1 ) Hanya Dimainkan Segelintir Orang
Isu Penolakan PP Pengganti UU BHP Terkait Kepentingan Suksesi Kampus
Rabu, 03 November 2010 , 08:45:00
JAKARTA – Wacana penolakan Peraturan Pemerintah (PP) No 66 Tahun 2010 sebagaimana sempat diungkapkan sejumlah rektor Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dinilai hanya manuver saja untuk kepentingan lain yang sesungguhnya sangat lokal. Kepala Pusat Informasi dan Humas Depdiknas M Muhadjir menegaskan, tidak ada sama sekali wacana penolakan tersebut dalam rapat Majelis Rektor PTN Indonesia di Jakarta, kemarin. “Yang ada rapat tersebut membahas soal persiapan seleksi penerimaan mahasiswa baru,” paparnya kepada INDOPOS (grup JPNN), kemarin. Sebagaimana diberitakan, sebelumnya mantan Rektor Institut Teknologi Surabaya yang juga anggota kehormatan Majelis Rektor PTN Indonesia Profesor Soegiono mengatakan setuju dengan munculnya usulan dari sejumlah rektor agar materi PP No 66 dan Permendiknas No 24 Tahun 2010 direvisi. Menurutnya, PP yang mengatur pengangkatan rektor/ketua/direktur perguruan tinggi oleh menteri bisa menjadi masalah baru terutama bagi kalangan PTN di daerah. Masalah pengangkatan dan pemberhentian ini dinilainya akan sangat terkait dengan wibawa, peran, dan fungsi mereka sebagai tokoh akademisi di daerah. “Pertemuan Majelis Rektor mengusulkan agar pengangkatan rector sebaiknya oleh presiden. Karena ini kalau yang ngangkat menteri wibawanya bagaimana nanti, ini menyangkut statusnya, fungsinya di daerah. Mereka itu sangat sentral sekali hubungannya dengan Kapolda, Pangdam, dan sebagainya,” kata Profesor Seogiono.

…dst

Sumber : http://www.jpnn.com/read/2010/11/03/76166/Hanya-Dimainkan-Segelintir-Orang-

>>>

2 ) Gerakan Nasional SNI dan Standar Mutu Dicanangkan November 2010
http://www.detiknews.com/read/2010/11/04/034012/1485032/10/gerakan-nasional-sni-dan-standar-mutu-dicanangkan-november-2010?n991102605

Kamis, 04/11/2010 03:40 WIB
Jakarta – Akibat globalisasi membuat pasar dunia semakin terbuka lebar, baik melalui forum perdagangan bebas seperti ASEAN, APEC sampai WTO. Guna meningkatkan daya saing, Indonesia perlu menerapkan Standar Nasional Indonesia (SNI) guna menjamin produk dalam negeri. Karenanya, pada tanggal 9 November 2010 mendatang akan dicanangkan Gerakan Nasional SNI di Istana Wakil Presiden, Jakarta.
“Gerakan ini untuk meningkatkan daya saing bangsa menghadapi WTO. Gerakan ini akan dicanangkan pada 9 November nanti di Istana Wapres,” kata Kepala Badan Standarisasi Nasional (BSN) Dr Bambang Setiadi kepada wartawan disela-sela Forum Pendidikan Standarisasi di Hotel Santika, Jl KS Tubun, Slipi, Jakarta Barat, Rabu (3/11/2010). Menurut Bambang, selain mencanangkan Gerakan Nasional SNI, di bulan yang sama juga akan dicanangkan Bulan Standar Mutu. Guna mensukseskan gerakan itu, BSN sendiri tengah menjalin kerjasama dengan 24 perguruan tinggi, seperti ITB dan Unpad, dengan memasukan kurikulum standarisasi di bangku kuliah maupun implementasi pendidikannya.

…dst

3 ) Kemandirian Bangsa Dalam Ilmu Pengetahuan Melalui Ekspedisi Laut
http://www.dikti.go.id/

Wednesday, 03 November 2010 17:44
Direktorat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Nasional (Dit.P2M Ditjen Dikti Kemdiknas) dan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) kembali mengadakan ekspedisi laut untuk kedua kalinya. Ekspedisi dengan Kapal Riset Baruna Jaya VIII ini akan mengarungi Laut Natuna pada 4-16 November 2010 dan perairan Kalimantan Selatan pada 19 November-1 Desember 2010…cut…Direktur P2M menyampaikan, ekspedisi diikuti 60 orang terdiri atas 21 dosen perguruan tinggi negeri (PTN), tiga dosen perguruan tinggi swasta (PTS), 24 peneliti dan 12 teknisi senior dari Pusat Penelitian Oseanografi LIPI. Dosen PTN diantaranya berasal dari Institut Pertanian Bogor, Universitas Hasanuddin Makassar, Universitas Lambungmangkurat, Universitas Diponegoro, Universitas Tanjung Pura, Universitas Mulawarman, Unversitas Mataram, dan Universitas Nusa Cendana. “Dosen PTS berasal dari Sekolah Tinggi Perikanan Kutai Timur dan UPN Veteran Yogyakarta,” sahutnya.

