Kepada Yth.

1. Pimpinan Perguruan Tinggi Negeri

2.  Koordinator Kopertis Wilayah I – XII

di-Seluruh Indonesia

Sehubungan dengan rencana pelaksanaan sertifikasi dosen tahun 2011 dan untuk mendapatkan data yang lengkap dan akurat, bersama ini dengan hormat kami sampaikan hal-hal sebagai berikut:

1.  Bahvva Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi pada saat ini sudah berhasil melakukan integrasi data Direktorat Ketenagaan dan Direktorat Akademik.

2.  Dimohon agar PTN dan Kopertis melakukan updating data dosen yang akan digunakan untuk penentuan kebijakan serdos tahun 2011.

3.  Updating data dapat dilakukan secara online levvat situs http://evaluasi.dikti.go.iddengan mengoptimalkan fungsi operator-operator evaluasi PTN dan Kopertis yang sudah ada.

Sehubungan dengan hal tersebut diatas, diharapkan semua PTN dan Kopertis agar segera melaksanakan updating data dosen paling lambat tanggal 15 November 2010 sebelum kuota serdos tahun 2011 ditetapkan.

Demikian kami sampaikan atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.

Direktur Ketenagaan

Supriadi Rustad

NIP. 19600104 198703 1 002

Tembusan Kepada Yth :

1. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (sebagai laporan);

2. Direktur Akademik Ditjen Dikti.

Download Surat Edaran

Email : serdos@ditnaga.dikti.go.id,

Homepage : http://ditnaga.dikti.go.id

Tags

 

Baca Juga Artikel Lainnya :

6 Comments

  1. Kepada Yth, Pimpinan kopertis XII, mohon kalo ada formasi calon CPNS untuk Kopertis XII, koordinasi juga kepada kami yang ada di Papua khususnya Politeknik Amamapare Timika.

    Terus kami juga mau tanya mengapa sampai beasiswa mahasiswa kami tahun 2010 ini tidak ada. Mohon di informasokan. Terima kasih.

  2. Zulkarnaen says:

    Bapak Koordinator Kopertis 12 dan Bapak Dirjen DIKTI Yth,
    Mohon jika sudah ada info ttg kuota SERDOS bagi Kopertis 12 TOLONG JANGAN HANYA BERPEDOMAN PADA DATA EPSBED (evaluai.com) untuk penentuan jatah bagi setiap PTS di lingkungan Kopertis 12 KARENA BELUM TENTU SEMUA DOSEN TETAP (Yayasan maupun DPK)itu tercatat dalam data EPSBED di maksud dengan alasan NIDN, pindah homebase yg baru atau karena memang PTSnya yg tdk mau dosen2nya di sertifikasi !!!! mohon ngecek langsung ke PTS2 ybs, apakah ada dosen pada PTS tsb yg sdh memenuhi utk di sertifikasi !!!! MOHON INFO INI JANGAN DI SEPELEKAN !!!!

    • Fitri says:

