1 ) AFF Bangkitkan Nasionalisme Mahasiswa RI di Malaysia
Jumat, 24 Desember 2010 22:42 WIB
Padang (ANTARA News) – Pertandingan final piala AFF 2010 yang akan digelar di stadiun Bukit Jalil Malaysia pada (26/12) membangkitkan semangat nasionalisme dikalangan mahasiswa Indonesia yang tengah menuntut ilmu di negeri jiran tersebut. “Mahasiswa Indonesia di Malaysia yang jumlahnya mencapai 16 ribu orang sangat antusias menyambut laga final AFF 2010 leg pertama Indonesia melawan Malaysia,” kata Ridwan, mahasiswa Indonesia asal Sumatera Barat yang menuntut ilmu di Universitas Kebangsaan Malaysia, Jumat melalui telepon dari Padang. Menurutnya, sambutan kawan-kawan mahasiswa Indonesia sangat luar biasa, pertandingan tersebut menjadi pembicaraan hangat dikampus-kampus. “Tidak hanya itu, didunia maya dukungan mahasiswa Indonesia juga mengalir begitu kuat kepada tim nasional melalui mailing list PPI dan situs jejaring sosial facebook,” kata dia. Bahkan organisasi Pesatuan Pelajar Indonesia (PPI) di Malaysia turut memfasilitasi pembelian tiket bagi mahasiswa yang hendak menonton langsung laga tersebut di stadion Bukit Jalil Kuala Lumpur melalui Kedutan Besar Republik Indonesia di Malaysia. “Meskipun harus berebut tiket dengan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) antusiasme mahasiswa sangat tinggi untuk menyaksikan langsung pertandingan,” lanjut Ridwan yang juga kordinator Sumber Daya Manusia (SDM) PPI, Universitas Kebangsaan Malaysia.
…dst

Sumber :
http://www.antaranews.com/berita/1293205358/aff-bangkitkan-nasionalisme-mahasiswa-ri-di-malaysia

>>>
2 ) Tampilnya Timnas Bangkitkan Patriotisme
http://www.tempointeraktif.com/hg/kesra/2010/12/25/brk,20101225-301472,id.html

Sabtu, 25 Desember 2010 | 12:05 WIB
foto
TEMPO Interaktif, Jakarta – Sejumlah guru besar Institut Pertanian Bogor (IPB), Jawa Barat, melihat keterlibatan Tim Nasional (Timnas) Sepakbola Indonesia dalam Piala Asean Federation Football (AFF) Suzuki 2010 menjadi faktor pemersatu dan membangkitkan semangat nasionalisme dan patriotisme. “Keterlibatan timnas pada Piala AFF Suzuki 2010 membangkitkan patriotisme dan nasionalisme,” kata Guru Besar pada Fakultas Kehutanan IPB yang juga penggemar sepakbola, Cecep Kusmana, di Bogor, Sabtu (25/12/2010), seperti dikutip kantor berita Antara. Tingginya antusiasme penonton, baik yang ditunjukkan dengan menyaksikan pertandingan langsung di Stadiun Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Senayan maupun lewat TV, menurut dia, menunjukkan betapa besarnya dukungan publik pada timnas.Pandangan senada disampaikan Guru Besar Fakultas Ekologi Manusia IPB, Prof Dr Sjafri Mangkuprawira. Ia menyebut sepakbola menjadi alat pemersatu bangsa. Olah raga ini juga menjadi ajang pertaruhan gengsi, harga diri dan kehormatan sebuah bangsa. Ia mengaku selalu mengikuti berbagai ajang sepakbola, terutama yang melibatkan Timnas Indonesia.

…dst

3 ) Pendidikan Jangan Dicampuri Politik
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/371819/

Sunday, 26 December 2010
Besar di dunia akademik,Muhammad Nuh diyakini sebagai right man in the right place ketika menjabat Menteri Pendidikan Nasional.
Segudang harapan pun ditujukan pada mantan Rektor Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya ini untuk menyelesaikan pekerjaan besar di bidang pendidikan. Tentu saja bagi Nuh segala rencana pembangunan dan persoalan lain bidang pendidikan tersebut harus diselesaikan. Ini mulai dari karutmarut Ujian Nasional(UN),penyusunan kurikulum, hingga tantangan memadukan entrepreneurship di perguruan tinggi. Seperti apa? Berikut wawancara dengan M Nuh…cut..