…dst

4 ) Rektor Binus: Akreditasi Harus Jelas!
http://edukasi.kompas.com/read/2010/11/03/14502558/Rektor.Binus:.Akreditasi.Harus.Jelas..

Rabu, 3 November 2010 | 14:50 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) perlu mensosialisasikan informasi yang lengkap terkait nilai akreditasi program studi yang akan diberikan kepada perguruan tinggi. Pemerintah pun tak bisa begitu saja menetapkan target kepada BAN-PT agar semua perguruan tinggi selesai diakreditasi pada 2012. “Seharusnya ada informasi yang jelas dan lengkap mengenai nilai akreditasi A, B, atau C dari suatu perguruan tinggi,” tandas Rektor Universitas Bina Nusantara (Binus University) Harjanto Prabowo, Rabu (2/11/2010), di Jakarta. Menurutnya, di Perguruan Tinggi Swasta (PTS) pihak user harus mengetahui nilai-nilai akreditasi. Mengetahui kejelasan nilai akreditasi adalah hak pengguna atau perguruan tinggi.

…dst

5 ) Rektor UI: Obama Datang, I Don’t Know?
http://kampus.okezone.com/read/2010/11/03/373/389341/rektor-ui-obama-datang-i-don-t-know

Rabu, 3 November 2010 – 13:39 wib
DEPOK – Pihak kampus Universitas Indonesia (UI) mengaku tidak tahu-menahu rencana kedatangan Presiden Amerika Serikat Barack Obama. Padahal, berita itu sudah ramai diberitakan di media massa. Pihak UI pun mengaku belum mendapatkan surat resmi dari pemerintah terkait rencana kedatangan presiden Negeri Paman Sam ke UI. Hal itu langsung diungkapkan oleh Rektor UI Gumilar Rusliwa Soemantri, yang mengaku terkejut dengan pemberitaan yang ramai dibicarakan itu. Gumilar menghormati pernyataan yang disampaikan Menko Polhukam Djoko Suyanto maupun pihak polisi, yang memastikan kedatangan Obama. “Kalau Pak Djoko di media menyebutkan Obama mau datang ke UI, itu memang sudah otoritas beliau. Kalau saya kan tidak punya. I don’t know, surat resmi pun belum ada,” ujarnya kepada wartawan di Gedung Rektorat UI, Rabu (3/11/2010). Namun Gumilar mengaku siap, menyambut kedatangan orang nomor satu di Amerika itu, apabila hal itu benar terjadi.

…dst

6 ) Obama ke UI, H-7 Kampus Disterilkan
http://kampus.okezone.com/read/2010/11/03/373/389508/obama-ke-ui-h-7-kampus-disterilkan

Rabu, 3 November 2010 – 18:11 wib
DEPOK – Polres Depok akan memperketat pengawalan dan penjagaan di sekitar Universitas Indonesia (UI) menjelang kedatangan presiden Amerika Serikat (AS) Barrack Obama. Bahkan sterilisasi dilakukan di kampus tersebut mulai H-7 menjelang kedatangan Obama ke kampus UI pada 10 November mendatang. Kapolres Depok Kombes Pol Fery Abraham mengatakan sterilisasi akan mulai dilakukan Rabu (3/11/2010) ini,oleh Polres Depok dan pihak keamanan internal kampus. Namun, kata Fery, pihaknya belum mengetahui terkait pengaruh kegiatan akademik di kampus tersebut.

…dst

7 ) PADUAN SUARA
Indonesia Berjaya di Praha
http://edukasi.kompas.com/read/2010/11/03/10233474/Indonesia.Berjaya.di.Praha.

