Written by Wahyu Ibrahim
Friday, 13 August 2010 13:37

Sejak diluncurkan pertama kali pada tahun 2003 oleh Direktorat Akademik (dh.Direktorat Pembinaan Akademik dan Kemahasiswaan), Ditjen Dikti Depdiknas, kegiatan Penjaminan Mutu (Quality Assurance) di perguruan tinggi pada saat ini telah berlangsung selama tujuh tahun. Dalam kurun waktu itu tentu telah berkembang berbagai variasi implementasi Penjaminan Mutu, baik pada tingkat perguruan tinggi maupun pada tingkat Nasional.
Sejak peluncuran kegiatan Penjaminan Mutu di perguruan tinggi dianut prinsip bahwa Direktorat Akademik hanya memberikan inspirasi tentang Penjaminan Mutu, sedangkan implementasinya harus mampu dilakukan sendiri oleh setiap perguruan tinggi sesuai dengan sejarah, budaya, kapasitas, dan visi serta misi perguruan tinggi yang bersangkutan. Oleh karena itu, pada saat ini tentu telah terdapat sejumlah praktek baik (good practices) dari berbagai perguruan tinggi yang telah mengimplementasikan kegiatan Penjaminan Mutu.
untuk infomasi lebih lanjut silahkan klik link dibawah ini :

surat pengantar

form evaluasi SPMI 2010 (office 2003)

form evaluasi SPMI 2010 (office 2007)

>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>

Harap diperhatikan 1 buku penjaminan mutu (2003) + 10 buku Praktek baik dalam Penjaminan mutu PT ( 1 terbitan tahun 2004 dan 9 di 2005 ) itu sudah diterbitkan sebelum Standar Nasional Pendidikan (SNP) diterapkan. Buku no 11 tentang informasi sistem dan no 12 tentang kerjasama dalam dan luar negeri tidak jadi terbit. 11 buku ini juga telah direvisi pada akhir tahun 2006 menjadi SPM-PT. Untuk itu ke 11 buku itu bila sekedar jadikan bahan pembelajaran ok namun tak bisa lagi jadi SATU-SATUNYA PEDOMAN penyusunan Penjaminan Mutu di PT anda. Mengenai Proses Pembelajaran yang linknya tak sesuai bisa baca buku BPMA UI yang ada saya forwardkan linknya di bawah ini, under judul standar mutu hal 17. Sebaiknya kalau ada lokakarya atau pelatihan SPM-PT daftarkan diri jadi peserta biar betul-betul mantap sehingga PT tempat adik bertugas bisa berhasil jadi salah satu PT yang telah memiliki SPM-PT yang baik.

Sistem Penjaminan Mutu Internal Perguruan Tinggi
Written by Administrator
Monday, 19 October 2009 16:11
Pada tanggal 16 Mei 2005 telah ditetapkan Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan (SNP). Di dalam Pasal 4 Peraturan Pemerintah tersebut dinyatakan bahwa SNP bertujuan menjamin mutu pendidikan nasional. Oleh karena itu, pemenuhan SNP oleh suatu perguruan tinggi akan berarti bahwa perguruan tinggi tersebut menjamin mutu pendidikan tinggi yang diselenggarakannya. Oleh karena itu, SNP dapat disebut pula sebagai standar mutu pendidikan tinggi di Indonesia yang harus dipenuhi oleh setiap perguruan tinggi.

Pasal 92 ayat (1) Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang SNP mengamanatkan bahwa Menteri Pendidikan Nasional mensupervisi dan membantu perguruan tinggi melakukan penjaminan mutu. Untuk memenuhi amanat tersebut, maka Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi telah membentuk Kelompok Kerja Nasional, dengan tugas utama merevisi Buku Pedoman Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi beserta semua Buku Praktek Baik yang menyertainya, yang diterbitkan oleh Ditjen Dikti sebelum penetapan Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang SNP.

