Dear All,
Ini ada pengumuman penting terkait Verifikasi dan Perbaikan Data Sertifikasi Dosen namun membacanya harus login web evaluasi.dikti kemudian klik submenu VALIDASI DATA SERDOS baru bisa nampak pengumuman ini :

http://evaluasi.dikti.go.id/validasidosen

Kesempatan Validasi Terakhir
- Daftar dosen di submenu validasi data Dosen http://evaluasi.dikti.go.id atau http://evaluasi.dikti.go.id/ditnaga/eligible BUKAN merupakan daftar dosen yang akan disertifikasi tahun ini, tetapi adalah daftar dosen yang ELIGIBLE untuk sertifikasi tahun ini.
- Alokasi sertifikasi akan dilakukan sesuai dengan kuota yang nanti ditetapkan.
- Validasi ditutup tanggal: 10 April 2011 Pukul 23.55 WIB.
- Ketidaklengkapan data seperti yang ditunjukkan dengan catatan warna merah dapat mempengaruhi elektibilitas
- Pengajuan NIDN baru yang disetujui setelah tanggal 1 April 2011 TIDAK akan mengubah daftar ini.

Lengkapnya bisa baca Surat Edaran Koordinator Kopertis IV no. 1138/K4/Kp/2011 tanggal 01 April 2011 tentang Verifikasi dan Perbaikan Data Sertifikasi Dosen
http://www.kopertis4.or.id/file/edarandikti.pdf
Walaupun surat edaran ini ditujukan ke PTS di lingkungan Kopertis IV namun isinya berlaku untuk semua PT karena merupakan informasi yang diambil dari Pengumuman di menu Validasi Data Serdos.

Sebaiknya pengumuman yang berkaitan dengan kepentingan dosen jangan diinfokan di tempat yang sulit terbaca, apalagi membacanya harus pakai username dan password Epsbed. Alangkah baiknya diinfokan dengan Surat Edaran di web Dikti atau minimal dipasang pengumuman di halaman depan/homepage/Beranda http://evaluasi.dikti.go.id.
Yang jelas tadi pagi dapat info dari Dik Hari kemudian perhatikan web Dikti/Kopertis-Kopertis, ternyata hanya satu Kopertis yaitu Kopertis IV sudah edarkan informasi ini via surat edaran di web mereka. Terima kasih Kopertis IV.

Salam, Fitri

Update 04 Maret 2011 pukul 21:21 wib

Akhirnya dapat juga Surat Edarab Terkait.

Surat Edaran Direktur Diktendik No. 688/E4.3/2011 tentang Verifikasi dan Perbaikan Data Sertifikasi Dosen dapat unduh di link ini:

http://www.kopertis7.go.id/download3.php?id=296

Tags

 

Baca Juga Artikel Lainnya :

7 Comments

  1. Farida Mursalim says:

    Kepada pengelola website dan yg berkompeten utk menjawab pada web ini, mohon penjelasan atas beberapa pertanyaan yg berkaitan dengan verifikasi dan perbaikan data :
    1. Apakah validasi dan perbaikan data ini hanya terkait dengan serdos atau bersifat wajib ? karena jika dosen yg hingga saat ini tdk terdaftar sebagai dosen tetap (pada data epsbed) di pts A tempat dia tetap mengajar namun dosen ybs ada juga terdaftar di data epsbed home base lain atau pts B ?
    2. Jika sekiranya sampai pada tgl 10 april 2011 tsb namanya juga tdk di masukkan dalam proses validasi dan perbaikan data tsb dan bukan hanya utk kepentingan serdos, lalu gimana dgn nasib dosen ybs ?
    3. Jika seorang dosen ikut serdos dari pts A tetapi pts tersebut tdk sesuai dgn disiplin ilmu yg dimiliki dosen ybs makanya dia minta pindah ke home base lain (pts B) yg sesuai dgn disiplin ilmunya. apakah serdos-nya masih diakui atau gugur dengan sendirinya ???