Bagaimana dari sisi kualitas siswa yang masih dilingkupi keterbatasan ekonomi dan akses menempuh pendidikan?
Masalah kualitas ini memang tidak akan pernah selesai. Ibaratnya kalau sudah mampu makan, belum tentu puas dengan makanan yang ada. Makanannya harus lebih berkualitas dan bergizi, sekolah pun seperti itu. Hal ini terus menerus kami selesaikan.Akses dan kualitas harus berjalan beriringan. Masalah krusial di soal kualitas sebenarnya ada di perguruan tinggi kita.Perguruan tinggi harus bisa menghasilkan sesuatu. Bahasa yang saya sering pakai adalah perguruan tinggi tidak bisa melihat dirinya hanya pada fase investasi yang tidak memikirkan hasil lulusan di belakangnya. Bersamaan dengan return of investment itu harus sudah saatnya menghasilkan sesuatu sehingga perguruan tinggi kita harus ditata untuk bisa menghasilkan karya inovatif yang bisa menggerakkan perekonomian. Dengan investasi di perguruan tinggi yang ada, kita kawinkan dengan entrepreneur atau jiwa kewirausahaan. Dengan demikian, persoalan masih tingginya lulusan perguruan tinggi yang masih menganggur tidak bertambah kian besar.
Konsepnya seperti apa?
Kami sedang menganalisis kebanyakan lulusan perguruan tinggi itu banyak yang menganggur di bidang mana.Tekad kami adalah jangan ada oversupply. Kami juga harus memperbanyak lapangan pekerjaan dari sisi bidang teknis seperti dokter serta IT (informasi teknologi).

…dst

4 ) Penembak Mahasiswa UPN Ditahan
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/371779/

Sunday, 26 December 2010
YOGYAKARTA(SINDO) – Polres Sleman akhirnya mengakui telah menahan Brigadir KM,pelaku penembakan terhadap Widiarto,22,mahasiswa Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Yogyakarta. Kapolres Sleman AKBP Irwan Ramaini kemarin mengungkapkan, penahanan terhadap anak buahnya itu dilakukan berdasarkan instruksi langsung dari Kapolda DIY Kapolda DIY Brigjen Pol Odang Sutarsa yang menuntut pengusutan tuntas kasus ini. Irwan menyatakan, proses penyelidikan saat ini masih terus dilakukan. Sedangkan sanksi yang mungkin dijatuhkan kepada pelaku belum dapat dipastikan. “Untuk sanksi sendiri tergantung hasil keputusan sidang.Nantinya seperti apa kita tunggu,” ujarnya. Kapolres menambahkan, penembakan yang dilakukan oleh oknum anggota Polsek Depok Timur, Sleman itu bukanlah didasari atas keinginan berbuat jahat.Namun, lebih dikarenakan kesalahan menilai saat melaksanakan tugasnya. “Menurut saya,yang bersangkutan (pelaku) hanya salah mengambil keputusan. Padahal, sebenarnya siapapun yang berada dilapangan saat ini,dipastikan berpikiran yang sama dengan anggota kami,”tuturnya. Kapolres menuturkan, banyak juga prediksi dan anggapan yang salah tentang kasus ini.Tetapi jika menilik kondisi motor yang saat itu sangat mencurigakan, lanjut dia, tentu masyarakat dapat memahami peristiwa itu. Sebab, saat kejadian, motor yang dibawa korban memang dalam keadaan tidak lengkap untuk standar sebuah motor. Termasuk tidak dilengkapi dengan pelat motor. “Namun demikian,proses akan terus berlanjut.

…dst

5 ) BEASISWA LUAR NEGERI
Rebut Beasiswa PhD ke Taiwan Ini, Mau?
http://edukasi.kompas.com/read/2010/12/25/16121287/Rebut.Beasiswa.PhD.ke.Taiwan.Ini..Mau.