Revisi perlu dilakukan agar buku tersebut sesuai dengan perkembangan pendidikan tinggi serta perubahan peraturan perundang-undangan dalam bidang pendidikan tinggi di Indonesia. Perubahan yang penting telah terjadi, khususnya dalam sistem penjaminan mutu perguruan tinggi. Buku tentang penjaminan mutu yang lama, hanya berisi tentang penjaminan mutu pendidikan tinggi yang dilakukan oleh dan atas inisiatif perguruan tinggi masing-masing, yang disebut sebagai penjaminan mutu internal. Sedangkan buku ini yang diberi judul Sistem Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi atau disingkat SPM-PT tidak saja memuat penjaminan mutu internal yang telah diberi nama sebagai Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI), juga memuat penjaminan mutu eksternal atau akreditasi yang diberi nama sebagai Sistem Penjaminan Mutu Eksternal (SPME), serta sistem Pangkalan Data Perguruan Tinggi (PDPT).

Bagi yang ingin baca lebih banyak info tentang SPM-PT silahkan unduh :

Materi bacaan di www.kopertis3.or.id
-Standar Nasional Pendidikan-Pendidikan Tinggi dalam PP no.19 Tahun 2005
-Instrumen Evaluasi Diri Implementasi SPMI-PT 2009
-Buku Evaluasi SPMI-PT2008

>>>

Penjaminan Mutu Internal dalam Otonomi Perguruan Tinggi
Kebijakan nasional Sistem Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi (SPM-PT )
Sistem Penjaminan Mutu Internal Perguruan Tinggi
Kebijakan Nasional SPM-PT
Pangkalan Data Perguruan Tinggi -PDPT

Produk hukum tentang penjaminan mutu terdapat di permendiknas no 63 tahun 2009

Buku Pedoman Implementasi SPM-PT tentang prinsip-prinsip praktis implementasi SPM-PT di Perguruan Tinggi berisi 2 hal pokok yaitu :
1) Model dasar SPM-PT
2) Pokok-pokok pengetahuan tentang pelaksanaan SPM-PT
Ada 6 bab yang berhasil ditemukan linknya :
I. Pendahuluan
II. Model Dasar SPM-PT
III. Penetapan Standar
IV. Pelaksanaan dan Monitoring
V. Audit Internal
VI. Peningkatan Mutu dan Benchmarking

Penjaminan Mutu Internal dalam Otonomi Perguruan Tinggi
Penjaminan Mutu Satuan Pendidikan sebagai upaya Pengendalian Mutu Pendidikan Secara Nasional dalam Otonomi Pendidikan- UPI

Contoh SPMI dari bebera pa PT :
Universitas Muhammadiyah Malang
Universitas Indonesia
Universitas Atma Jaya
Universitas Gunadarma

Pratek Baik Bagi 68 PT, PR 24/10/2009
Link 1
Link 2

Pedoman Penjaminan Mutu (Quality Assurance) Perguruan Tinggi 2003
Link 1 atau Link 2

>>>

Seri Praktek Baik dalam Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi yang terdiri dari:
1. Buku 1-Proses Pembelajaran (2004)
2. Buku 2-Kurikulum Program Studi (2005)
3. Buku 3-Sumberdaya Manusia (2005)
4. Buku 4-Kemahasiswaan (2005)
5. Praktek Baik dalam Penjaminan Mutu PT, Buku 4 – Kemahasiswaan
6. Buku 6-Suasana Akademik (2005)
7. Buku 7-Keuangan (2005)
8. Buku 8-Penelitian dan Publikasi (2005)
9. Buku 9-Pengabdian kepada Masyarakat (2005)
10. Buku10-Tata kelola (2005)
Linknya:
http://www.unitomo.ac.id/wp-content/uploads/2011/04/Buku-1.-Penjamin-Mutu-2.pdf
http://www.unitomo.ac.id/wp-content/uploads/2011/04/Buku-2.-Kurikulum-Program-Studi.pdf
http://www.unitomo.ac.id/wp-content/uploads/2011/04/Buku-3-Sumber-Daya-Manusia.pdf
http://www.unitomo.ac.id/wp-content/uploads/2011/04/Buku-4-Kemahasiswaan.pdf
http://www.unitomo.ac.id/wp-content/uploads/2011/04/Buku-5-Prasarana-dan-Sarana.pdf
http://www.unitomo.ac.id/wp-content/uploads/2011/04/Buku-6-Suasana-Akademik.pdf
http://www.unitomo.ac.id/wp-content/uploads/2011/04/Buku-7-Keuangan.pdf
http://www.unitomo.ac.id/wp-content/uploads/2011/04/Buku-8-Penelitian-dan-Publikasi.pdf
http://www.unitomo.ac.id/wp-content/uploads/2011/04/Buku-9-Pengabdian-Kepada-Masyarakat.pdf
http://www.unitomo.ac.id/wp-content/uploads/2011/04/Buku-10-Tata-Kelola.pdf