      Dear Dik Zulkarnaen,
      Persyaratan tentang Serdos terdapat di UU dosen pasal 47, juga dilengkapi di aturan pelaksananya yaitu Permendiknas no. 47 tahun 2009 dan Pedoman Serdos buku I-III, ini sebagian persyaratannya, perhatikan no b)jelas kalo ingin serdos jangan pindah ke homebase baru, karena salah satu persyaratan :pelamar serdos minimal harus sebagai dosen tetap selama 2 tahun di PTS pengusul, nanti bila sudah peroleh sertifikat pendidik, ke manapun pindah tak perlu serdos lagi. Serdos adalah kewajiban menurut PP dosen no. 37 tahun 2009, selambat-lambatnya tahun 2015 sudah harus selesai serdos. Maka bagaimanapun pada akhirnya semua dosen tetap akan memiliki sertifikat pendidik.
      >>>
      Permendiknas No. 47 tahun 2009 tentang Sertifikasi Dosen
      http://luk.staff.ugm.ac.id/atur/Permen47-2009.pdf
      Pasal 2
      Sertifikasi dosen diikuti oleh dosen yang telah memiliki:
      a. kualifikasi akademik paling rendah program magister (S2) atau setara;
      b. pengalaman kerja paling sedikit 2 (dua) tahun secara berturut-turut sebagai dosen tetap pada perguruan tinggi tempat yang bersangkutan bertugas saat diusulkan; dan
      c. jabatan akademik paling rendah Asisten Ahli.
      >>>
      Untuk urutan prioritas ada ketentuan sbb :
      Kriteria Urutan Peserta
      Dosen calon peserta sertifikasi diusulkan oleh perguruan tingginya masing-masing kepada Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, berdasarkan urutan prioritas, sebagai berikut:
      1. (a) dosen yang belum memiliki kualifikasi akademik magister (S2)/setara mencapai usia 60 tahun dan mempunyai pengalaman kerja 30 tahun sebagai dosen atau (b) mempunyai jabatan akademik lektor kepala dengan golongan IVc;
      2. jabatan akademik;
      3. pendidikan terakhir;
      4. daftar urut kepangkatan (DUK) bagi PNS atau yang setara untuk dosen non PNS pada tingkat perguruan tinggi.
      >>>
      Kalo untuk check ke lapangan adalah sulit terlaksana karena di Indonesia saat ini ada 3.200an lebih PT yang terdiri dari 16.000an prodi, untuk datangi setiap kampus baik dana maupun sdm tidak tercukupi. Kopertis adalah tangan panjang/waki Dikti di 12 wilayah, mereka bukan decision maker namun menjalankan fungsi Wasdalbin (Pengawasan, pengendalian, dan pembinaan) atas nama Kemdiknas terhadap PTS di wilayah masing-masing. Namun keterbatasan dana dan sdm juga tak bisa harapkan mereka akan check ke semua PTS. Untuk itu sangat butuh menjalin kerja sama yang baik antara kopertis, penyelenggara PTS, dosen PTS/DPK dan adik-adik mahasiswa. Seandainya terdapat kecurangan mohon disampaikan ke Koperits/Dikti, dan kami juga bisa tayangkan kasus tersebut di web sehingga bisa jadi perhatian masyarakat.
      >>>
      Sekian penjelasan saya,
      Makasih sudah sharing masukan, salam hangat, Fitri

  3. hebron says:

    Dear bu Fitri,

    Untuk sertifikasi dosen yang mengusulkan adalah perguruan tinggi.
    1. Untuk dosen DPK, apakah yang mengusulkan untuk serdos juga perguruan tinggi dimana kita ditugaskan?
    2. Saya baru memperoleh jabatan fungsional LEKTOR (tmt mei 2011) dengan golongan IIIA, usulan kenaikan ke IIIB bulan oktober 2011. Saya sudah memiliki ijazah S2 dan sudah dipakai ketika pengangkatan Jafung LEKTOR. Apakah saya sudah bisa diusulkan untuk serdos, mengingat dosen kopertis di PTS dpk saya sudah semua sertifikasi?

    Terimaksih

    • Fitri says:

      Maaf Pak Hebron, agak late reply baru pulang kerja.
      1) Betul, yang mengusulkan adalah PT dia bertugas saat ini.
      2 ) Baca Buku I panduan serdos halaman 7 item no. 3 salah satu persyaratan bagi peserta serdos:
      Telah memiliki masa tugas sekurang-kurangnya 2 tahun di PT dia bekerja sebagai dosen tetap ( PT pengusul sersos)
      http://www.kopertis3.or.id/html/wp-content/uploads/2011/05/buku_1-serdos-2011.pdf
      Membaca kualifikasi yang disampaikan nampaknya persyaratan lain sudah terpenuhi, ada dijelaskan di halaman yang sama. Kalo masa tugas juga terpenuhi bisa diusulkan.
      Salam, Fitri

Leave a Comment

 

You must be logged in to post a comment.