Sabtu, 25 Desember 2010 | 16:12 WIB
KOMPAS.com — Taiwan International Graduate Program (TIGP) saat ini kembali membuka penawaran beasiswa meraih PhD untuk periode akademik 2011. Pendaftaran online beasiswa ini dibatasi hanya sampai 31 Maret 2011. Program beasiswa yang dibuka sejak 2002 oleh Academia Sinica, sebuah lembaga riset terkemuka di Taiwan, berupa skema beasiswa senilai 11.000 dollar AS per tahun yang diberikan selama tiga tahun.
Adapun program beasiswa ini hanya terbuka untuk 8 bidang studi, yaitu Chemical Biology and Molecular Biophysics, Molecular Science and Technology, Molecular and Biological Agricultural Sciences, Bioinformatics, Molecular and Cell Biology, Nano Science and Technology, Molecular Medicine, dan Earth System Science. Bagi yang berminat, informasi selanjutnya bisa segera diakses melalui situs mereka di http://tigp.sinica.edu.tw/. Batas akhir pengiriman aplikasi untuk program beasiswa ini sebelum 31 Maret 2011.

>>>

6 ) Prodi Kedokteran Unib Miliki Gedung Baru 2011
http://www.antaranews.com/berita/1293244724/prodi-kedokteran-unib-miliki-gedung-baru-2011

Sabtu, 25 Desember 2010 09:38 WIB
Bengkulu (ANTARA News) – Program studi kedokteran Universitas Bengkulu (Unib) pada 2011 akan memiliki gedung baru sehingga tempat kuliah tidak menumpang lagi di fakultas lain yang ada di universitas tersebut. “Mulai 2011, prodi kedokteran Unib akan memiliki gedung baru, sehingga tempat kuliah tidak menumpang di fakultas lain seperti yang terjadi selama ini. Dana untuk pembangunan gedung baru sudah dialokasikan pada 2011 mendatang,” kata salah seorang dosen prodi kedokteran Unib Suwarno, di Bengkulu, Sabtu. Ia mengatakan, saat ini sudah memiliki mahasiswa sebanyak 100 orang berasal dari 10 kabupaten/kota di daerah itu.`”Kita bersyukur meski baru dua tahun program studi kedokteran Universitas Bengkulu didirikan, tapi mahasiswanya saat ini sudah mencapai 100 orang. Mereka berasal kabupaten/kota yang ada di daerah itu,” ujarnya. Mahasiswa prodi kedokteran Unib sebanyak 100 orang itu, terdiri dari mahasiswa umum dan penerima beasiswa dari kabupaten/kota di Bengkulu.
Bagi mahasiswa penerima beasiswa dari daerah asalnya setelah menyelesaikan studi kedokteran di Unib harus mengabdikan diri kepada daerah bersangkutan dalam kurun waktu tertentu. Hal ini sesuai dengan perjanjian awal ketika mereka mendapatkan beasiswa dari pemerintah daerah setempat. Sekitar 30 persen dari total mahasiswa prodi kedokteran Unib menerima bea siswa dari daerah asalnya.

…dst

7 ) PBB Siapkan Rp100 Miliar untuk SPI Wakatobi
http://www.antaranews.com/berita/1293230518/pbb-siapkan-rp100-miliar-untuk-spi-wakatobi

Sabtu, 25 Desember 2010 05:41 WIB
Wanci, Sultra (ANTARA News) – Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) melalui UNESCO menyiapkan dana sebesar Rp100 miliar untuk membiayai pembangunan Sekolah Perikanan Internasional (SPI) di Wakatobi, Sulawesi Tenggara.”Pembangunan kampus Sekolah Perikanan Internasional itu, akan dimulai tahun 2011, dan lokasinya kami sudah siapkan lahan seluas 30 hektar,” kata Bupati Wakatobi, Hugua di Wanci. Sabtu.
Bupati Hugua mengaku baru saja bertemu Dirjen Kelautan dan Perikanan yang datang khusus ke Wakatobi menyampaikan rencana pendirian sekolah tersebut, sekaligus meminta kesediaan Pemerintah Kabupaten Wakatobi menyiapkan lahan 30 hektar untuk lokasi kampus sekolah.”Kita sangat merespon itu dan masyarakat Wakatobi mendukung penuh pendirian sekolah tersebut,” katanya…cut…Menurut Bupati Hugua, para pelajar yang akan sekolah di SPI selain dari putra-putri Indonesia, terutama Wakatobi, juga akan berasal dari lima negara yang berada di kawasan Segitiga Terumbu Karanga Dunia.Kelima negara meliputi Timor Leste, Kepulauan Selamon, Philipina, Papua Nugini, dan Malaysia.”Tenaga pengajar yang akan mengajar di sekolah itu, para pakar kelautan dari berbagai dunia yang dikoordinir langsung oleh PBB melalui UNESCO,” katanya.