Rabu, 3 November 2010 | 10:23 WIB
PRAHA, KOMPAS.com — Tiga paduan suara mahasiswa Indonesia meraih nilai teratas dalam empat dari enam kategori yang ditandingkan pada lomba paduan suara internasional “Praga Cantat 2010” di Praha, Ceko, 29 Oktober-1 November lalu. Paduan Suara Mahasiswa (PSM) Universitas Binus Jakarta (Paramabira) pimpinan Rainier Revireino mendapat predikat pemenang mutlak karena dari seluruh peserta, ia berhasil meraih nilai paling tinggi. Paduan suara ini juga menduduki peringkat teratas kategori kor campuran. Sementara itu, dengan dirigen Arvin Zeinullah, PSM Universitas Padjadjaran Bandung meraih nilai teratas untuk dua kategori, yaitu kor perempuan dan kor lagu gerejani. PSM Universitas Airlangga Surabaya dengan konduktor Yosafat Rannu Lempong menempati urutan pertama untuk kategori folklor.

…dst

8 ) Unesa Mulai Buka Jurusan Bahasa Mandarin
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/361844/38/

Wednesday, 03 November 2010
SURABAYA (SINDO) – Universitas Negeri Surabaya (Unesa) mulai tahun ini membuka program Sarjana Jurusan Pendidikan Bahasa Mandarin. Setidaknya sudah ada 17 mahasiswa yang belajar di program baru tersebut. Jurusan ini berada di bawah Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) dan menempati salah satu ruangan di Kampus Unesa Lidah Wetan. Rektor Unesa Muchlas Samani mengatakan, pembukaan jurusan baru ini sesuai yang dikehendaki Menteri Pendidikan Nasional Mohammad Nuh yakni Unesa tetap fokus pada penyiapan tenaga pendidikan terutama Bahasa Mandarin.

…dst

9 ) Hari Ini,Unpad Pilih Rektor
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/361917/

Thursday, 04 November 2010
BANDUNG(SINDO) – Hari ini,Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung memilih rektor periode 2011-2015.Delapan bakal calon (balon) memperebutkan 204 suara anggota senat dan satu suara bernilai 35% milik Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) Muhammad Nuh.
Kepala UPT Humas Unpad Weny Widyowati mengungkapkan, persiapan acara yang digelar di Gedung Serbaguna Magister Manajemen Unpad,Jalan Dipatiukur,Kota Bandung, sudah hampir rampung. “Kami pastikan besok (hari ini) semua sudah siap, tinggal dijalankan,” ujar Weny di ruang Humas Unpad, Jalan Dipatiukur, Kota Bandung,kemarin. Delapan balon itu yakni Rektor Unpad 2006-2010 Ganjar Kurnia,Asep Kartiwa dari Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP),Budi Nurani Ruchjana (Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam/F-MIPA), Dadang Suganda (Fakultas Sastra/Fasa),Dede Mariana (FISIP),Kusmayadi Suradi (Fakultas Peternakan/FAPET),Oekan SoekotjoAbdoellah (FISIP),dan Tri Hanggono Achmad (Fakultas Kedokteran).

…dst

10 ) Universitas Terbuka
UT Mandek, Teknologi Kendalanya
http://edukasi.kompas.com/read/2010/11/03/11014061/UT.Mandek..Teknologi.Kendalanya

Rabu, 3 November 2010 | 11:01 WIB
TANGERANG, KOMPAS.com — Penyelenggaraan pendidikan jarak jauh di Universitas Terbuka terkendala infrastruktur teknologi informasi yang terbatas, terutama di daerah-daerah terpencil. Akibatnya, belum semua mahasiswa UT memiliki akses teknologi informasi yang seharusnya bisa mempermudah perolehan bahan materi ajar.Hal itu dikemukakan Rektor Universitas Terbuka (UT), Tian Belawati. “Khusus di Indonesia, pemanfaatan teknologi informasi masih harus ditingkatkan. Pembangunan infrastrukturnya belum merata,” kata Tian seusai Wisuda Periode III Tahun 2010, Selasa (2/11/2010) di Kampus UT, Tangerang, Banten. Padahal, menurut Direktur Pascasarjana UT, Udin Winataputra, pendidikan jarak jauh dengan teknologi informasi (TI) dan komunikasi menghilangkan hambatan jarak dan waktu karena para peserta didik bisa mengakses bahan ajar setiap saat dan di mana saja.

…dst

11 ) Modul Sudah Ada, Tinggal Pelaksanaan
http://edukasi.kompas.com/read/2010/11/03/19134386/Modul.Sudah.Ada..Tinggal.Pelaksanaan

Rabu, 3 November 2010 | 19:13 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Untuk mengurangi risiko bencana di daerah-daerah rawan bencana, pengetahuan pengurangan risiko bencana telah diintegrasikan ke dalam kurikulum. Harapannya, siswa memiliki pengetahuan dan keterampilan yang tepat untuk menyelamatkan diri saat bencana bahkan bisa ikut mengurangi risiko bencana. Segala macam informasi mengenai pendidikan kesiapsiagaan bencana itu telah dituangkan dalam modul-modul yang disusun Kementerian Pendidikan Nasional, guru, dan lembaga-lembaga non pemerintah.

