INFO BPPS UI 2011 (14 Feb – 22 April 2011 )
Mulai tahun 2011, Universitas Indonesia membuka pendaftaran BPPS secara on-line di http://bpps.ui.ac.id
yang merupakan halaman resmi Pengelolaan BPPS di Universitas Indonesia.
Berikut adalah ketentuan pemohon BPPS di Universitas Indonesia Tahun Anggaran 2011 (baik yang menggunakan Alokasi PPs Penyelenggara UI ataupun Alokasi PT Pengirim) :

  1. Pemohon BPPS harus mendapat persetujuan dan diajukan oleh Rektor/Direktur/Ketua Perguruan Tinggi Asal calon penerima BPPS kepada Direktur Pembinaan SDM Universitas Indonesia. Bagi pemohon yang berasal dari PTS, persetujuan dan usulan tersebut harus memperoleh rekomendasi dari pihak Kopertis Wilayah terkait.
  2. Setiap pemohon BPPS wajib mendaftar dan mengikuti Seleksi Ujian Masuk Program Pascasarjana Universitas Indonesia (SIMAK UI) gelombang I pada tanggal 14 Februari – 22 Mei 2011 (kecuali mahasiswa ongoing).
  3. Pemohon BPPS wajib mengikuti prosedur pendaftaran BPPS yang berlaku di Universitas Indonesia.
  4. Usia maksimum pemohon BPPS adalah 55 tahun pada bulan September 2011.
  5. Pemohon BPPS hanya diperbolehkan mengajukan usulan kepada satu Perguruan Tinggi Penyelenggara BPPS dengan hanya menggunakan salah satu alokasi, alokasi PPs Penyelenggara Universitas Indonesia atau alokasi PT Pengirim.
  6. BPPS tidak diberikan kepada pemohon yang pernah menerima BPPS pada jenjang pendidikan pascasarjana yang sama.
  7. BPPS tidak diberikan kepada mereka yang sedang menerima beasiswa lain yang dananya berasal dari Pemerintah Republik Indonesia.
  8. Penerima BPPS wajib menandatangani kontrak antara yang bersangkutan dengan Universitas Indonesia atau Perguruan Tinggi Pengirim
  9. Setelah menyelesaikan studi, penerima BPPS diwajibkan untuk kembali mengabdi ke Perguruan Tinggi asal selama 2n + 1 tahun (n adalah lama masa menerima BPPS).
  10. Penerima BPPS diwajibkan untuk mengikuti seluruh ketentuan akademik di Universitas Indonesia.
  11. Penerima BPPS yang tidak memenuhi persyaratan tersebut di atas akan dikenakan sanksi yaitu mengembalikan dana BPPS sebesar yang dikeluarkan oleh Pemerintah ke Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) melalui mekanisme pengembalian yang berlaku.

Informasi selengkapnya silakan baca :

http://bpps.ui.ac.id/index.php/post/5/Pendaftaran+BPPS+2011
atau http://simak.ui.ac.id/tentang-simak/arsip-berita/387-bpps-2011
>>>

INFO BPPS UGM 2011

Pendaftaran untuk calon mahasiswa yang ingin memperoleh beasiswa BPPS dimulai awal Desember sampai dengan akhir April tahun berikutnya , dan hasil seleksi diumumkan pada pertengahan Agustus melalui web site : http://um.ugm.ac.id
Syarat untuk memperoleh beasiswa BPPS adalah dosen PTN atau dosen tetap PTS. Pendaftaran calon mahasiswa dengan biaya sendiri atau instansi dapat dilakukan setiap saat. Perkuliahan akan dimulai pada September atau Februari.

Formulir BPPS : http://daa.ugm.ac.id/daftar/depan_nu/formulir_2a_2i.pdf

Persyaratan lainnya baca http://um1.ugm.ac.id/index.php/page/180 untuk calon penerima BPPS perhatikan berkas yang harus dilampirkan (item no. 11 utk S2 dan item no. 12 utk S3) dan Perhatikan di sini jadwal khusus untuk calon pelamar BPPS :

Tgl Pendaftaran: 27 Des 2010 – 8 April 2011

Ujian ACEPT & PAPS : Sabtu, 16 April 2011

Proses seleksi Akademik : Sabtu, 16 April 2011

Pengumuman : Dikti

>>>
INFO BPPS ITB

http://www.sps.itb.ac.id/announcement/pengumuman-bagi-calon-pelamar-bpps-2011/
Pengumuman : Bagi pendaftar calon penerima BPPS harus mendaftar secara online ke web Direktorat Pendidik dan Tenaga Kependidikan yaitu http://beasiswa.dikti.go.id/bpps/, disamping itu calon penerima BPPS harus mendaftar secara administrasi dan akademik ke SPS, untuk kemudian SPS juga mengajukan usulan kepada Direktorat Pendidik dan Tenaga Kependidikan. Selain itu, berkas lamaran berupa hasil print out pendaftaran online juga harus dilampirkan 

>>>
INFO BPPS UNDIP 2011

http://www.fh.undip.ac.id/mih/
Jadwal Pengajuan BPPS 2011: 

