Panduan National University English Debating Championship (NUEDC)

Lomba debat Bahasa Inggris sudah menjadi bagian penting dalam persaingan global. Lomba ini semakin dikembangkan di beberapa negara, terutama negara-negara berkembang, dalam rangka meningkatkan kualitas daya saing bangsa. Sudah selayaknya, pemerintah melalui Departemen Pendidikan Nasional mengembangkan debat Bahasa Inggris bagi mahasiswa di Indonesia.

Di dalam debat Bahasa Inggris, terdapat tuntutan penggunaan kombinasi kemampuan berbahasa Inggris dan kemampuan berargumen. Judgement yang dihasilkan selalu melalui alasan (reasoning) dan dukungan fakta yang jelas. Debat ini menuntut mahasiswa tidak hanya mengetahui isu-isu global tetapi juga menganalisisnya. Secara langsung, debat bahasa Inggris mampu menginternalisasikan kemampuan berpikir kritis dalam keterampilan berkomunikasi.

Menyadari pentingnya lomba debat Bahasa Inggris bagi kualitas pendidikan bangsa, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi mengembangkan kegiatan ini melalui National University English Debating Championship (NUEDC). Lomba ini bertujuan meningkatkan kemampuan komunikasi internasional mahasiswa Indonesia dan berjejaring dalam rangka meningkatkan daya saing bangsa. Dengan menggunakan sistem yang sama dengan yang digunakan di tingkat dunia, mahasiswa Indonesia diharapkan mampu bersaing pada tingkat internasional.

Pemenang tahun 2009 telah diutus sebagai Delegasi Indonesia ke ajang perlombaan di Turkey. Prinsipnya adalah bukan menang menjadi tujuan tetapi proses pembelajaran yang dapat ditularkan yang lebih penting di perguruan tinggi.

Silahkan download panduan lengkapnya di sini