…dst

12 ) Banyak Naskah Lama Dijual Pemiliknya
http://edukasi.kompas.com/read/2010/11/03/19101814/Banyak.Naskah.Lama.Dijual.Pemiliknya

Rabu, 3 November 2010 | 19:10 WIB
DEPOK, KOMPAS.com – Dua orang pakar dari Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia, Rabu (3/12/2010) di Balai Sidang UI Depok, menyampaikan pidato pengukuhannya. Prof Dr Titik Pudjiastuti mengemukakan tentang Naskah dan Identitas Budaya dan Prof Dr Djoko Marihandono, SS, Msi menyampaikan pidato bertajuk Menjadi Sejarawan Profesional: Kajian tentang Sumber Sejarah dan Metodologinya.Titik Pudjiastuti mengungkapkan pengalaman yang patut menjadi perhatian pihak terkait. Baerdasarkan pengalaman penelitian naskah di masyarakat, banyak pemilik naskah yang rela harta pusakanya dijual kepada orang asing. Hal ini amat memprihatinkan, karena mereka tidak sadar dengan menjual naskah berarti juga telah menjual identitas budayanya. “Apabila hal ini tidak segera ditangani, sudah pasti akar budaya bangsa Indonesia akan tercerabut dan generasi muda bangsa Indonesia kelak akan kehilangan identitas budayanya,” katanya.

…dst

13 ) Pendidikan Antikorupsi
Lawan Dulu, Baru Ajarkan Antikorupsi….
http://edukasi.kompas.com/read/2010/11/03/13342570/Lawan.Dulu..Baru.Ajarkan.Antikorupsi….

Rabu, 3 November 2010 | 13:34 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com – Kurikulum pendidikan antikorupsi yang rencana akan diterapkan di sekolah dan perguruan tinggi pada tahun ajaran 2011 dinilai terlalu dipaksakan dan tidak efektif. Banyak kasus korupsi di lembaga-lembaga pendidikan, terutama pendidikan dasar dan menengah, yang justeru harus lebih dulu dibereskan. Demikian ditegaskan Ade Irawan dari Divisi Monitoring Indonesia Corruption Watch (ICW) di Jakarta, Rabu (3/11/2010). Ade mengatakan, upaya memberantas korupsi memang penting, namun sangat tidak efektif dilakukan di sekolah jika di sekolah sendiri masih terjadi korupsi dan sulit diberantas. “Yang terpenting itu bersihkan dahulu sekolah dari korupsi, karena dengan sendirinya sekolah sudah mengajarkan antikorupsi pada anak didik. Selama ini di sekolah itu tumbuh subur korupsi, yang salah satunya justeru mendapatkan kontribusi dari Kementrian. Pendidikan Nasional,” tandas Ade.

…dst

14 ) BEASISWA LUAR NEGERI
“MSc EF”, Khusus Peminat S-2 Kehutanan
http://edukasi.kompas.com/read/2010/11/03/11443457/.quot.MSc.EF.quot…Khusus.Peminat.S.2.Kehutanan

Rabu, 3 November 2010 | 11:44 WIB
KOMPAS.com – Bagi yang berminat mengambil gelar S-2 di bidang kehutanan, The Master of Science in European Forestry Erasmus Mundus (MSc EF) mungkin bisa menjadi penawaran yang menarik. Program beasiswa MSc EF sudah dibuka untuk tahun akademik 2011/2012. Program beasiswa gelar ganda (double degree) ini disediakan oleh konsorsium dari tujuh perguruan tinggi top di Eropa di bawah koordinasi program-program beasiswa Erasmus Mundus. Beruntungnya, penawaran MSc EF berlaku tidak hanya untuk kategori kandidat dari Eropa, melainkan juga bagi mahasiswa non-Eropa seperti Indonesia…cut…Bagi para peminat, panggilan untuk mendaftar beasiswa MSc EF ini hanya dibatasi sampai 31 Desember 2010. Informasi lengkap beasiswa ini bisa dilihat langsung di http://www.europeanforestry.net/. Sementara tata cara aplikasi, khususnya untuk kandidar non-eropa bisa melihat di http://www.europeanforestry.net/http.