Januari – Maret 2011 Pengambilan Formulir ke Program Pascasarjana (daftar dulu baru bisa ambil formulir)
April 2011 Test Penerimaan mahasiswa baru bagi yang mengajukan BPPS
Awal Mei 2011 Proses Penentuan BPPS tingkat Program Studi
Pertengahan Mei 2011 Penentuan tingkat Pascasarjana
Akhir Mei 2011 Pengajuan Calon Penerima BPPS ke DIKTI
Juni – Agustus 2011
  1. Proses di DIKTI
  2. Penetapan penerimaan BPPS di Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi
  3. Pemberitahuan kepada calon penerima BPPS oleh Program Pascasarjana
  4. Penandatanganan Surat Pernyataan sebagai penerima BPPS
September 2011 Perkuliahan
Persyaratan pengajuan BPPS 2011 silakan klik link http://www.fh.undip.ac.id/mih/
atau http://www.magi.undip.ac.id/beasiswa (klik beasiswa dalam negeri)
>>>

Formulir BPPS Alokasi Kopertis 2011
http://kopertis6.or.id/download/FORMULIR%20BPPS%20ALOKASI%20KOPERTIS%202011.pdf
>>>
INFO BPPS USU 2011
http://sps.usu.ac.id/index.php?option=com_content&view=article&id=133:persyaratan-bpps&catid=12:pengumuman&Itemid=1
INFO BPPS UNIMED Medan 2011
Sudah tutup tgl 07 Maret 2011

>>>

INFO BPPS Universitas Negeri Malang (UM) 2011
http://pasca.um.ac.id/?page_id=1288

Pelamar BPPS: mulai tanggal 21 Februari 2011 pukul 08.00 wib dan berakhir tanggal 15 April 2011 pukul 16.00 wib.

Ujian tulis peserta pendaftaran program S2/S3 dilaksanakan di Gedung H3 PPs UM Jl. Semarang 5 Malang, dengan ketentuan:
Pelamar BPPS: hari Kamis, tanggal 21 April 2011, pukul 08.00 WIB. (Revisi)
Pelamar BPPS:
1)  Kartu Tanda Bukti Pendaftaran yang sudah ditandatangani ybs.
2)  Salinan ijazah S1 bagi peserta Program Magister (S2) dan salinan ijazah S1 dan S2 bagi peserta Program Doktor (S3) dengan dilampiri transkripnya, yang telah dilegalisir (bukan Keterangan Lulus/Tanda Lulus Sementara).
3)  SK kepangkatan terakhir (bagi PNS) atau SK pengangkatan sebagai dosen tetap Yayasan disertai NIK Yayasan (bagi Dosen PTS).
4)  Surat Keputusan Jabatan Akademik Dosen dan Surat Keterangan Angka Kredit yang dicapai dari Kementerian Pendidikan Nasional atau Kopertis.5)  Surat Rekomendasi untuk diusulkan sebagai calon penerima BPPS dari Pimpinan PTN/PTS.
6)  Surat pernyataan belum pernah menerima BPPS di PT lain atau beasiswa dari lembaga lain.
7)  Khusus dosen PTS non-PNS menyerahkan pernyataan status dosen tetap yayasan tidak berstatus sebagai PNS.
8)  Dua lembar Pasfoto diri terbaru, berwarna, ukuran 3×4 cm.
9)  Fotokopi sertifikat TOEFL atau yang setara.
10) Wajib mendaftarkan diri secara individu ke Dikti sebagai pelamar BPPS di UM melaui website: http://beasiswa.dikti.go.id/bpps

>>>

Yang di bawah ini adalah arsip tahun 2010 silakan bagi yang ingin mengetahui lebih banyak tentang BPPS

  1. Term Of Reference BPPS ( TOR )
  2. Syarat-Syarat Mendaftar Sebagai Calon Penerima BPPS
  3. Cara Pelaksanaan
  4. Pascasarjana Penyelenggara BPPS Untuk Magister
  5. Pascasarjana Penyelenggara BPPS Untuk Magister dan Doktor
  6. Perguruan Tinggi Pengirim Calon Penerima BPPS
  7. Info implementasi kebijakan BPPS 2010
  8. SK Ditnaga no 481/D4.4/2010 tentang penetapan besaran BPPS 2010 ( Detail beasiswa BPPS yang diterima )
  9. Berkas yang harus dipersiapkan

Semoga bermanfaat,  WassWw, Fitri.

 

Tags

 

Baca Juga Artikel Lainnya :

3 Comments

  1. ERLAN SUWARLAN says:

    Salam,
    Saya suka info-info yang tersaji dalam Website Kopwil XII, lengkap sekali.

    Wasalam
    Erlan Suwarlan STISIP Tasikmalaya-Jawa Barat

  2. ERLAN SUWARLAN says:

    Salam,
    Saya sangat mengapresiasi info-info yang tersaji dalam Website Kopwil XII, sangat lengkap. Semoga semakin lengkap.Terima kasih

    Erlan Suwarlan-STISIP Tasikmalaya-Jawa Barat

Leave a Comment

 

You must be logged in to post a comment.