>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>

Kutipan penjelasan dari Pak Lilik Soetiarso, salah satu team penyusun Instrumen Evaluasi Diri Implementasi SPMI-PT 2009 :
” Kebijakan nasional spmpt (sistem penjaminan mutu perguruan tinggi) terdiri dari 3 pilar; spm internal (spmi), spm eksternal (spme – akreditasi) dan pangkalan data perguruan tinggi. kebijakan, design dan mekanisme spmi diserahkan sepenuhnya kepada pt masing-2 sesuai dengan karakteristiknya, apakah akan membentuk unit terpisah, ato embedded dalam struktur organisasi universitas yg sudah ada … monggo menjadi otonom bagi pt, tetapi menurut peraturan yg ada, setiap pt wajib mempunyai sistem penjaminan mutu, tidak harus dalam bentuk unit terpisah.
Dalam pp 19 – standar nasional pendidikan, standar mutu yg diwajibkan ada 8 ; sehingga hal ini dapat dijadikan referensi bagi spmi unt merancang mekanisme kerjanya. ke depan diharapkan dapat melampaui yg minimal tsb (8 standar). karena sifatnya adalah otonom, maka mekanisme dan operasional dari spmi ditetapkan sendiri oleh pt ybs, termasuk siklus penjaminan mutunya; mulai dari penetapan standar, pelaksanaan, monitoring dan evaluasi sampe pada perbaikan standar (PDCA). Dikti juga telah menerbitkan bbrp buku “inspiring” terkait dengan implementasi spmi …kalo tidak salah pada setiap diseminasi, buku tersebut didistribusikan kepada peserta. saat ini dikti (tim spmi – dir. akademik) sedang melakukan diseminasi, dan pelatihan unt perguruan tinggi di indonesia, yg dikelompokkan per kopertis. akan sangat jelas kalo dapat berpartisipasi dalam pelatihan tersebut. salam dan semoga bermanfaat.”

Semoga bermanfaat, salam, Fitri

>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>

Buku Bahan Pelatihan SPMI 2010
http://www.dikti.go.id/Written by Wahyu Ibrahim
Monday, 01 November 2010 11:40
Diberitahukan dengan hormat bahwa buku bahan pelatihan SPMI 2010 dapat di unduh pada link download di bawah iniBahan Pelatihan SPMI 2010

atau

http://www.dikti.go.id/dmdocuments/akademik/Bahan%20Pelatihan%20SPMI%202010.pdf

>>>

Update:Instrumen Evaluasi Diri implementasi SPMI-PT

Monday, 06 June 2011 16:46

Sejak diluncurkan pertama kali pada tahun 2003 oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, kegiatan Penjaminan Mutu (Quality Assurance)di perguruan tinggi pada saat ini telah berlangsung selama delapan tahun. Dalam kurun waktu itu tentu telah berkembang berbagai variasi implementasi Penjaminan Mutu, baik pada tingkat perguruan tinggi maupun pada tingkat Nasional…dst

evaluasi_spmi2011-FINAL.xls

Surat Evaluasi Implementasi SPMI 2011.pdf

Revisi Surat Kegiatan Konsultasi Berkala SPMPT

Penjelasan Konsultasi/Diskusi Berkala SPMPT

Pengumuman Hasil SPMI 2010

Tags

 

Baca Juga Artikel Lainnya :

5 Comments

  1. rfan says:

    Selamat siang mbak!
    Tolong dong mbak link untuk seri praktek baiknya diupdate. Saya nggak bisa download dari link tersebut. Terima kasih

  2. rfan says:

    Terima kasih banget mbak Fitri atas usahanya mencarikan link yang lain. Makasih makasih makasih.

Leave a Comment

 

You must be logged in to post a comment.