…dst

OOT :

15 ) CPNS jadi Idaman, Calo Berkeliaran, 15 Pelaku Ditangkap, 1.100 Korban
http://www.jpnn.com/read/2010/11/03/76145/CPNS-jadi-Idaman,-Calo-Berkeliaran-

03 November 2010
SURABAYA — Keseriusan polisi mengusut kasus penipuan dengan iming-iming menjadi CPNS patut diacungi jempol. Hanya dalam seminggu, pengusutan yang dilakukan korps baju cokelat itu membuahkan hasil menggembirakan. Sebanyak 15 pelaku berhasil dibekuk. Mereka ditangkap jajaran Polda Jatim di berbagai wilayah. Bahkan, setelah penyelidikan dikembangkan, para pelaku juga melakukan penipuan serupa di Jateng dan DKI Jakarta.

…dst

16 ) Radius Bahaya Naik Jadi 15 Km
http://cetak.kompas.com/read/2010/11/04/04144421/radius.bahaya.naik.jadi.15.km

Kamis, 4 November 2010 | 04:14 WIB
Yogyakarta, Kompas – Erupsi eksplosif Gunung Merapi, Rabu (3/11) pukul 16.05, menghasilkan luncuran awan panas berskala lebih besar dari letusan pertama, 26 Oktober lalu. Letusan diikuti perluasan radius bahaya dari yang semula 10 kilometer menjadi 15 kilometer dari puncak Merapi. …

…dst

Zona Bahaya Merapi Diperluas hingga 15 Km
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/361906/38/

Thursday, 04 November 2010
YOGYAKARTA (SINDO) – Gunung Merapi kemarin mengeluarkan energi terbesar sejak meletus pada 26 Oktober lalu.Zona bahaya yang awalnya 10 km dari puncak,mulai pukul 16.05 WIB kemarin, diperluas sampai 15 km.

…dst

17 ) Mentawai adalah Indonesia
http://cetak.kompas.com/read/2010/11/04/0255236/mentawai.adalah.indonesia

Kamis, 4 November 2010 | 02:55 WIB
Oleh Marzuki Alie Ketua DPR RI
Tulisan Indra J Piliang dengan judul “Mentawai dan Marzuki Alie” (Kompas, 1/11) merupakan kelanjutan polemik soal bencana Mentawai yang bermula dari pernyataan saya sebelumnya (27/10). Tak salah apa yang ditulis Piliang kalau saja kutipan pernyataan yang termuat di berbagai media massa, yang menjadi acuan Piliang, mencerminkan dengan sesungguhnya apa yang ada di hati dan pikiran saya selaku Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia. Perlu klarifikasi, tidak saja menyangkut kepentingan nama baik sebagai ketua parlemen, tetapi juga menyangkut persepsi masyarakat. Bahwa maksud saya bukan memindahkan begitu saja masyarakat Mentawai dari habitat ekonomi, sosial, dan kulturalnya ke suatu ruang baru yang kosong dan asing.

…dst

18 ) Indonesia Tidak untuk Dijual!
http://cetak.kompas.com/read/2010/11/04/02581532/indonesia.tidak.untuk.dijual

Kamis, 4 November 2010 | 02:58 WIB
Oleh Sri-Edi Swasono Guru Besar Ekonomi Universitas Indonesia
Tulisan Kwik Kian Gie (Kompas, 11/10) dan Sayidiman Suryohadiprojo (Kompas, 12/10) menyemarakkan kelas mata kuliah saya di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Saya bangga dengan para mahasiswa yang menanggapi tulisan kedua tokoh ini dengan patriotisme. Betapa pun kinerja pro-poor, pro-growth, and pro-job, tidak berarti perusahaan-perusahaan asing boleh merajalela di Indonesia. Inilah naluri nasionalistik, haus kebanggaan nasional para pemuda kita. Tulisan Kwik dan Sayidiman berseberangan dengan pandangan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal yang menganggap kepemilikan modal tidak penting (Kompas, 7/10). Secara normatif imperatif, konstitusi kita menegaskan: Cabang-cabang produksi yang penting bagi negara dan menguasai hajat hidup orang banyak dikuasai oleh negara.

…dst

Berita Lain-Lain :

Kasus SUAP Hakim MK:

ICW Yakin Refly Tak Mampu Bongkar ( JPNN, 03/11/2010 20:30 wib )

Diumumkan, Keleluasaan Tim Investigasi MK jadi Terbatas ( JPNN, 03/11/2010 19:38 wib )

Semoga Tak Terbukti di MK Ada Suap ( JPNN, 03/11/2010 19:19 wib )

Mahfud MD Dinilai Emosional (JPNN, 03/11/2010  18:01 wib )

>>>

Other :
Pengaturan Jam masuk kerja, PNS akan masuk lebih pagi (tempo, Selasa, 02 November 2010 | 09:59 WIB )