,warga Jalan Kebon Kapol,Kelurahan Bancar Kembar,Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Di tengah usianya yang sudah tidak lagi muda,bapak pengayuh becak ini harus menanggung biaya pendidikan putri tercintanya, Tita Diah Lestari,19,yang saat ini sedang menempuh pendidikan di Fakultas Pertanian, Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed). Penghasilannya sebagai pengayuh becak sudah pasti tidak akan cukup untuk menutup kebutuhan biaya pendidikan putrinya.Jangankan untuk biaya kuliah,untuk makan sehari- hari Kuswanto beserta istri dan empat orang anaknya saja sudah kekurangan. Dalam sehari,Kuswanto hanya mampu mengumpulkan Rp10.000. Itu pun jika banyak orang yang menggunakan jasa becaknya. “Jangankan untuk membiayai kuliah anak saya,untuk mencukupi makannya saja sangat terasa berat.Bahkan,saya sering tidak mendapatkan uang setelah bekerja seharian sebagai tukang becak,”ungkap Kuswanto.

Dengan kondisi ini,Kuswanto mengaku sempat pupus harapan atas masa depan Tita Diah Lestari.Putri sulungnya yang kini duduk di semester II itu sebenarnya diharapkan mampu mengangkat derajat keluarga.Paling tidak,sebagai kebanggaan keluarga.Namun, dengan kondisi ini,agaknya hanya sebuah mimpi dan angan-angan belaka.Kuswanto pun tidak berani memastikan sampai kapan putrinya itu bisa bertahan kuliah. Tita Diah Lestari sebenarnya tergolong mahasiswa cerdas dan pintar.Itu dapat dilihat dari indeks prestasi (IP) Titi yang menembus angka 3. Dengan kepandaian ini,tidak ayal jika Kuswanto menaruh harapan besar pada Tita. Namun,mimpi bukan sekadar mimpi.Mimpi itu pun mungkin akan terwujud bagi Kuswanto dan Tita.

Harapan Kuswanto untuk melihat sang putri memiliki masa depan lebih baik pun kembali bersinar, saat Tita berhasil mendapatkan beasiswa Bidik Misi dari Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas). Dengan beasiswa Bidik Misi ini,Tita pun mendapatkan tanggungan biaya pendidikan dari pemerintah sebesar Rp6 juta per semester.Dengan uang itu,seluruh kebutuhan pendidikan Tita dapat terpenuhi. Kuswanto dan istrinya, Titi Yulianti,42,kini pun bisa tersenyum lebar.Tanpa harus memikirkan biaya kuliah putrinya lagi,harapan Kuswanto pun kembali bersinar. “Bidik Misi ini benar-benar membantu saya dan keluarga.

…dst

10 ) Sekilas Dalam Negeri
Anak SMP Dibui
Dapat Voucer Rp 10.000, Disangka Maling
Karena Voucher Rp 10.000, Anak SMP Dibui
Haruskah Deli Diadili, Bahkan Dipenjara? (usianya baru 14 tahun)
Tahun Ini UU Sistem Peradilan Pidana Anak Ditargetkan Rampung
Kadang Ayam dan Gedung Baru DPR
Satu Keluarga Tinggal di Kandang Ayam
Disomasi Soal Pembangunan Gedung Baru DPR, Marzuki Alie Cuek
Pembangunan Gedung DPR Digugat
Kebakaran Tangki Pertamina
Kobaran Api Masih Terlihat di Tangki Ketiga
Jelang Tengah Malam, Api Terus Membara di Tangki Pertamina Cilacap
Kebakaran Kilang karena Percikan Listrik
Semua Kebutuhan BBM-Elpiji Dijamin Pertamina
Pembobolan Bank
Bareskrim Usut 8 Kasus Pembobolan Bank
BI Pelajari Pembobolan Dana Miliaran Rupiah di Mandiri & Syariah …
BI Akui Pengawasan Internal Bank Lemah
30 Rekening Malinda dan Komplotannya Diblokir
Debt Collector
Hubungan Citibank dan Debt Collector tidak Jelas
Nasabah jadi Korban, Bank Bisa Lepas Tangan
Asosiasi Kartu Kredit Susun Standar Penagihan
Debt Collector Dilarang Kasar (BI)
Perang Kartu Kredit, Nasabah Terteror
PSSI
Pagi Ini, KPK Paparkan Hasil Kajian Keuangan PSSI
FIFA Ambil Alih PSSI
FIFA Perintahkan Komite Normalisasi Ambil Alih PSSI
BOS dan UNAS
Nuh Anggap Pemda Cari-cari AlasanSoal Penyaluran BOS
Mendiknas Bantah Kebocoran Soal Unas 80 Persen
Nasib TKW di Saudi
Pemerintah Terus Bela Sumiati
Pemerintah Sesalkan Pembebasan Istri Majikan Sumiati
Nasib Sumiati Anak Negeri di Arab Saudi
Lain-Lain
DPR Setujui Hibah Kapal Dari Brunei
PLN Tawarkan Diskon Tarif 50 Persen
Seleksi Calon Hakim AgungKY Loloskan Adik Ketua KPK
Teka-teki Pengganti Mbah Marijan Terjawab
Libya Hari Ini
Khadafi Siap Dilengserkan
Putra Qadhafi Ingin Singkirkan Ayahnya
Pemberontak Libya Tolak Transisi yang Diajukan Anak Qaddafi
Khadafi Cari Solusi Mengatasi Konflik
Kubu Khadafy Usulkan Solusi Damai
Pertemuan Kelompok Kontak Libya di Doha Pekan Depan
Giliran Wakil Menlu Libya Tinggalkan Gaddafi
Pemberontak Tuduh Pasukan Qaddafi Serang Ladang Minyak
Keluarga Qadafi Pecah, Mutuassim Tolak Rencana Seif Ambil Kekuasaan
Keluarga Qadafi Pecah, Saef dan Saadi Ingin Tendang Ayahnya dari Kursi Pemimpin (Bagian 1)
Qadafi Beri Isyarat Menyerah, Libya Ingin Akhiri Pertempuran
Jet Tempur Inggris di Libya Setidaknya …
Pantai Gading
Perancis Mengirim Pasukan, Ouattara Siap Menyerang
PBB ancam serang pasukan Gbagbo di Pantai Gading
Yaman
Pasukan Yaman Tembak Mati 17 Pemrotes
Nasib Abdullah Saleh
AS Berencana Gulingkan Saleh
Jepang Hari Ini
Fakta Terakhir Soal Krisis Nuklir Jepang
Indeks Bisnis di Jepang Anjlok
Jepang Minta Bantuan Rusia Atasi Radiasi Nuklir di Laut
Tepco Akan Alirkan Air Radioaktif ke Pasifik
Jepang Alirkan Air Tercemar ke Laut
Lain-Lain
Obama Siap Bertarung di Pilpres 2012
Ini Dia Penyu Raksasa Berusia 300 Tahun