Dear All,

Menurut Kepmenkowasbangpan No.38 tahun 1999, jabatan dan pangkat tertinggi untuk dosen pada program pendidikan profesional/diploma adalah Lektor Kepala gol IVc, silakan baca ketentuan terkait:

http://hukum.unsrat.ac.id/men/kepmenkowasbangpan_99.htm

JENJANG JABATAN DAN PANGKAT

Pasal 5

(1)   Jabatan fungsional Dosen terdiri atas Dosen pada program pendidikan akademik dan Dosen pada program pendidikan profesional.

(2)   Jenjang jabatan Dosen sebagaimana dimaksud dalam ayat (1) dari yang terendah sampai tertinggi, yaitu :
a. Dosen pada program pendidikan akademik terdiri atas :
1. Asisten Ahli;
2. Lektor;
3. Lektor Kepala;
4. Guru Besar.
b. Dosen pada program pendidikan profesional terdiri atas :
1. Asisten Ahli;
2. Lektor;
3. Lektor Kepala

>>>.

Walaupun demikian dosen yang bertugas pada program pendidikan profesional/diploma/vokasi tetap mempunyai kesempatan diangkat ke jabatan Guru Besar, silakan baca persyaratannya di Kepmendiknas No. 36/D/O/2001 pasal 2 ayat 5

http://www.dikti.go.id/Archive2007/kepmendiknas_36do2001.htm

5) Bagi dosen yang ditugaskan pada jenis/program pendidikan profesional, dan mempunyai jabatan Lektor Kepala dapat mempunyai kesempatan untuk naik ke jabatan Guru Besar, apabila memenuhi syarat sebagai berikut :

a. Mempunyai kemampuan membimbing calon doktor yang dapat dibuktikan dengan memenuhi salah satu syarat sebagaimana tersebut pada pasal 1 ayat (13) huruf e. yaitu :

1). Memiliki pendidikan Doktor (S3) atau Spesialis II (Sp.II) dalam bidang yang sesuai dengan penugasan.
2). Mempunyai karya ilmiah di bidang ilmu yang ditugaskan sebagai penulis utama yang diterbitkan dalam jurnal, sekurang-kurangnya 1 (satu) pada tingkat internasional yang memiliki reputasi ditambah 2 (dua) pada tingkat nasional yang terakreditasi.

3). Mempunyai sekurang-kurangnya 2 (dua) karya monumental yang mendapat pengakuan kedua-duanya nasional dan Internasional.
b. Sekurang-kurangnya telah 1 (satu) tahun melaksanakan tugas sebagai dosen luar biasa pada jenis/program pendidikan akademik.

c. Sejak pengangkatan pertama dan setiap kali kenaikan ke jabatan/pangkat berikutnya sampai Lektor Kepala dalam pangkat Pembina Utama Muda (Gol.IV/c) sebagai dosen pada jenis/program pendidi-
kan profesional selalu memenuhi angka kredit melaksanakan penelitian sekurang-kurangnya 25% dari persyaratan angka kredit yang diperlukan. Bagi dosen yang sejak awal sampai menduduki  jabatan terakhir tersebut, belum memenuhi angka kredit penelitian sebagaimana disyaratkan, maka dapat dipenuhi secara kumulatif pada saat diusulkan menjadi Guru Besar oleh perguruan tinggi penyelenggara pendidikan akademik.

d. Mempunyai publikasi ilmiah dalam jurnal ilmiah terakreditasi sebagai penulis utama yang jumlahnya mencukupi 25% dari persyaratan angka kredit minimum kegiatan penelitian pada angka kredit kumulatif minimum setiap jabatan yang disyaratkan untuk setiap kali kenaikan jabatan dalam kurun waktu 1-3 tahun bagi dosen pada jenis/program pendidikan akademik.

e. Memperoleh persetujuan tertulis dari senat perguruan tinggi penyelenggara jenis/program pendidikan akademik.

f. Diusulkan oleh perguruan tinggi penyelenggara jenis/program pendidikan akademik tersebut dalam status sebagai dosen luar biasa pada perguruan tinggi dimaksud.  Apabila ybs ingin diusulkan dalam status sebagai dosen tetap pada perguruan tinggi penyelenggara pendidikan akademik, maka harus terlebih dahulu diproses perpindahannya sebagai dosen tetap pada perguruan tinggi dimaksud sebelum diusulkan menjadi Guru Besar.

g. Telah memenuhi jumlah angka kredit yang disyaratkan.

h. Syarat-syarat administratif lainnya.

NB: Kalo GB dengan status dosen luar biasa tidak dapat tunjangan kehormatan lho, karena salah satu persyaratan harus berstatus dosen tetap pada PT dia ditugaskan.

http://luk.staff.ugm.ac.id/atur/Permen19-2009.pdf

Permendiknas No. 19 tahun 2009 tentang Penyaluran Tunjangan Kehormatan Profesor

pasal 1 (2)

Tunjangan kehormatan Profesor diberikan kepada Profesor yang memenuhi persyaratan:

d. Terdaftar pada Kemdiknas sebagai DOSEN TETAP

Tulisan ini dibuat karena termasuk yang perlu diketahui oleh dosen yang mengajar di program pendidikan diploma.

Terima kasih,

Salam, Fitri

Tags

 

Baca Juga Artikel Lainnya :

0 Comments

You can be the first one to leave a comment.

Leave a Comment

 

You must be logged in to post a comment.