>>>

8 ) Penilaian Akreditasi Prodi Tak Transparan
http://www.jpnn.com/read/2010/12/24/80380/Penilaian-Akreditasi-Prodi-Tak-Transparan-

Jum’at, 24 Desember 2010 , 18:04:00
JAKARTA — Ketua Umum Badan Penyelenggara Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (BP PTSI) Thomas Suyatno menjelaskan, pihaknya terpaksa harus menunda diskusi dengan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) terkait masalah akreditasi program studi (prodi). Menurut Suyatno, pihaknya masih menunggu draft Rancanangan Undang-Undang (RUU) Pendidikan Tinggi. “Awalnya, kami ingin melakukan diskusi bersama dengan BAN PT untuk membicarakan masalah akreditasi prodi. Namun, terpaksa kami tangguhkan, mengingat kami masih menunggu perkembangan pembahasan draft RUU Pendidikan Tinggi yang saat ini masih digodok di Komisi X DPR RI,” ungkap Suyatno kepada JPNN di Jakarta, Jumat (24/12). Suyatno menjelaskan, keinginannya untuk berdiskusi dengan pihak BAN-PT agar memperoleh kejelasan terkait usulan yang diberikan PTSI mengenai sistem akreditasi. Usulan tersebut antara lain perubahan manajemen di dalam tubuh BAN-PT sehingga dapat lebih melibatkan banyak pihak di dalamnya…cut…
Terkait dengan perbaikan manajemen di dalam tubuh BAN PT, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas) Dodi Nandika sempat mengatakan, pihak Kemdiknas menyadari bahwa BAN PT masih harus diperbaiki. Menurutnya, dalam menangani masalah ini tidaklah mudah. Sehingga Kemdiknas harus mereview kembali BAN PT. “Kita tunggu saja hasil evaluasinya yang akan keluar akhir bulan Desember ini,” tukasnya. (cha/jpnn)

>>>

9 ) Wayang Orang di Sydney Opera House
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/371821/38/

Sunday, 26 December 2010
AKHIRNYA, pada 18 Desember 2010, laskar Wayang Orang Indonesia Pusaka yang terdiri atas para seniman wayang orang Bharata, Sri Wedari dan para tokoh pencinta kesenian tradisional Jawa, berhasil menorehkan tinta emas pada lembaran sejarah kebudayaan Nusantara dengan gilang-gemilang. Kelompok ini mempergelarkan lelakon Banjaran Gatotkaca di gedung kesenian paling termasyhur di dunia masa kini,Sydney Opera House. Warisan pesan almarhum Ki Nartosabdho berhasil dijunjung tinggi 21 tahun setelah sang mahamaestro meninggalkan dunia fana ini. Sulit untuk menilai pergelaran wayang orang di panggung Sydney Opera House itu tidak sukses karena terbukti masyarakat Australia maupun Indonesia yang berada di Sydney memadati dua ribu tempat duduk di gedung kesenian kebanggaan Australia tersebut. Tidak kurang dari Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Jero Wacik beserta istri; didampingi pendekar pemasaran Kementerian Kebudayaan dan pariwisata, Sapta Nirwandar beserta istri; Duta Besar RI untuk Australia dan istri. Mereka bergabung bersama Konsul Jenderal RI di Sydney dan istri para konsul jenderal dari Argentina, Korea Selatan dan Malaysia dan Direktur Utama Optus,Direktur Utama Telkomsel, Direktur Utama Nexian, istri pemilik Djarum dan BCA, General Manager Garuda di Australia ,dan tentu saja Presiden Komisaris Jamu Jago sebagai para penyandang dana sponsor utama beserta utusan resmi Kementerian Luar Negeri RI hadir di Auditorium Concert Hall Sydney Opera House.