    • Fitri says:

      Dear Dik Farida,
      Sangat sorry for late reply, awal bulan banyak tugas tambahan listrik di kantor mati, generator rusak teknisi berhalangan datang, jadi agak lambat balas email.
      To the poin:
      1) Validasi data dosen di program win-epsbed hanya untuk updating data serdos 2011. Perlu (bukan wajib) bagi calon peserta Serdos yang datanya belum lengkap. Tiap dosen hanya bisa diangkat jadi dosen tetap di satu PT, jadi homebase hanya satu.
      2) Tidak ikut Serdos tahun ini ya tak apa-apa, karena wajib serdos itu selambat-lambatnya 26 Mei 2015 ( 6 tahun setelah PP dosen ditetapkan, ini dijelaskan di pasal 43 ayat 3 PP dosen), mungkin juga diperpanjang seandainya pada saat itu masih banyak dosen yang belum tersertifikasi. Ini link PP dosen http://luk.staff.ugm.ac.id/atur/PP37-2009Dosen.pdf
      3) Salah satu persyaratan serdos adalah sebagai dosen tetap di PT pengusul, baca buku 1 panduan serdos atau UU dosen dan PP dosen. Seandainya ybs sebelumnya sebagai dosen tetap di PT A dan diusulkan mengikuti serdos, kemudian dia pindah homebase ke PT B, tentu tidak dicalonkan lagi oleh PT A. Perlu saya sampaikan naman-nama dosen yang ada di daftar validasi dosen/daftar updating serdos di program Epsbed, itu bukan daftar kuota ya. Itu hanya merupakan nama-nama calon yang memenuhi persyaratan ( eligible) untuk diusulkan. Nanti akan diseleksi Kopertis/Dikti menurut kuota yang tersedia dan prioritas perserta. Bisa aja di daftar PT A ada 10 nama dosen, namun yang dapat kuota baru 1 atau tak ada sama sekali. Yang tidak dapat kuota tentu tak bisa mengikuti serdos.
      >>>
      Sekian penjelasan saya, terima kasih.
      Salam, Fitri.

  2. La Ode Muhammad says:

    Waduh Mba Fitri, kayaknya pertanyaannya Mba Farida diatas hampir mirip dengan pertanyaan (real case) yg ingin sy sampaikan, namun terima kasih sekali Mba Fitri sdh menjawab. sekalian ini menjadi pencerahan bagi saya dan teman2.

    Namun 1 hal yg masih membingungkan saya, yakni :

    Andai misalnya Saya diusulkan dari PTS A untuk mengikuti SERDOS dan dinyatakan LULUS sertifikasi dosen tahun 2011, kemudian saya berkeinginan utk pindah ke PTS B : Apakah ketika pindah di PTS B, saya harus mengikuti sertifikasi dosen (serdos) ulang yang di usulkan oleh PTS B ????? ataukah status saya sebagai dosen yg telah di sertifikasi (pada PTS A dulu) tetap berlaku sekalipun saya udah pindah di PTS B ????

    • Fitri says:

      Dear Dik La Ode,
      Dosen yang lulus penilaian portofolio Serdos akan diberi sertifikat pendidik, sertifikat pendidik ini berlaku selama ybs masih berstatus dosen. Jadi seandainya adik sudah lulus Serdos di PTS A dan peroleh Sertifikat Pendidik, lalu pindah ke PTS B sudah tak perlu ulang serdos, sertifikat pendidik itu tetap berlaku sampai berhenti jadi dosen.
      Terima kasih, salam, Fitri

  3. La Ode Muhammad says:

    Terima kasih banyak Mba Fitri, udah dapat dan mampu memberikan pencarahan bagi saya. mohon kami tanya karena ada rumors yg berkembang bahwa kalau udah serdos di PTS A tdk bisa pindah bahkan status sertifikasi itu hilang dengan sendirinya jika pindah ke PTS B….tapi melalui penjelasan ini kami sudah dapat paham dan mengerti !!! sekali lagi terima kasih Mba Fitri !!!

  4. Asmini,MM says:

    Assalamualaikum ambak Fitri bagaiman kalo Dosen yang Swasta apakah sertifikasinya tetap berlaku jika pindah ke PTS lain.dan kapan info nama- dosen untuk jata 2011sebelumnya terimakasih

    • Fitri says:

      100% laku dik Asmini, tak ada hubungan dengan pindah PT, tidak berlaku apabila berhenti jadi dosen. Jatah 2011 dengar kabar dalam waktu dekat akan diumumkan.
      Terima kasih, salam, Fitri

Leave a Comment

 

You must be logged in to post a comment.