…dst

10 ) Dengan Airmata Mampu Suguhkan Opera Kelas Dunia
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/371787/

Sunday, 26 December 2010
Pementasan teater tak hanya bisa dinilai dari tampilan aktor dan aktris saat di atas panggung.Namun,proses pemilihan aktor,pendalaman karakter,pemilihan kostum,hingga penataan pentas juga menjadi kredit yang harus diapresiasi.Apalagi jika teater ini dipentaskan oleh mahasiswa dalam bahasa asing. SUASANAmalam yang hening tercipta di sebuah ruang pementasan teater Universitas Kristen Petra. Semua orang duduk berjajar di kursi tanpa bicara sepatah kata…cut…Sejak berdiri pada tahun 2000, PLT,mengusung konsep pagelaran teater modern dalam bahasa Inggris. Bisa dikatakan PLT adalah sebuah representasional teater satu-satunya di Surabaya. Banyak tahap yang harus dialui pemeran sebelum tirai dibuka dan lampu panggung dinyalakan. Bahkan sebelum casting calon pemerannya pun harus katam membaca naskah. Setelah terpilih, para pemeran akan duduk bersama membaca naskah dan mulai berdiskusi membedah naskah itu sendiri. Masing-masing pemeran harus menganalisa karakter peran dengan sebuah riset kecil.

…dst

11 ) Peneliti: Semangat Gotong Royong Harus Dibangkitkan
http://www.antaranews.com/berita/1293200507/peneliti-semangat-gotong-royong-harus-dibangkitkan

Jumat, 24 Desember 2010 21:21 WIB
Bogor (ANTARA News) – Direktur Program Manajemen Bisnis Pascasarjana Institut Pertanian Bogor, Dr Arief Daryanto MEc, Jumat mengatakan, semangat tolong menolong perlu ditanamkan kembali untuk membangun perekonomian nasional yang kuat.”Bangsa Indonesia mulai mengalami pengikisan karakter. Semangat gotong royong yang telah lama terbangun mulai terkikis,” kata Dr Arief Daryanto.Menurut Arief Daryanto, semangat gotong royong merupakan modal yang sangat penting dalam membangun perekonimian sebuah negara.”Semangat gotong royong dapat dijadikan sebagai modal penting dalam membangun perekonomian nasional,” ujar Arief Daryanto.Dikatakannya, bila semangat gotong royong kembali tumbuh di tengah kehidupan masyarakat, dampaknya akan positif bagi penguatan sektor ekonomi dan berbagai sektor lainnya.
“Semangat gotong royong merupakan cermin nasionalisme yang kuat. Apalagi falsafah gotong royong menjadi inti ajaran Pancasila, yang telah tumbuh di tengah masyarakat Indonesia sejak berabad-abad lalu,” papar Arief Daryanto.

…dst

OOT:

12 ) R136a1, Bintang Terbesar Sejagat Raya
Berukuran 265 kali lebih besar, sinarnya 10 juta kali lebih terang dibanding Matahari.
http://teknologi.vivanews.com/news/read/195704-r136a1–bintang-terbesar-sejagat-raya

SABTU, 25 DESEMBER 2010, 15:46 WIB
VIVAnews – Sekelompok astronom asal Inggris berhasil mendeteksi sebuah bintang yang paling besar yang pernah dilihat manusia. Bintang raksasa itu memiliki ukuran 265 kali lipat lebih besar dibanding Matahari kita. Saking besarnya, bintang itu dapat mengubah teori tentang bagaimana proses lahirnya bintang. Bahkan diperkirakan, saat lahir ia mencapai ukuran 320 kali Matahari. Sebelum ini, menggunakan model yang digunakan oleh peneliti, diketahui bahwa ukuran maksimal bintang adalah 150 kali lipat dibanding Matahari kita. Apapun yang berukuran di atas itu terlalu sulit untuk terbentuk menjadi bintang.
Namun, dikutip dari BBC, 25 Desember 2010, Paul Crowther, astronom asal University of Sheffield, Inggris, setalah mengamati gambar-gambar yang ditangkap oleh Very Large Telescope di Chile dan teleskop ruang angkasa Hubble, menemukan bintang yang melampaui ukuran maksimal itu.

…dst